10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Psikologi
Yuk Share!

Kesehatan psikis tak kalah penting dari kesehatan fisik. Supaya bisa tetap beraktivitas seperti sedia kala, kamu juga perlu menjaga dan mengelola kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan menerapkan cara-cara untuk menenangkan hati dan pikiran agar tidak kalut.

Weekend ataupun waktu senggang selalu menjadi ajang untuk refreshing dan mengumpulkan tenaga. Namun, tak jarang banyak yang bingung mengenai apa saja cara yang bisa dilakukan untuk bisa menenangkan hati dan pikiran.

Kalau kamu bingung, kamu bisa coba cara-cara untuk menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi di bawah untuk menjaga kesehatan mental dan menurunkan tingkat stresmu setelah seharian dan semingguan bekerja.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cek Kondisi Kesehatan Mental Online

Cara-Cara untuk Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Psikologi

10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Psikologi
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/rOn57CBgyMo
  1. Lemaskan Otot
    Sekilas, fisik dan mental tidak terlihat berhubungan. Padahal, keduanya saling bertautan. Saat sedang stress, tubuh juga akan ikut mengalami tekanan dan akan menjadi tegang serta kaku. Kamu bisa mencoba melemaskan otot sebagai cara untuk menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi.

    Pertama-tama, baringkan tubuhmu di tempat yang nyaman, seperti kasur atau karpet. Selanjutnya, tegangkan salah satu bagian tubuhmu selama beberapa saat sebelum melemaskannya. Rasakan sensasinya setelah kamu melakukannya. Ulangi hal tersebut di seluruh bagian tubuhmu.
  2. Lakukan Journaling
    Banyaknya hal yang menumpuk di benak dapat menjadi sumber stress-mu. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan journaling dengan menuliskan hal-hal yang membuat ruwet atau sekedar mengekspresikan emosi serta pemikiran, dan apa yang terjadi dalam keseharianmu.

    Kamu bisa menuliskannya di buku harian atau di memo handphone atau laptop. Kamu tidak perlu kemampuan menulis yang mumpuni untuk melakukan journaling karena intinya adalah meluapkan segala pemikiran dan perasaanmu tanpa dikritik dan dihakimi.
  3. Coba Visualisasi Tempat yang Menenangkan
    Kamu bisa duduk dan membayangkan tempat yang membuatmu nyaman dan aman sebagai salah satu cara menenangkan hati dan pikiran. Supaya bisa fokus, pejamkan mata dan mulai visualisasi tempat yang membuatmu merasa rileks, misalnya pantai, kamar tidur, atau hutan yang rindang.

    Setelahnya, mulai bayangkan suara, aroma, rasa, dan sensasi saat berada di tempat tersebut. Bayangkan asinnya percikan air laut dan suara ombak yang menenangkan. Semakin detil kamu membayangkan tempat tersebut, maka semakin kamu bisa merasa rileks.
  4. Lakukan Meditasi
    Meditasi dapat membantumu untuk fokus dengan apa yang terjadi di waktu sekarang alih-alih memikirkan hal-hal yang membuatmu cemas atau stress. Perhatianmu akan lebih tertuju ke sensasi-sensasi yang dirasakan oleh tubuhmu yang pada akhirnya akan menenangkan hati dan pikiran.
  5. Mendengarkan Musik
    Cara menenangkan hati dan pikiran yang praktis serta mudah dilakukan adalah dengan mendengarkan lagu favorit. Musik bisa membuatmu lebih fokus ke apa yang kamu rasakan dan sejenak membuatmu melupakan permasalahanmu.
  6. Buat Daftar Hal yang Kamu Syukuri
    Menuliskan apa-apa saja yang membuatmu bersyukur bisa menjadi cara menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi karena kamu jadinya bisa melihat hal-hal positif yang terjadi di hidupmu dan tidak hanya terus-menerus fokus ke hal-hal yang membuatmu stress.

    Kamu bisa mulai dengan menuliskan tiga hal positif yang kamu syukuri tiap pagi ataupun malam. Tidak perlu hal-hal yang besar, hal-hal kecil seperti dapat menyantap makanan favorit atau tidak lembur kerja dapat kamu masukkan ke dalam daftar hal-hal yang kamu syukuri.
  7. Salurkan Energi Kreatif
    Dengan mengelola sisi kreatifmu melalui beragam kesenian, seperti bermain alat musik atau menggambar, dapat menjadi cara menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi. Tidak perlu terlalu fokus pada hasil karyamu dan cukup enjoy the process.
  8. Jalan-Jalan di Alam Terbuka
    Kamu tidak perlu waktu yang lama untuk berada di alam terbuka agar bisa merasa tenang. Jalan-jalan atau hanya sekedar duduk di alam terbuka selama beberapa menit sudah bisa membantu menurunkan tingkat stress serta membuat hati dan pikiranmu lebih tenang.
  9. Kurangi Penggunaan Ponsel
    Scrolling media sosial sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, tapi kalau kamu ingin menenangkan hati dan pikiran, sudah saatnya kamu membatasi penggunaan barang-barang eletronik dan bersantai sejenak tanpa menatap layar ponsel atau laptop.
  10. Latih Cara Bernapas
    Teknik pernapasan merupakan salah satu cara sederhana untuk menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi. Metode ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan bisa diterapkan kapan saja serta di mana saja. Kamu dapat mencoba teknik ini sambil duduk ataupun berbaring di kasur atau lantai.

    Setelah sudah menemukan posisi yang nyaman, letakkan salah satu tangan di atas perut, kemudian tarik napas secara perlahan selama tiga detik. Setelahnya, hembuskan napas selama tiga detik. Rasakan sensasi perutmu naik dan turun saat kamu bernapas.

    Ulangi lagi gerakan ini sebanyak lima kali atau lebih sampai kamu merasa lebih tenang daripada sebelumnya.

Baca juga: Mental Illness Adalah Gangguan Kesehatan Mental? Yuk Kenali Penjelasan dan Ciri-Cirinya!

Apabila kamu tetap merasa cemas atau stress meskipun telah mencoba berbagai cara menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi, tidak ada salahnya kamu mengunjungi tenaga profesional untuk mengetahui akar permasalahannya, terutama jika itu sudah menganggu kehidupan sehari-harimu.

Referensi

Headspace. (n.d.). How to Relax. www.headspace(dot)com

Healthline. (2019). How to Relax: Tips for Chilling Out. www.healthline(dot)com

Mind. (2021). Relaxation. www.mind.org(dot)uk


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp