Banner Komunitas Dear Support System by Dear Senja

Komunitas Dear Support System by Dear Senja

Yuk Share!

Dewasa ini, kesadaran akan pentingnya mental health di Indonesia cukup lebih baik dari 10 tahun yang lalu. Mental awareness ini tentu saja tetap masih perlu ditingkatkan. Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi, sebagian masyarakat sudah makin memahami apa itu gangguan mental dan bisa melihat kalau masalah mental juga perlu diperhatikan selayaknya penyakit fisik.

Nah, untuk menjaga kesehatan mental dan memberikan support kepada orang-orang yang menderita gangguan mental, maka dukungan sosial khususnya orang-orang terdekat menjadi hal yang sangat esensial.

Support system adalah Orang yang dapat memberi dukungan kepada orang lain baik secara moril maupun materi baik itu keluarga, teman, pasangan, atau orang-orang terdekat lainnya.

Seberapa Penting Komunitas Kesehatan Mental di Indonesia?

Dear Support System by Dear Senja | #1 Komunitas Kesehatan Mental di Indonesia
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/Zyx1bK9mqmA

Komunitas kesehatan mental merupakan sesuatu wadah untuk berkumpul dan berbagi seputar kesehatan mental yang bertujuan agar dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kesehatan mental di Indonesia.

Meskipun tak kasat mata layaknya kesehatan fisik yang terpancar secara jasmani, tapi kesehatan mental sangat penting karena memengaruhi aspek-aspek kehidupan kita, seperti respon emosional, perilaku, dan pemikiran kita.

Adanya masalah pada kesehatan mental tentunya tidak hanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tapi juga dapat berdampak pada hubungan dengan orang-orang sekitar.

Seringnya masalah pada kesehatan mental sering dianggap tidak seberbahaya penyakit fisik, padahal gangguan mental juga berpotensi mengancam nyawa. Penderita kesehatan mental, seperti depresi dan bipolar, dapat berpikiran, berencana, atau bahkan mencoba untuk melakukan bunuh diri.

Untungnya, riset telah menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat membantu menjaga kesehatan mental, mengurangi risiko kemunculan gangguan mental, dan meningkatkan kepuasan emosional.

Umumnya, kamu bisa mengikuti komunitas-komunitas tertentu dengan hobi atau ketertarikan yang sama atau bahkan berpartisipasi dalam suatu organisasi sosial sebagai seorang relawan.

Nah, cara lainnya adalah dengan mengikuti komunitas kesehatan mental di Indonesia. Melalui komunitas mental health, kamu bisa bertemu dan berbincang-bincang dengan orang-orang yang memiliki isu yang serupa atau sekedar menambah teman baru.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Selain bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan tips-tips untuk menjaga kesehatan mental, kamu dapat merasakan keterikatan dengan orang-orang lain. Kamu tidak akan merasa sendirian karena kamu akan bertemu dengan orang-orang yang juga mengalami masalah yang sama atau memiliki hobi serta ketertarikan yang sama.

Tak hanya itu, komunitas kesehatan mental juga bisa menjadi wadah untuk edukasi dan peningkatan kesadaran akan isu-isu gangguan mental serta tempat berbagi tips-tips dan cara-cara untuk mengembangkan diri dan memelihara mental health.

Keberadaan komunitas kesehatan mental dapat menjadi dukungan kepada penderita gangguan mental ataupun orang-orang yang memiliki masalah hidup tertentu. Melalui komunitas mental health, mereka bisa mendapatkan teman baru, memandang hidup lebih positif, atau bahkan memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai.

Ayo Ikut Dear Support System by Dear Senja!

Dear Support System by Dear Senja | #1 Komunitas Kesehatan Mental di Indonesia
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/t0BavJY0M-U

Selain teman dan keluarga, kamu dapat mengikuti beragam komunitas kesehatan mental di Indonesia, salah satunya adalah Dear Support System by Dear Senja.

Oleh karena itu, Dear Senja memunculkan Dear Support System untuk memfasilitasi dukungan sosial dan edukasi mengenai mental health di Indonesia.

Dear Support System adalah komunitas kesehatan mental di Indonesia yang dibina oleh Dear Senja. Dengan mengikuti Dear Support System, kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki hobi ataupun ketertarikan yang sama.

Kamu bisa membagikan apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan dalam bentuk post ataupun gambar di komunitas Dear Support System. Tak hanya membagikan, kamu juga dapat memulai diskusi mengenai topik tertentu sebagai wadah untuk berbagai atau mempelajari hal-hal baru.

Namun, komunitas Dear Support System bukanlah tempat di mana kamu bisa mencari pembenaran mengenai kecurigaanmu dalam mengidap gangguan mental tertentu. Dear Senja sangat menentang self-diagnose dan sangat merekomendasikan kamu untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti konselor, terapi, psikolog, atau psikiater, untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung di komunitas Dear Support System, kamu bisa langsung mengklik tautan ini. Selamat berkenalan dengan teman-teman baru!

Baca juga: Merasa Tidak Layak Dicintai? Terapkan 10 Cara Menghargai Diri!

Referensi

CDC. (2021). About Mental Health. www.cdc(dot)gov

NAMI. (2019). The Importance of Community and Mental Health. www.nami(dot)org


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp