Ampuh! Ini 11 Cara Efektif Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat!
Yuk Share!

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang membuat penderitanya kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur. Tak heran kalau orang-orang yang memiliki insomnia akan merasa kelelahan dan mengantuk seharian penuh.

Insomnia tidak hanya sekedar menghambat performa dan produktivitas kerja saja, tapi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mental serta fisik. Apabila terus dibiarkan, lama-kelamaan kamu akan makin frustrasi dengan kondisi yang kamu alami.

Baca juga: Sedang Galau? Coba 11 Cara Menghilangkan Stress di Pikiran Ini!

Obat tidur selalu dianggap sebagai cara utama dalam mengatasi insomnia. Namun, kalau insomnia yang dialami belum terlalu parah, kamu bisa mencoba ‘obat alami’ insomnia di bawah ini sebagai cara untuk mengatasi masalah tidurmu.

Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Ampuh! Ini 11 Cara Efektif Mengatasi Insomnia Tanpa Obat!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/wBuPCQiweuA

Senjata andalan yang selalu dipakai oleh penderita insomnia adalah obat tidur, tetapi ada beberapa cara atau ‘obat alami’ insomnia yang bisa kamu coba untuk menanggulangi masalah tidur yang kamu miliki, seperti:

  1. Berolahraga
    Olahraga sudah dikenal sebagai salah satu cara ampun untuk menjaga kesehatan fisik. Namun, selain memelihara kesehatan tubuh, berolahraga juga dapat membantu menanggulangi masalah insomnia.

    ‘Obat alami’ insomnia ini membantu meningkatkan energi dan suasana hati, serta membuatmu bisa tertidur pulas. Kamu dapat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik setidaknya 20 menit per harinya sesuai dengan jadwal harianmu.
  2. Perhatikan Apa yang Kamu Konsumsi
    Apa yang kamu makan itulah yang akan memengaruhi tubuhmu. Terapkanlah gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi alkohol, gula, kafein, dan nikotin yang dapat mengganggu siklus tidur, terutama menjelang saat kamu akan beristirahat di malam hari.
  3. Atur Pola Tidur
    Untuk bisa tertidur dengan pulas, kamu bisa melakukan perubahan kecil dengan mengatur pola tidurmu. Pola tidur yang berantakan atau kamar tidur yang tidak nyaman dapat menjadi penyebab insomnia.

    Oleh karena itu, cobalah untuk tertidur dan terbangun di jam yang sama setiap harinya, mematikan lampu saat ingin tidur, tidak memainkan gadget sebelum tidur, dan memastikan tempat tidurmu sudah nyaman untuk beristirahat.
  4. Lakukan Afirmasi Positif
    Biasanya afirmasi positif dilakukan untuk memanifestasi hal-hal baik atau mengarahkan pola pikir ke arah yang lebih positif. Uniknya, mengulang-ngulang afirmasi positif juga dapat menenangkan pikiran dan membuatmu lebih fokus, yang pada akhirnya bisa membantumu untuk tidur lebih nyaman.

    Kalau kamu tertarik untuk menjadikan afirmasi positif sebagai ‘obat alami’ untuk menanggulangi insomniamu, kamu bisa memilih satu kata sederhana dalam bahasa apa saja yang nadanya dapat menenangkanmu. Kamu bisa mengulang afirmasi positif ini berkali-kali sesuka hatimu.
  5. Minum Teh Chamomile
    Sedang mencari ‘obat alami’ insomnia? Tidak perlu repot karena kamu bisa meminum secangkir teh chamomile yang hangat untuk membantumu supaya lebih rileks dan ngantuk!
  6. Suplemen Magnesium atau Melatonin
    Mineral magnesium berperan penting dalam siklus tidur manusia karena senyawa ini melemaskan otot dan mengurangi stres.Kamu bisa mencoba mengonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi magnesium atau memakai suplemen magnesium.

    Selain magnesium, melatonin juga ditemukan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tak heran kalau suplemen melatonin dalam bentuk tablet ataupun tempelan digadang-gadang sebagai ‘obat alami’ insomnia.

    Akan tetapi, selalu cek petunjuk pemakaian suplemen magnesium dan melatonin. Konsultasikan dengan dokter apabila kamu mempunyai masalah fisik atau mental tertentu sebelum mengonsumsi suplemen magnesium dan melatonin.
  7. Coba Meditasi
    Meditasi tidak hanya membantu menenangkan pikiran tapi juga dapat menjadi ‘obat alami’ untuk mengatasi insomnia. Saat melakukan meditasi, kamu harus duduk dengan tenang dan nyaman sambil memelankan pernapasanmu.

    Kamu tidak perlu memikirkan hal-hal yang membuatmu stres, cukup rasakan apa saja sensasi yang kamu rasakan di badanmu, seperti dinginnya hembusan angin atau harumnya aroma pengharum ruangan.

    Meditasi dapat mengurangi stres, memperbaiki mood, mempertajam konsentrasi, dan tentunya bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Kamu dapat melakukan meditasi setidaknya 15 menit tiap pagi atau sore hari.
  8. Lakukan Yoga
    Selain meditasi, yoga juga menjadi salah satu ‘obat alami’ insomnia yang patut kamu coba. Serupa dengan meditasi, yoga berfokus pada teknik pernapasan yang membuatmu lebih fokus dengan masa kini daripada hal-hal yang membuatmu stres.

    Kamu tidak perlu melakukan gerakan yoga yang sulit, cukup pilih gerakan-gerakan yang mudah dilakukan selama setidaknya 20 menit per harinya.
  9. Booking Jadwal Pijat
    Dipijat membantu melemaskan otot dan membuatmu lebih rileks. Wajar saja kalau pijatan dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa nyeri serta kecemasan!
  10. Terapkan Metode Progressive Muscle Relaxation
    Teknik progressive muscle relaxation adalah salah satu metode relaksasi yang digunakan untuk membuat badan menjadi lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. Teknik ini meliputi menegangkan dan melemaskan otot-otot di bagian tubuhmu secara bertahap.
  11. Pakai Aromaterapi
    Minyak esensial dan aromaterapi sudah lama dijadikan ‘obat alami’ insomnia, khususnya essential oil atau aromaterapi lavender. Menghirup atau mengoleskan minyak esensial lavender ditemukan dapat membantumu tertidur pulas dan mengurangi kecemasan.

Baca juga: Apa Itu Galau? Berikut Definisi Galau Menurut Psikologi!

Jika kamu memiliki masalah insomnia yang parah atau tidak kunjung reda meskipun sudah mencoba ‘obat alami’ insomnia di atas, jangan sungkan untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti konselor, terapis, konselor, psikolog, atau psikiater.

Referensi

Healthline. (2018). 8 Home Remedies for Insomnia. www.healthline(dot)com

Medical News Today. (2020). 9 Home Remedies for Insomnia. www.medicalnewstoday(dot)com

Verywell Health. (2022). 14 Natural Sleep Remedies to Beat Insomnia. www.verywellhealth(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp