Apa Itu Extrovert? Berikut Penjelasan & Ciri-Cirinya
Yuk Share!

Istilah extrovert dan introvert bukan sesuatu yang baru dan sering menjadi salah satu pertanyaan mendasar saat bertemu dengan orang lain atau saat ingin mengisi tes kepribadian tertentu. Extrovert adalah istilah yang sering diasosiasikan dengan kepribadian yang ceria dan terbuka.

Namun, apa itu extrovert tidak hanya sekedar mengenai orang yang optimis dan friendly, karena extrovert adalah bagaimana seseorang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan dari mana ia mendapatkan atau mengisi energi psikisnya.

Pada dasarnya, seseorang yang terlihat ceria, ramah, dan terbuka bisa saja merupakan seseorang yang introvert. Lantas, apa itu extrovert dan apa saja ciri-ciri orang yang extrovert? Cek artikel selengkapnya untuk memahami apa sebenarnya tipe kepribadianmu.

Apa Itu Extrovert?

Apa Itu Extrovert? Berikut Penjelasan & Ciri-Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/x9I-6yoXrXE

Extrovert adalah tipe kepribadian yang senang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, malahan orang extrovert merasa lebih berenergi kalau bersama orang lain serta mendapatkan respon dan perhatian dari lingkungan sekitar.

Orang dengan tipe kepribadian extrovert adalah pribadi yang aktif, suka memimpin, dan ingin selalu menjelajahi serta mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mereka biasanya akan lebih bergantung pada validasi dan interaksi sosial bersama orang lain.

Oleh karena itu, orang dengan kepribadian extrovert sering kali merasa tidak nyaman kalau harus sendirian dan cenderung cepat merasa bosan. Akhirnya mereka akan condong melakukan sesuatu yang riskan tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Apabila kamu memiliki teman yang extrovert, kamu akan menyadari bahwa keberadaanmu dan berinteraksi denganmu adalah sesuatu yang penting baginya. Mereka juga dapat dengan mudah memeriahkan suasana dan membuat keadaan menjadi lebih menyenangkan.

Orang-orang extrovert memerlukan stimulus dari luar untuk tetap bisa merasa berenergi dan tidak merasa bosan. Oleh karena itu, mereka senang mencari perhatian dan interaksi sosial.

Perlu dipahami bahwa kalau kamu memiliki tipe kepribadian extrovert atau introvert, maka tidak berarti kamu hanya memiliki satu aspek itu saja. Extrovert dan introvert adalah suatu spektrum, tidak ada orang yang benar-benar seorang extrovert sejati dan sebaliknya.

Seseorang bisa saja mengalami pergeseran dari sisi extrovert menjadi introvert selam masa kehidupannya. Tidak ada yang benar-benar pasti karena kepribadian manusia dapat berubah dan dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti genetik dan lingkungan.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Apa Saja Ciri-Ciri Orang Extrovert?

Apa Itu Extrovert? Berikut Penjelasan & Ciri-Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/UmV2wr-Vbq8

Meskipun sering dianggap sebagai orang yang ceria dan terbuka, tetapi itu hanyalah satu dari sekian banyak tanda-tanda seseorang memiliki kepribadian extrovert. Penasaran apa saja ciri-ciri orang extrovert lainnya? Berikut adalah beberapa tandanya:

  • Merasa Nyaman dalam Kelompok Besar
    Orang-orang extrovert akan merasa nyaman dalam suatu kelompok besar. Bahkan, tak jarang mereka adalah pemimpin atau yang paling aktif dalam kelompok tersebut. Mereka pasti akan senang jika diajak keluar untuk berkumpul atau berpesta bersama.
  • Suka Melakukan Interaksi Sosial
    Salah satu tipe kepribadian extrovert yang paling menonjol adalah keinginan untuk berkomunikasi dengan orang-orang baru dan mencoba hal-hal berbeda yang dapat memberikan stimulus menyenangkan dan mengurangi rasa bosan mereka.

    Orang-orang dengan kepribadian extrovert tidak takut berkenalan dengan orang baru ataupun mengeksplorasi hal-hal baru.
  • Berteman dengan Banyak Orang
    Orang-orang extrovert dapat dengan mudah berteman dengan banyak orang baru. Ini tidak mengherankan karena orang dengan kepribadian extrovert senang membuka percakapan dengan banyak orang dan melakukan beragam aktivitas baru. Jika kamu seorang extrovert, besar kemungkinannya kamu memiliki social circle yang luas.
  • Optimis dan Ramah
    Ciri-ciri utama dari orang dengan tipe kepribadian extrovert adalah karakter mereka yang senang bergaul, positif, dan ceria. Ini karena para extrovert jarang memikirkan suatu masalah dalam jangka waktu lama. Mereka juga terkenal aktif memulai percakapan dan karenanya terlihat ramah, terbuka, serta friendly.
  • Lebih Fleksibel
    Selain lebih optimis, para extrovert juga lebih fleksibel dan mudah beradaptasi dalam situasi baru, serta lebih bisa memikirkan jalan keluar yang inovatif mengenai suatu permasalahan.

    Tentunya tidak semua orang dengan kepribadian extrovert dapat melakukan sesuatu secara spontan, ada pula yang perlu perencanaan terlebih dahulu. Namun, mereka cenderung lebih mudah untuk beradaptasi terhadap perubahan mendadak.
  • Berbicara secara Blak-Blakan
    Berkebalikan dengan para introvert yang lebih condong memikirkan suatu masalah alih-alih membicarakannya terlebih dahulu, orang dengan karakter extrovert adalah tipe yang langsung ingin mendiskusikan permasalahan yang ada secara terbuka dan jelas.
  • Tidak Suka Sendirian
    Berbeda dengan orang-orang intovert, para extrovert malah merasa capek jika harus sendirian dalam waktu yang lama karena mereka mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang sekitarnya. Wajar saja kalau orang dengan tipe kepribadian extrovert adalah orang-orang suka hang out daripada me time.
  • Berani Mengambil Risiko
    Ciri-ciri orang extrovert ini sebenarnya merupakan pedang bermata dua. Orang dengan karakter extrovert lebih berani untuk mengambil risiko atau melakukan aktivitas yang berbahaya.

    Ini karena setiap kali mereka berhasil melakukan sesuatu dengan risiko yang tinggi, otak mereka akan mengeluarkan hormon dopamin yang dapat menjadi stimulus yang menyenangkan.

Setelah mengetahui apa itu tipe kepribadaian extrovert, kamu tentunya sekarang sudah memiliki gambaran apakah kamu adalah orang dengan karakter introvert atau extrovert.

Jika kamu masih bingung atau memiliki kesulitan dalam memahami dirimu, kamu dapat mencoba mengikuti tes kepribadian atau berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti psikolog, konselor, terapi, atau psikiater, untuk bisa lebih mengenal dirimu.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Referensi

16 Personalities. (n.d.). Mind: Introverted vs. Extraverted. www.16personalities(dot)com

Healthline. (2018). Are You an Extrovert? Here’s How to Tell. www.healthline(dot)com

Simply Psychology. (2021). Introvert and Extrovert Personality Traits. www.simplypsychology(dot)org

Verywell Mind. (2022). 5 Personality Traits of Extroverts. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp