Apa Itu Introvert? Yuk Simak Penjelasan dan Ciri-Cirinya di Sini!
Yuk Share!

Orang introvert sering dianggap sebagai sosok yang pemalu dan pendiam, bahkan terkadang saat ada yang melontarkan pertanyaan ‘apa itu introvert?’ seringnya orang-orang akan berasumsi kalau para introvert adalah pribadi yang memiliki sifat tertutup dan tidak peduli dengan sekitarnya.

Padahal, tidak semua orang dengan tipe kepribadian introvert berperilaku demikian. Faktanya, banyak orang-orang dengan sifat introvert yang terlihat ceria dan ramah layaknya tipikal orang-orang dengan tipe kepribadian extrovert.

Sedang bingung apakah kamu memiliki kepribadian introvert atau extrovert? Cari tahu apa itu introvert dan seperti apa ciri-ciri orang dengan sifat introvert melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Sifat Introvert?

Apa Itu Introvert? Yuk Simak Penjelasan dan Ciri-Cirinya di Sini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/9b5dvrjb05g

Orang dengan sifat introvert adalah sosok yang lebih condong mendapatkan energi psikis jika sendirian daripada berinteraksi dengan orang lain. Mereka adalah tipe orang yang suka melakukan me-time.

Orang-orang dengan tipe kepribadian introvert adalah pribadi yang lebih senang merenung dan mendengarkan daripada aktif membuka percakapan. Oleh karena itu, mereka cenderung lebih peka dalam membaca situasi atau lawan bicara.

Mempunyai kepribadian yang dominan introvert sering kali dapat membuatmu menjadi lebih sensitif dan mudah kewalahan dengan stimulus dari luar, seperti suara, pencahayaan, ataupun pergerakan yang terlalu berlebihan.

Hal ini membuat para introvert lebih mudah merasa lelah ketika harus berinteraksi dengan lingkungan luar dalam jangka waktu yang lama. Tak heran kalau mereka butuh untuk menarik diri dan mengisi energi psikisnya sebelum kembali ke dunia luar.

Kecenderungan orang-orang dengan sifat introvert yang paling terlihat adalah senang merenung atau introspeksi diri. Ini membuat mereka mampu memberikan perspektif-perpektif yang lebih mendalam karena mereka adalah tipe pemikir yang sangat berhati-hati dan tidak terlalu senang menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Ciri-Ciri Orang dengan Sifat Introvert

Apa Itu Introvert? Yuk Simak Penjelasan dan Ciri-Cirinya di Sini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/qg6MDcCWBfM

Orang-orang dengan tipe kepribadian introvert adalah sosok yang sering disalahartikan. Bagaimana tidak, tiap kali terdapat pertanyaan ‘apa itu introvert‘, maka sebagian besar orang akan mengasosiasikan sifat intovert dengan karakter tidak ramah, dingin, pencemas, pendiam, pemalu, atau tertutup.

Tentunya ini adalah sesuatu yang tidak akurat karena tidak semua orang dengan sifat introvert adalah orang yang pemalu dan pendiam. Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang dengan tipe kepribadian introvert:

  • Butuh Banyak Me Time
    Salah satu ciri-ciri utama dari orang dengan sifat introvert adalah kebutuhan mereka untuk menyendiri, ini karena para introvert mudah merasa lelah ketika bersosialisasi dalam durasi yang lama.

    Mereka akan melakukan me time atau meluangkan waktu sendirian untuk mengisi kembali energi psikisnya sebelum kembali berinteraksi secara sosial dengan orang-orang sekitarnya.
  • Lebih Suka Membicarakan Hal-Hal yang Dalam
    Orang-orang extrovert senang membuka percakapan dengan berbagai topik, termasuk melakukan small talks atau berbasa-basi. Lain halnya dengan pribadi yang memiliki sifat introvert, mereka tidak suka melakukan small talks dan lebih memilih untuk membicarakan satu topik secara mendalam.

    Saat berkomunikasi dengan orang lain, para introvert lebih suka kalau bisa berdiskusi mengenai satu topik secara spesifik dan mendalam. Mereka juga akan lebih senang jika dapat memahami orang lain secara mendalam.
  • Tidak Senang Jadi Pusat Perhatian
    Ciri-ciri lain dari orang dengan sifat introvert yang paling mencolok adalah kecenderungan mereka untuk bekerja di balik layar dibandingkan di tengah panggung dan menjadi pusat perhatian. Para introvert lebih nyaman menulis, berkreasi, dan melakukan riset dibandingkan harus bebicara atau berpidato di kerumunan atau kelompok besar.
  • Lebih Cocok Bekerja Sendiri
    Ciri-ciri lain dari para introvert adalah lebih merasa nyaman jika bekerja secara independen atau sendiri dibandingkan bekerja sama dalam suatu tim. Bekerja sendirian memberikan kebebasan kepada orang-orang dengan sifat introvert untuk bisa melakukan pekerjaanya sesuai dengan preferensi mereka.
  • Lebih Memilih Menulis daripada Berbicara
    Kecenderungan mereka untuk menghindari basa-basi membuat orang-orang dengan sifat introvert lebih memilih menulis daripada berbicara secara langsung ataupun via telepon.

    Orang-orang dengan karakter introvert akan lebih mudah memproses informasi dan lebih gampang mengelola emosi mereka dengan menulis. Selain itu, mereka juga dapat memikirkan apa yang akan disampaikan beserta pemilihan kata yang tepat dengan menulis.
  • Suka Introspeksi, Refleksi Diri, atau Melamun
    Jika ada permasalahan, orang-orang dengan sifat introvert pasti akan memikirkan dan menganalisisnya di dalam pikiran mereka. Inilah yang membuat para introvert memiliki kesadaran diri yang tinggi dan mampu memberikan perspektif yang mendalam.

    Kadang kala, mereka senang memikirkan hal-hal kreatif yang abstrak atau bahkan melakukan hobi yang disukai sendirian. Para introvert akan cenderung memikirkan segala sesuatunya sebelum melakukannya.
  • Cenderung Menghindari Konflik
    Interaksi sosial sudah menjadi sesuatu yang membuat orang-orang dengan sifat introvert merasa lelah. Wajar saja jika mereka akan condong menghindari konflik yang dapat membuat mereka lebih capek lagi.

    Orang-orang yang memiliki karakter introvert juga lebih sensitif terhadap kritikan dan akan lebih memilih untuk menghindari konflik.
  • Lebih Suka Mendengar dan Mengobservasi
    Berbeda dengan para extrovert, orang-orang dengan sifat introvert lebih pasif dan lebih ingin mendengarkan dan mengobservasi saja. Inilah yang membuat mereka lebih peka dalam membaca suasana hati, emosi, dan gerak-gerik non-verbal lawan bicaranya.

    Para introvert senang mengobservasi dan mempelajari lingkungan sekitarnya, bahkan mereka adalah pendengar yang baik. Mereka dapat belajar hal-hal baru dan membuat keputusan yang sesuai dengan kondisi di saat itu dengan mengobservasi dan mendengarkan lawan bicaranya.
  • Cenderung Selektif dalam Berteman
    Orang-orang dengan sifat introvert akan lebih memilah-milah teman yang bisa masuk ke social circle-nya karena mereka mudah merasa lelah jika bersosialisasi dengan banyak orang. Malahan, mereka lebih nyaman jika berbicara secara one-on-one daripada di satu kelompok besar.

    Para introvert lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat yang dapat membuatnya merasa aman dan nyaman. Mereka biasanya lebih ingin mempunyai social circle yang kecil tapi terasa dekat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Attachment Style (Gaya Keterikatan): Definisi, Jenis, dan Contohnya dalam Hubungan Menurut Psikologi

Setelah mengerti apa itu introvert, kamu pastinya sudah paham kalau memiliki sifat introvert tidak berarti kamu adalah orang yang pendiam dan tertutup, tapi lebih mengenai bagaimana kamu mendapatkan energi psikis dan caramu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Jika kamu masih galau mengenai tipe kepribadianmu, kamu dapat mencoba mengikuti tes kepribadian ataupun berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, terapis, ataupun konselor.

Referensi

16 Personalities. (n.d.). Mind: Introverted vs. Extraverted. www.16personalities.com

Simply Psychology. (2022). How You Can Tell That You’re an Introvert. www.simplypsychology(dot)org

Healthline. (2021). What an Introvert Is – and Isn’t. www.healthline(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp