6 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebihan
Yuk Share!

Rasa cemas dan takut adalah hal yang sangat manusiawi, tapi saat rasa cemas dan takut yang berlebihan justru dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas serta performamu. Tak heran kalau banyak yang mulai mencari cara untuk menghilangkan rasa cemas dan takut yang berlebihan.

Kamu tidak harus jauh-jauh healing ke Bali hanya untuk menghilangkan rasa cemas dan takut berlebih karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi emosi-emosi negatif tersebut. Penasaran tips menanggulangi rasa cemas dan takut? Baca sampai habis, ya!

Baca juga: Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya

Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebihan

6 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebihan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/YP6lDrlxWYQ

Sebenarnya, rasa cemas dan takut merupakan sesuatu yang penting untuk bertahan hidup karena menjadi cara kita meresponi bahaya yang ada di depan mata. Sayangnya, jika tidak dikelola dengan baik, kedua emosi ini justru dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Untungnya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menanggulangi emosi cemas dan takutmu. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan yang bisa kamu coba:

  1. Tenangkan Diri
    Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan yang kamu alami adalah dengan memberikan waktu untuk dirimu untuk menenangkan diri sejenak. Kamu bisa berjalan-jalan sendirian di taman selama 15 menit atau berendam di air hangat.
  2. Bercerita
    Cara lain untuk menghilangkan rasa cemas dan takut berlebih yang praktis adalah dengan menceritakan apa saja hal-hal yang membuatmu cemas dan takut kepada orang terdekat yang dipercaya. Selain merasa didukung, kamu juga bisa mendapatkan perspektif baru mengenai hal-hal yang memicu rasa cemas serta takutmu.
  3. Kenali Dirimu
    Cari tahu dulu apa-apa saja yang memicu perasaan cemas dan takut yang kamu rasakan, dari sana kamu bisa mengevaluasi kembali apa saja yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kecemasan serta ketakutan itu.
  4. Terapkan Pola Hidup Sehat
    Jangan salah, pola hidup sehat memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan mental. Tak hanya mencegah penyakit-penyakit yang berbahaya, menerapkan pola hidup sehat dapat menjadi cara mengatasi rasa cemas dan takut berlebih.

    Kamu bisa mulai dengan mengurangi dan menghindari konsumsi kafein, gula, dan alkohol yang dapat meningkatkan rasa cemas dan mengganggu pola tidur. Selain itu, konsumsi juga sayur-mayur dan buah-buahan, berolahraga secara rutin, serta mendapatkan tidur yang secukupnya.
  1. Lakukan Metode Mindfulness
    Mindfulness adalah salah satu teknik relaksasi yang dapat dipakai untuk menenangkan pikiran membuatmu fokus ke masa sekarang. Kadang kala yang dapat memicu rasa cemas dan takut berlebih adalah perhatianmu yang terpusat pada masalah-masalah di masa akan datang yang tidak pasti.

    Nah, metode mindfulness ini bisa membantumu untuk dapat fokus ke sensasi-sensasi tubuh yang kamu rasakan saat itu, mengganti perhatianmu ke waktu sekarang. Metode ini cocok untuk mengatasi dampak cemas, seperti pemikiran yang berkelibat.
  2. Atur Napas
    Teknik relaksasi lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan adalah dengan mengatur napas. Pertama-tama, letakkan tangan di atas perut dan bernapaslah secara dalam serta perlahan. Lama-kelamaan, kamu akan mulai merasa lebih tenang.
  3. Coba Yoga
    Selain memelihara kesehatan fisik, melakukan yoga juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan baik untuk menjaga kesehatan mental, lho!
  4. Visualisasi
    Visualisasi adalah teknik relaksasi lain yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan. Tutup matamu dan bayangkan kamu sedang berada di tempat yang membuat merasa aman serta nyaman, seperti pantai atau rumah.
  5. Lakukan Journaling
    Journaling sering dianggap sebagai sekedar menulis catatan harian, padahal cara mengatasi rasa cemas dan takut berlebih ini sangat efektif dan mudah untuk dilakukan. Journaling dapat membantu mengatur pikiran-pikiran dan emosi yang ruwet dalam dirimu.

    Dengan menuliskan apa yang kamu pikirkan dan rasakan tanpa sensor, kamu bisa mendapatkan kejelasan mengenai dirimu dan merasa lebih tenang.
  6. Ingat Realita
    Tidak semua pikiran-pikiran negatif yang menimbulkan rasa cemas dan takut berlebih itu adalah hal yang akan terjadi. Kamu tidak perlu selalu bersiap atau terlihat sempurna setiap saat, membuat kesalahan atau mengalami kegagalan adalah sesuatu yang lumrah.

    Hadapi rasa takut atau cemasmu dan coba lakukan hal yang memicu emosi negatif tersebut alih-alih menghindarinya. Mengacuhkan rasa takut dan cemasmu justru dapat membuat perasaan tersebut makin bertambah.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Rasa cemas dan takut yang parah dan tidak terkendali dapat menjadi tanda adanya masalah mental tertentu. Oleh karena itu, Apabila cara menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan di atas tidak mempan, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti psikiater, terapis, psikolog, atau konselor, untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Terkadang dibutuhkan bantuan psikoterapi atau obat-obatan tertentu untuk menanggulangi rasa cemas dan takut yang parah atau yang disebabkan oleh gangguan mental tertentu.

Referensi

Mental Health Foundation. (n.d.). How to Overcome Fear and Anxiety. www.mentalhealth.org(dot)uk

NHS Inform. (2021). Ten Ways to Fight Your Fears. www.nhsinform(dot)scot

PsychCentral. (2022). How to Overcome Fear and Anxiety. www.psychcentral(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp