Apa Itu Emosi Menurut Psikologi? Ini Defenisi, Macam-Macam, Serta Ciri-Cirinya!

Apa Itu Emosi Menurut Psikologi? Ini Defenisi, Macam-Macam, Serta Ciri-Cirinya!

Yuk Share!

Emosi adalah sesuatu yang sangat alamiah dan pasti dirasakan oleh tiap manusia. Emosilah yang memberikan arti di tiap momen yang kita lalui. Meskipun demikian, tidak semua orang memahami emosi mereka sendiri atau bahkan tidak tahu apa itu emosi.

Emosi mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya banyak perilaku dan keputusan kita dipengaruhi oleh emosi. Ingin tahu lebih lanjut soal emosi? Cari tahu lebih banyak mengenai apa itu emosi menurut psikologi beserta macam-macam emosi.

Apa Itu Emosi?

Apa Itu Emosi Menurut Psikologi? Ini Defenisi dan Jenisnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/5otlbgWJlLs

Emosi adalah suatu reaksi atau respon yang dirasakan seseorang ketika menghadapi sesuatu.

Emosi tidak hanya sekedar merasa bahagia atau sedih, tapi juga merupakan suatu reaksi kompleks yang kita rasakan ketika diperhadapkan dengan suatu kondisi tertentu. Emosi memengaruhi tubuh, perasaan, dan perilakumu, maka tak heran kalau emosi sangat berdampak pada tindakan, suasana hati, serta keputusanmu.

Bahkan, emosi juga bisa memengaruhi bagaimana kamu mengingat suatu memori atau menyusun nilai-nilai, serta apa saja yang kamu percayai.

Meskipun emosi adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua orang, tapi emosi yang kamu rasakan adalah sesuatu yang subjektif. Oleh karena itu, tiap orang bisa memiliki reaksi emosi yang berbeda-beda meskipun ditempatkan pada satu kondisi yang sama.

Emosi tentunya muncul ketika kamu menghadapi suatu situasi tertentu. Setelahnya, emosi tersebut akan memengaruhi tubuhmu. Misalnya, kamu mendapatkan kabar kalau temanmu sedang mengalami musibah, maka kamu bisa saja merasakan jantungmu berdetak lebih cepat atau dadamu terasa tidak enak.

Nah, emosi tersebut tidak hanya terasa melalui tubuh, tetapi juga akan terekspresikan melalui perilaku. Contohnya, saat kamu mengalami emosi bahagia, maka kamu akan mengekspresikanya melalui senyuman atau tertawa.

Mengekspresikan emosi adalah sesuatu yang cukup penting untuk dilakukan agar orang lain bisa memahami bagaimana perasaan serta suasana hatimu. Selain itu, mengekspresikan emosi positif ataupun negatif juga memiliki dampak yang positif pada kesejahterahan hidup dan kesehatan mentalmu.

Meskipun emosi adalah sesuatu yang bersifat subjektif, tapi ekspresi dari emosi adalah sesuatu yang universal. Kamu pastinya bisa melihat atau memahami emosi seseorang dari tindakannya. Misalnya, saat seseorang menangis, kita langsung bisa menangkap kalau orang tersebut sedang merasa sedih.

Emosi juga dianggap sebagai sesuatu yang penting untuk bertahan hidup karena secara tidak langsung, dengan mengekspresikan emosi, kita memberikan sinyal ke orang lain untuk berperilaku sesuai dengan apa yang sedang kita rasakan.

Emosi terasa sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting karena merupakan sesuatu yang abstrak dan tidak bisa dilihat. Nyatanya, sangat penting untuk bisa memahami, mengevaluasi, dan mengelola tiap emosi yang kamu rasakan.

Jika kita tidak mengenal dan tidak mampu mengendalikan emosi yang dialami, maka ada kemungkinan emosi tersebut akan terekspresikan secara tidak tepat dan malah akan berdampak buruk pada dirimu dan orang sekitar.

Baca juga: 11 Tips & Cara Mengendalikan Emosi Menurut Psikologi dengan Baik

Apa Saja Macam-Macam Emosi Beserta Cirinya?

Apa Itu Emosi Menurut Psikologi? Ini Defenisi dan Jenisnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/RChZT-JlI9g

Setelah memahami apa itu emosi, kamu pastinya penasaran sebenarnya apa saja jenis-jenis emosi. Tentunya ada banyak macam-macam emosi yang dapat dirasakan oleh manusia. Namun, secara umum terdapat enam macam emosi serta ciri-cirinya yang bisa kamu alami, yaitu:

  • Takut
    Rasa takut umumnya muncul saat kamu diperhadapkan dengan suatu ancaman. Saat kamu mengalami emosi takut, tubuhmu akan mengalami peningkatan adrenalin yang bisa membuat jantungmu berdetak lebih cepat.
  • Marah
    Emosi marah dapat terekspresikan dalam berbagai bentuk, misalnya berteriak, cemberut, atau bahkan berperilaku kasar. Emosi marah sebenarnya bukanlah sesuatu yang buruk karena jika dikelola dengan benar, emosi ini dapat memotivasi kita menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Sedih
    Rasa sedih tidak hanya terekspresi melalui tangisan karena kadang kala ada orang yang merasa sedih dan mengekspresikannya dengan berdiam diri atau menarik diri. Rasa kecewa, putus asa, dan berduka adalah beberapa perasaan yang muncul dari emosi sedih.
  • Senang
    Emosi senang memberikan rasa puas dalam diri dan dapat meningkatkan kesejahterahan hidup. Ekspresi dari emosi senang dapat terlihat dari senyuman atau perubahan nada suara yang lebih ceria.
  • Kaget
    Emosi kaget merupakan sesuatu yang netral tapi emosi ini bisa menjadi emosi yang positif ataupun negatif. Mirip dengan emosi takut, rasa kaget juga bisa memicu respon fight or flight.
  • Jijik
    Uniknya, rasa jijik sebenarnya merupakan salah satu emosi mendasar manusia. Biasanya, emosi jijik muncul ketika kamu melihat sesuatu yang membuatmu tidak nyaman, misalnya perbuatan yang tidak bermoral, darah, atau kotoran.

Bagaimana Cara Memahami Emosi?

Apa Itu Emosi Menurut Psikologi? Ini Defenisi dan Jenisnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/OsC8HauR0e0

Sekedar mengetahui apa itu emosi tentunya tidak akan membantumu dalam mengenal emosimu. Kalau kamu ingin lebih menyadari dan memahami emosimu, hindari menekan emosimu dan coba rasakan serta mulai kenali tiap emosi yang bergejolak dalam tubuhmu. Setelahnya, pahami apa yang membuat emosi tersebut muncul.

Jika kamu memiliki kesulitan untuk memahami atau mengekspresikan emosi, kamu bisa mengunjungi tenaga profesional, seperti psikolog, terapis, psikiater, atau konselor.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cek Kondisi Kesehatan Mental Online

Referensi

MindWell Psychology NYC. (2022). The Ultimate Guide to Understanding Your Feelings & Emotions for 2022. www.mindwellnyc(dot)com

UWA Online. (2019). The Science of Emotion: Exploring the Basics of Emotional Psychology. www.online.uwa(dot)edu

Verywell Mind. (2022). Emotions and Types of Emotional Responses. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp