Macam-macam Emosi Dasar Manusia dalam Psikologi Beserta Fungsinya
Yuk Share!

Emosi adalah bagian dari manusia yang tidak terpisahkan dan akan selalu muncul sebagai respon kita terhadap lingkungan. Sekilas, emosi terlihat sebagai sesuatu yang sepele. Padahal, kamu perlu memahami macam-macam emosi dasar manusia supaya bisa lebih mengenali diri sendiri dan orang lain.

Pada dasarnya, emosi adalah sesuatu yang penting untuk dipahami supaya kamu juga bisa membangun hubungan yang harmonis dan baik dengan orang sekitar. Untuk bisa mengenali emosi yang kompleks, tentunya kamu perlu memahami macam-macam emosi dasar manusia terlebih dahulu.

Baca juga: Kecerdasan Interpersonal: Definisi, Ciri, dan Contoh Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli

Apa Saja Macam-Macam Emosi Dasar Manusia?

6 Macam Emosi Dasar Manusia dalam Psikologi Beserta Fungsinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/bbjmFMdWYfw

Kalau kamu sudah pernah menonton film ‘Inside Out’ yang diproduksi oleh Pixar, kamu pasti sudah familiar dengan macam-macam emosi dasar manusia. Meskipun film tersebut tidak menjelaskannya secara detil, tapi kamu bisa menangkap gambaran besar macam-macam emosi dasar manusia melalui film Inside Out.

Nah, kalau kamu penasaran dengan penjelasan detil dari macam-macam emosi dasar manusia beserta fungsinya, kamu bisa menemukannya di bawah!

  • Jijik
    Meskipun awalnya terdengar aneh, tapi rasa jijik sebenarnya adalah satu dari enam macam emosi dasar dalam diri manusia, lho!

    Rasa jijik biasanya timbul sebagai respon terhadap sesuatu yang membuatmu tidak nyaman atau terganggu, misalnya melihat gambar korban kasus pembunuhan, mencium aroma tidak sedap dari sampah, ataupun saat menyaksikan seseorang melakukan sesuatu yang di luar norma sosial.
  • Sedih
    Emosi selanjutnya adalah rasa sedih. Emosi yang satu ini sangat sering dirasakan dan biasanya yang paling mudah untuk diidentifikasi. Kamu akan merasa sedih ketika kamu merasa tersakiti. Ada banyak cara untuk mengekspresikan rasa sedih, seperti menangis dan berdiam diri.

    Kalau dalam bentuk kompleksnya, emosi sedih dapat muncul dalam bentuk rasa kecewa, putus asa, dan duka.
  • Marah
    Emosi marah merupakan salah satu emosi yang paling terlihat. Mulai dari berteriak sampai membanting barang, ada banyak perilaku yang bisa muncul akibat rasa marah.

    Meskipun terkesan negatif, rasa marah sebenarnya merupakan sesuatu yang positif apabila dikelola secara tepat. Emosi marah bisa menjadi bahan bakar yang memotivasi dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Takut
    Rasa takut atau cemas adalah emosi yang muncul ketika kamu menghadapi sesuatu yang mengancam. Secara tidak langsung, emosi ini akan memantik respon fight or flight yang membuat jantung berdebar-debar dan bulu kuduk berdiri.
  • Senang
    Siapa yang tidak ingin merasa senang? Emosi mendasar ini terasa seperti suatu euforia bagi beberapa orang karena emosi senang memunculkan kepuasan dalam diri. Selain rasa marah, emosi senang juga merupakan salah satu emosi yang mudah terlihat melalui mimik wajah dan suara.
  • Kaget
    Emosi kaget adalah emosi yang tidak muncul dalam film Inside Out dan wajar saja kalau kamu tidak tahu kalau rasa kaget sebenarnya termasuk dalam salah satu macam-macam emosi dasar manusia.

    Mirip dengan emosi takut, rasa kaget juga dapat memicu respon flight or fight. Kamu bisa merasa kaget saat mengalami sesuatu yang menyenangkan, seperti mendapatkan kabar menggembirakan yang tidak terduga, atau sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti mendengarkan kabar buruk.

Baca juga: Attachment Style (Gaya Keterikatan): Definisi, Jenis, dan Contohnya dalam Hubungan Menurut Psikologi

Bagaimana Cara Memahami Macam-Macam Emosi dalam Diri?

6 Macam Emosi Dasar Manusia dalam Psikologi Beserta Fungsinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/bbjmFMdWYfw

Sebagian besar orang dapat dengan mudah mengenali dan memahami macam-macam emosi yang mereka rasakan. Namun, ada beberapa orang yang kesulitan untuk mengidentifikasi perasaan mereka sendiri.

Kemampuan untuk mengenali macam-macam emosi sangat erat kaitannya dengan kesadaran diri atau self-awareness. kesadaran diri adalah kemampuan yang penting untuk bisa mengidentifikasi dan memahami macam-macam emosi dalam diri. Dari sana, kamu akan bisa membuat keputusan yang tepat.

Kemampuan self-awareness dapat membantumu mengutarakan apa yang kamu rasakan ke orang lain, menetapkan personal boundaries, memahami orang lain, mengelola emosi, tetap tenang dalam kondisi yang sulit, dan memilih keputusan yang tepat untuk dirimu.

Salah satu kunci utama dalam mengembangkan self-awareness adalah dengan melakukan refleksi diri. Kamu bisa mulai dengan meluangkan waktu dengan dirimu sendiri dan merefleksikan kembali apa yang sudah kamu alami dalam satu hari.

Kamu juga bisa menanyakan ke dirimu mengenai macam-macam emosi yang kamu rasakan atau bahkan menuliskannya dalam buku atau kertas. Dari sana kamu bisa mulai mengeksplorasi dirimu dan mengenali macam-macam emosi yang bermunculan dalam diri.

Tidak perlu terburu-buru ingin mengenali dan memahami semua emosi yang timbul dalam dirimu, kamu bisa coba fokus ke satu emosi yang paling kuat terlebih dahulu.

Apabila kamu memiliki kesulitan untuk mengenali macam-macam emosi dalam diri, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti konselor, terapis, psikolog, ataupun psikiater.

Kamu juga bisa berdiskusi mengenai cara memahami macam-macam emosi dengan orang sekitar atau komunitas sosial, seperti grup Telegram Dear Senja! Tertarik untuk bergabung di grup Telegram Dear Senja? Langsung klik tautan ini untuk join!

Referensi

Verywell Mind. (2022). Emotions and Types of Emotional Responses. www.verywellmind(dot)com

Harley Therapy Counselling Blog. (2022). Emotional Awareness – What It Is and Why You Need It. www.harleytherapy.co(dot)uk

Nemours TeensHealth. (2021). 5 Ways to Know Your Feelings Better. www.kidshealth(dot)org


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp