Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat
Yuk Share!

Overthinking adalah sesuatu yang pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Selain menyita banyak waktu, overthinking juga dapat memicu rasa cemas dan perasaan seperti terjebak dalam suatu masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Sebenarnya, overthinking bisa membantumu melihat suatu permasalahan dari berbagai sisi. Akan tetapi, seringnya orang-orang malah menganalisis masalah atau kondisi tersebut secara berlebih dan justru tidak fokus pada mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang rentan mengalami overthinking, maka kamu bisa mencoba melakukan cara-cara mengatasi overthinking di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking?

Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/Hj8eZ_wK1eM

Overthinking bisa dinobatkan sebagai salah satu permasalahan yang paling sering dihadapi oleh semua orang. Kadang kala perilaku ini malah bisa mendarah daging dan menjadi suatu kebiasaan buruk yang membuatmu tidak fokus dan tidak produktif.

Sayangnya, banyak orang yang menerapkan cara mengatasi overthinking secara tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol atau makanan secara berlebih. Kalau kamu ingin mengubah kebiasaan overthinking-mu, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi overthinking secara sehat ini:

  1. Kenali Diri
    Kesadaran diri atau self-awareness adalah cara utama dalam mengatasi overthinking. Kamu harus peka dalam menyadari kemunculan overthinking-mu.

    Saat pemikiran-pemikiran negatif tersebut muncul, coba telaah emosi apa yang kamu rasakan. Ingatkan dirimu kalau tidak ada gunanya memikirkan hal tersebut secara berulang, apalagi kalau apa yang kamu pikirkan adalah sesuatu yang sudah terjadi, tidak bisa diubah, atau di luar kendalimu.
  2. Fokus ke Solusi
    Seringnya, orang yang memiliki kebiasaan overthinking akan terus-menerus memikirkan kenapa suatu hal bisa terjadi padanya. Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang mengalami hal ini, maka cara mengatasi overthinking ini cocok untukmu!

    Alih-alih terpatok pada pertanyaan ‘kenapa?’, ganti fokusmu ke apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut atau apa yang bisa kamu pelajari dari masalah tersebut. Dengan demikian, kamu akan bisa mendapatkan solusi yang konkrit dan berhenti memikirkan masalah tersebut secara berulang.
  3. Cek dengan Realita yang Ada
    Saat kamu sedang overthinking, satu pemikiran negatif bisa bercabang ke pemikiran-pemikiran buruk lainnya yang kalau semakin dipikirkan akan kian membesar.

    Kalau kamu merasa pemikiranmu sudah mulai bercabang, fokus ke masa sekarang dan coba cek pikiran tersebut dengan realita yang ada. Seringnya pemikiran burukmu adalah hasil imajinasimu yang berlebihan dan sangat kecil kemungkinannya menjadi kenyataan.
  4. Lihat Gambaran Besar
    Ketika kamu sedang terjebak dalam overthinking, sangat mudah bagimu untuk hanya fokus pada perintilan kecil yang tidak berarti dan membesar-besarkan detail kecil tersebut. Cobalah fokus ke gambaran besar dari masalah atau situasi tersebut.

    Apakah masalah tersebut akan tetap muncul di kemudian hari setelah 5-10 tahun sudah berlalu? Hindari terlalu terpatok pada detail kecil dari suatu masalah atau situasi.
  5. Lakukan Teknik Relaksasi
    Overthinking dapat ditimbulkan oleh rasa cemas. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan teknik-teknik relaksasi sebagai cara untuk mengatasi overthinking. Ada banyak metode relaksasi yang bisa kamu coba, seperti teknik mindfulness, teknik pernapasan, meditasi, ataupun yoga.
  6. Berdamai dengan Masa Lalu
    Pemikiran-pemikiran yang muncul saat overthinking umumnya adalah hal-hal yang tidak bisa diubah atau sudah terjadi di masa lampau. Daripada menyiksa diri dengan penyesalan-penyesalan akan sesuatu yang tidak bisa diputar kembali, lebih baik kamu menerima apa yang telah terjadi dan memaafkan dirimu.

    Kamu adalah manusia yang bisa membuat kesalahan. Tiap kesalahan yang kamu buat bukanlah alasan untuk mengkritik atau menghukum dirimu, melainkan sebuah batu loncatan untuk menjadi lebih baik. Belajarlah dari kesalahan tersebut agar kamu tidak mengulanginya di kemudian hari.
  7. Lakukan Hal Lain
    Cara lain untuk mengatasi kebiasaan overthinking adalah dengan mendistraksi dirimu. Saat kamu menyadari kalau kamu sedang overthinking, kamu bisa mengganti fokus pikiranmu dengan melakukan hal lain, seperti berolahraga, tidur sejenak, menjadi relawan di suatu organisasi sosial, atau menggeluti hobi yang kamu sukai.
  8. Jadwalkan Waktu untuk ‘Berpikir’
    Overthinking adalah sesuatu yang memakan banyak waktu dan energi. Tanpa disadari, kamu bisa saja sudah menghabiskan waktu berjam-jam larut dalam pemikiranmu. Untuk menghindari ini, kamu dapat menjadwalkan waktu untuk ‘berpikir’ selama kurang lebih 20 menit.

    Saat kamu mulai overthinking di luar jadwal ‘berpikir’mu, ingatkan dirimu kalau kamu akan memikirkannya nanti di waktu ‘berpikir’mu. Saat kamu sedang dalam waktu ‘berpikir’, fokus ke apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan berhentilah memikirkannya jika waktu ‘berpikir’mu sudah berakhir.
  9. Diskusi dengan Orang Terdekat
    Tidak ada salahnya berdiskusi dengan orang-orang terdekat yang kamu percayai mengenai pemikiran-pemikiran yang mengganggumu. Bisa jadi teman atau kerabatmu dapat memberikan pandangan atau solusi lain yang bisa mengakhiri overthinking yang kamu alami.

    Namun, pilihlah orang yang dapat kamu percaya dan memang bisa membuatmu lebih tenang. Hindari berdiskusi dengan orang-orang yang justru dapat meningkatkan rasa cemasmu.
  10. Apresiasi Diri
    Sangat mudah untuk fokus pada hal-hal negatif dalam dirimu ketika kamu sedang terjebak dalam siklus overthinking. Ingatlah kembali apa hal-hal positif serta pencapaian-pencapaian kecil yang sudah kamu lakukan.

    Syukuri hal-hal baik dalam dirimu dan ingatkan dirimu kalau kamu juga sudah melakukan yang terbaik dan banyak pencapaian-pencapaian kecil yang sudah berhasil kamu raih. Untuk memudahkanmu, kamu bisa menuliskan hal yang kamu syukuri di kertas atau memo dalam handphone.
  11. Hadapi Rasa Takut
    Cara mengatasi overthinking lain yang dapat kamu coba adalah langsung menghadapi rasa takut tersebut. Misalnya, kamu takut untuk berpergian sendirian, maka yang bisa kamu lakukan adalah langsung menghadapi ketakutan tersebut karena apa yang kamu pikirkan belum tentu akan menjadi kenyataan.

Baca juga: Apa Itu Selfish? Ini Perbedaan Antara Self-love dan Selfish!

Cara mengatasi overthinking di atas tidak akan serta merta langsung membuatmu kebal dari overthinking. Kenyataannya, dibutuhkan waktu dan konsistensi untuk bisa mengatasi kebiasaan buruk ini.

Apabila kamu memiliki masalah overthinking yang parah dan sulit untuk diatasi meskipun sudah mencoba cara mengatasi overthinking di atas, kamu bisa berkonsultasi ke tenaga ahli, seperti konselor, psikolog, psikiater, ataupun terapis.

Ingin tahu lebih banyak mengenai pengembangan diri, self-care, dan tips untuk memelihara kesehatan mental? Mari bergabung dalam grup Telegram Dear Senja! Klik link ini untuk join

Referensi

GoodRx Health. (2021). What Is Overthinking, and How Do I Stop Overthinking Everything?. www.goodrex(dot)com

Healthline. (2022). 14 Ways to Stop Overthinking. www.healthline(dot)com

Psychology Today. (2016). 6 Tips to Stop Overthinking. www.psychologytoday(dot)com

VerywellMind. (2022). How to Stop Overthinking. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp