Cara Berpikir lebih positif & Manfaatnya untuk Mental Health
Yuk Share!

Sudah menjadi natur manusia untuk melihat, mengingat, dan memikirkan hal-hal yang negatif atau yang terasa kurang terlebih dahulu. Padahal, berpikir lebih positif dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental.

Untungnya, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi lebih positive thinking. Kamu tidak akan terus-menerus secara otomatis mengingat dan memikirkan hal-hal yang negatif dengan 10 cara berpikir lebih positif ini!

Baca juga: Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat

Apa Itu Berpikir Positif dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental?

Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/MTZTGvDsHFY

Saat kamu berpikir positif, kamu bukan menutup fakta kalau apa yang dialami adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, tapi kamu memilih untuk melihat kejadian negatif tersebut dengan kacamata yang lebih positif dan produktif.

Kamu akan mengarahkan pemikiranmu ke kemungkinan-kemungkinan yang lebih baik atau lebih positif daripada memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terburuk.

Jika kamu masih belum tahu secara pasti apakah kamu adalah tipe orang lebih condong memikirkan hal positif daripada negatif, kamu bisa mengevaluasi pemikiran-pemikiran yang kerap kali muncul di terlebih dahulu di benakmu. Apabila kamu menyadari kalau pemikiran-pemikiran yang muncul cenderung negatif, maka kamu belum sering menerapkan cara berpikir positif.

Tentunya ada banyak manfaat dari berpikir positif bagi kesehatan mental, tapi yang paling utama adalah membantu mengurangi atau mengelola stres. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari berpikir positif:

  • Memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat
  • Mengurangi risiko mengalami depresi
  • Tingkat psychological dan physical well-being yang lebih baik
  • Lebih cepat sembuh dari penyakit fisik
  • Mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke, kanker, gangguan pernapasan dan jantung, serta masalah infeksi
  • Merasa lebih energetik
  • Memiliki daya tahan dan cara mengatasi stress yang lebih baik
  • Memiliki rentang hidup yang lebih tinggi

Baca juga: Ini 7 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia

10 Cara untuk Bisa Berpikir Lebih Positif

Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/VVEwJJRRHgk

Setelah sudah memahami apa itu berpikir positif atau positive thinking, maka hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara untuk bisa berpikir lebih positif? Nah, kamu tidak perlu bingung karena ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk bisa berpikir lebih positif, seperti:

  1. Kenali Dirimu
    Cari tahu apa saja pemikiran-pemikiran yang sering muncul di benakmu. Dari sana, kamu akan bisa memahami apa yang memicu pemikiran-pemikiran negatif dalam pemikiranmu dan kapan pemikiran-pemikiran tersebut muncul.
  2. Fokus ke Hal yang Positif
    Saat sedang diperhadapkan dengan kejadian yang tidak menyenangkan, jangan hanya fokus ke aspek-aspek yang negatif saja. Cobalah liat kejadian tersebut dari kacamata yang lebih positif. Menerapkan positive thinking tidak berarti kamu tidak mengakui hal-hal negatif yang ada, tapi kamu menerima aspek negatif dan positif dari suatu situasi.
  3. Terapkan Gaya Hidup Sehat
    Fisik yang sehat tentunya akan memengaruhi pola pikir dan psikis. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi imbang, berolahraga setidaknya 30 menit tiap harinya, mengelola stres dengan cara yang tepat, dan tidur dengan cukup.
  4. Seleksi Circle Pertemanan
    Daripada bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki pemikiran negatif dan tidak mendukung, lebih baik mulailah lingkupi dirimu dengan orang-orang yang dapat memberikanmu dampak yang positif dan mendukungmu untuk menjadi lebih baik.
  5. Lakukan Self-talk yang Lebih Positif
    Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan untuk berpikir lebih positif adalah dengan mengatakan hal-hal yang positif ke dirimu. Alih-alih mengkritik dan merendahkan diri, lebih baik tanamkan afirmasi-afirmasi yang positif.

    Jangan mengatakan hal-hal negatif dan merendahkan yang tidak akan kamu katakan ke orang lain kepada dirimu sendiri.
  6. Mengucap Syukur
    Mengucap syukur telah lama menjadi salah satu cara untuk berpikir lebih positif dan meningkatkan kepercayaan diri. Kamu akan diingatkan kalau ada banyak hal-hal baik yang muncul di hidupmu. Usahakan untuk mengingat apa saja hal-hal baik yang kamu alami tiap harinya.

    Kamu dapat membuat gratitude journal dan menuliskan hal-hal positif yang kamu syukuri dalam hidupmu setiap harinya. Kamu bisa menuliskannya di pagi hari ataupun sebelum tidur di malam hari. Kamu juga boleh membagikan hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu dengan teman-temanmu.

    Selain mengucap syukur, kamu juga bisa mencatat atau membagikan pencapaian-pencapaian besar ataupun kecil yang sudah kamu capai.
  7. Jangan Lupa Tertawa!
    Humor sudah menjadi salah satu cara yang sering digunakan untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik, tapi tahukah kamu kalau humor juga bisa dipakai untuk membuatmu bisa berpikir lebih positif?

    Cobalah untuk tersenyum dan tertawa saat sedang mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Kalau bisa, kamu juga boleh mengubah kejadian tidak menyenangkan tersebut menjadi sebuah lelucon yang dapat kamu share dengan orang lain.
  8. Awali Hari dengan Hal yang Positif
    Cobalah untuk mengawali hari-harimu dengan hal-hal yang positif untuk meningkatkan mood sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, mendengarkan lagu-lagu favoritmu sebelum berangkat kerja atau memasak makanan kesukaanmu sebagai sarapan.
  9. Nikmati Hal-hal yang Positif
    Saat kamu mengalami hal-hal yang positif, sadari, nikmati, dan ingat momen tersebut. Dengan demikian, kamu secara tidak langsung melatih otakmu untuk merasakan hal-hal positif dalam hidupmu.
  10. Perhatikan Apa yang Kamu Baca dan Tonton
    Alih-alih fokus dengan informasi-informasi yang negatif, kamu bisa menyeleksi apa saja yang kamu baca, tonton, dan dengarkan. Jangan hanya menyerap informasi yang negatif, cek juga berita-berita yang positif agar pemikiranmu juga bisa fokus ke hal-hal yang baik.

Tidak perlu cemas atau merasa tidak mampu ketika kamu tiba-tiba memikirkan hal yang negatif. Sebagai manusia, memikirkan hal-hal yang negatif adalah sesuatu yang lumrah. Selain itu, berpikir secara positif memerlukan latihan dan konsistensi.

Jangan malu untuk mengunjungi tenaga profesional, seperti psikolog, konselor, psikiater, atau terapis, jika pemikiran-pemikiran negatif yang dirasakan sudah berlebihan dan menganggu aktivitas sehari-harimu.

Ingin tahu lebih banyak soal cara berpikir lebih positif dan tips pengembangan diri? Yuk bergabung dalam grup Telegram Dear Senja di sini!

Referensi

Berkeley. (n.d.). Think Positive: 16 Simple Ways to Start Thinking Positive. www.berkeleywellbeing(dot)com

Healthline. (2019). Benefits of Thinking Positively, and How to Do It. www.healthline(dot)com

Mayo Clinic. (2022). Positive Thinking: Stop Negative Self-talk to Reduce Stress. www.mayoclinic(dot)org

Skillpath. (2022). Be More Positive…Fight the Human Tendency to Focus on the Negative. www.skillpath(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp