Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 | Tanggal & Sejarahnya | Dear Senja
Yuk Share!

Tiap tahun, masyarakat global merayakan hari kesehatan mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. Tujuan utama dari adanya perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental.

Kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik karena psikis juga turut memengaruhi kondisi kesehatan dan bagaimana kamu menjalani keseharianmu.

Tiap tahun selalu ada slogan yang berbeda di hari kesehatan mental sedunia. Kali ini, hari kesehatan mental sedunia di tahun 2022 mengusung slogan ‘make mental health and well-being for all a global priority‘ untuk mengingatkan masyarakat global supaya bisa kembali melakukan beragam upaya untuk memelihara dan melindungi kesehatan mental.

Nah, bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan hari kesehatan mental sedunia, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perayaan tahunan ini di bawah!

Baca juga: Dear Support System by Dear Senja | #1 Komunitas Kesehatan Mental di Indonesia

Apa Itu Hari Kesehatan Mental Sedunia?

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 | Tanggal & Sejarahnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/XX2WTbLr3r8

Hari kesehatan mental sedunia merupakan perayaan tahunan untuk memperingati pentingnya kesehatan mental. Perayaan ini diselenggarakan oleh World Federation for Mental Health (WFMH) yang merupakan organisasi internasional yang sudah berdiri sejak 1948 dan berfokus pada masalah emosi dan mental.

Tiap tahun, WFMH akan menentukan satu tema atau isu mengenai kesehatan mental pada hari kesehatan mental sedunia. Di tahun 2022, tema besarnya berpusat pada memunculkan kesempatan baru untuk memelihara kesehatan psikis pascapandemi.

Kemunculan Covid-19 tak hanya berdampak secara fisik, tapi juga mental. Banyak orang mulai mengalami berbagai tekanan stres yang berkepanjangan saat masa-masa awal pandemi. Hal ini tentunya lebih dirasakan lagi oleh orang-orang yang memang sedari awal sudah mempunyai masalah kesehatan mental tertentu.

Bahkan, World Health Organization (WHO) memperkirakan kalau terdapat kenaikan lebih dari 25 persen untuk kasus gangguan mental kecemasan dan depresi pada tahun pertama pandemi.

Sebenarnya, sebelum pandemi Covid-19, isu kesehatan mental juga masih belum disorot dengan baik. Masih banyak negara yang kekurangan tenaga ahli atau layanan yang berfokus pada pemeliharaan kesehatan mental, khususnya negara-negara dengan ekonomi yang rendah.

Hari kesehatan mental sedunia 2022 bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dunia, termasuk organisasi-organisasi dan pemerintah, untuk memasukkan pemeliharaan kesehatan mental sebagai salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Melalui hari kesehatan mental sedunia di tahun 2022 ini, harapannya semua orang akan makin menyadari dan menempatkan kesehatan mental ke dalam daftar prioritas mereka. Dibutuhkan kerja sama semua orang, mulai dari individu, pemerintah, sampai komunitas-komunitas, untuk bisa menjaga kesehatan mental dan menyediakan layanan kesehatan mental yang mumpuni untuk semua kalangan.

Saatnya Menjaga Kesehatan Mental!

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 | Tanggal & Sejarahnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/z0nVqfrOqWA

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hari kesehatan mental sedunia di tahun 2022 ini dapat menjadi pengingat akan pentingnya kesehatan mental. WHO berharap di tahun ini, anggaran untuk pemeliharaan kesehatan mental bisa lebih diperbanyak dan makin banyak pelatihan yang bisa diberikan untuk melahirkan tenaga-tenaga kesehatan mental yang profesional.

Namun, tentunya kesadaran untuk menjaga kesehatan mental adalah tanggung jawab tiap manusia. Kamu juga perlu peka dengan dirimu sendiri dan orang di sekitar. Belajarlah untuk mengelola stres secara sehat dan berempati dengan orang-orang yang mempunyai gangguan mental tertentu.

Kalau kamu atau kerabat memiliki tanda-tanda dari adanya suatu masalah mental tertentu, jangan cepat-cepat melabel diri, kunjungilah tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, konselor, ataupun terapis, untuk memastikannya secara tepat.

Jangan ragu atau sungkan untuk menjaga kesehatan mentalmu karena sama seperti memelihara kesehatan fisik, kamu juga perlu peka dengan dirimu sendiri dan meminta pertolongan saat dibutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas kesehatan mental seperti Dear Support System by Dear Senja!

Baca juga: Dear Senja | #1 Indonesian Mental Health Awareness Portal

Dear Support System by Dear Senja dalah suatu komunitas kesehatan mental yang dibuat oleh Dear Senja dan dapat menjadi wadah bagi kamu untuk membagi cerita dan berkenalan dengan orang baru.

Kamu tidak perlu merasa sendirian karena masih ada orang-orang yang akan mendengarkan keluh kesahmu dan bisa kamu ajak diskusi. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengklik tautan ini!

Referensi

Mental Health Foundation. (n.d.). World Mental Health Day. www.mentalhealth.org(dot)uk

WFMH. (n.d.). Who We Are. www.who(dot)int

WHO. (n.d.). World Mental Health Day 2022. www.who(dot)int

WHO. (2022). World Mental Health Day Is an Opportunity for Us to Embrace Our Sense of Community and Normalize Mental Health. www.who(dot)int


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp