Apa Itu Me Time? Ini Cara Me Time Terbaik Beserta Kegiatannya
Yuk Share!

Meskipun manusia adalah mahluk sosial yang butuh berinteraksi dengan sesamanya, tapi manusia juga membutuhkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Bagi beberapa orang, me time terdengar seperti sesuatu yang menyedihkan atau buruk, padahal membagi waktu untuk sendiri dapat berdampak positif kepada kesehatan mental, lho!

Tentunya me time tidak hanya sekedar duduk diam saja, ada berbagai macam cara dan kegiatan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menikmati me time. Lantas, apa itu me time dan apa yang membuat me time sangat dibutuhkan? Kamu bisa menemukan jawabannya dari artikel ini!

Baca juga: 10 Cara Berpikir lebih positif & Manfaatnya untuk Mental Health

Apa Itu Me Time?

Apa Itu Me Time? Ini Cara Me Time Terbaik Beserta Kegiatannya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/oHv6l3NZj7E

Me time atau alone time adalah waktu yang kamu sisihkan untuk dirimu sendiri di mana kamu melakukan kegiatan-kegiatan tertentu yang disukai secara sendirian dan bertujuan untuk melepas kepenatan dalam diri.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, manusia tetap butuh bersosialisasi, tapi saat kamu berinteraksi dengan teman atau keluarga, akan ada stres yang timbul, seperti kekhawatiran mengenai pandangan orang lain sampai tekanan untuk bisa diterima dalam lingkungan pergaulan.

Semua stres ini tentunya akan menghabiskan energi psikis dan karenanya perlu diatasi. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan me time untuk melepas stres dengan menarik diri dari lingkungan sosial dan memberikan waktu untuk dirimu sendiri. Saat me time, kamu dapat mengurangi tingkat stresmu dan mengisi kembali energi psikismu sebelum bersosialisasi kembali.

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, me time bisa menjadi momen untuk mengeksplorasi diri dan merenungkan kehidupan yang telah kamu jalani. Kamu dapat menelaah pemikiran, perasaan, dan pengalaman-pengalaman yang telah kamu alami tanpa gangguan atau opini orang sekitar.

Melalui me time, kamu bisa berkenalan dengan berbagai sisi dirimu melalui hobi baru, menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, mencari cara baru untuk mengekspresikan diri, dan mempelajari hal-hal baru.

Selain itu, me time juga dapat mengasah kreativitasmu karena saat kamu sendirian, otak secara tidak langsung akan mencoba meningkatkan daya imajinasi untuk mengisi kekosongan yang ada. Pikiranmu bisa berkelana ke mana saja dan akan muncul ide-ide atau tujuan-tujuan hidup yang baru.

Baca juga: Critical Thinking: Pengertian, Tujuan, Manfaat, & Caranya

Apa Saja Cara dan Kegiatan Terbaik untuk Me Time?

Apa Itu Me Time? Ini Cara Me Time Terbaik Beserta Kegiatannya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/LDuyEuGs1Vo

Nah, setelah mengetahui apa itu me time, pastinya kamu sudah tidak sabar untuk mencoba melakukan me time, bukan? Eiitss, jangan langsung terburu-buru, kamu harus memastikan dulu kalau me time yang akan kamu lakukan berkualitas dan memberikan manfaat yang maksimal untuk dirimu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan me time yang berkualitas:

  1. Pilih Waktu yang Tepat
    Sisihkan dan pilih waktu yang tepat untuk bisa melakukan me time. Kamu bisa memilih untuk melakukannya setelah bangun tidur, saat pulang kerja, atau ketika sedang break di kantor. Pilihlah waktu yang paling nyaman untukmu.

    Tiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk me time. Ada yang perlu waktu seharian dan ada pula orang yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk melakukan me time yang berkualitas.
  2. Buat Perencanaan
    Meskipun ada yang secara spontan melakukan me time, tapi akan lebih baik untuk merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan saat me time. Misalnya, untuk minggu pertama me time, kamu akan relaksasi di SPA, sementara untuk minggu keduanya, kamu hanya akan berdiam diri di rumah sambil membaca buku.
  3. Jelaskan ke Orang Terdekatmu
    Jangan lupa untuk memberitahukan ke orang-orang tedekatmu kapan kamu akan melakukan me time agar mereka tidak menganggumu saat sedang me time. Jangan sungkan untuk menolak permintaan atau ajakan teman ataupun keluarga ketika kamu memang membutuhkan waktu untuk sendiri.

    Jelaskan ke mereka kalau kamu hanya butuh waktu untuk me time sebelum kembali bersosiasliasi dengan mereka. Kamu bisa berkompromi atau mengatur jadwal lagi untuk bertemu dengan teman atau keluarga di lain hari.
  4. Tutup Media Sosial
    Media sosial dapat menjadi distraksi saat kamu melakukan me time. Tak jarang kamu hanya akan scrolling di Instagram ataupun Tiktok dan malah membandingkan dirimu dengan orang lain atau malah jadinya tidak melakukan me time. Saat me time, akan lebih baik kalau kamu benar-benar meluangkan waktu untuk fokus ke apa yang kamu rasakan dan pikirkan.
  5. Memilih Kegiatan Me Time
    Tidak ada kegiatan me time yang terbaik atau yang paling tepat karena tiap orang memiliki aktivitas atau hobi yang disukai. Kamu hanya perlu memilih mana yang paling ingin kamu lakukan dan yang membuatmu merasa fresh.

    Selain itu, kamu juga dapat mulai bereksplorasi dan mencoba hal baru untuk memperluas kegiatan-kegiatan me time yang dapat dilakukan.
  6. Kegiatan di Alam
    Meskipun tidak ada kegiatan atau cara me time terbaik dan paling benar, tapi Dear Senja menyarankanmu untuk mencoba melakukan kegiatan me time-mu di luar ruangan atau di alam. Kamu bisa melepas kepenatanmu dengan melihat pepohonan yang rindang dan merasakan angin yang sepoi-sepoi.

Setelah memahami apa itu me time, maka dapat ditarik kesimpulan kalau cara atau kegiatan terbaik untuk me time sangat tergantung dari diri orang tersebut. Ada yang merasa me time yang refreshing adalah saat melihat matahari di kala senja dan ada pula yang merasa me time ketika melakukan yoga selama 30 menit.

Apapun kegiatan atau cara me time yang kamu pilih, yang penting kamu merasa nyaman dan rileks saat melakukannya. Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai informasi seputar kesehatan mental serta pengenalan dan pengembangan diri, kamu bisa langsung bergabung di grup Telegram Dear Senja!

Referensi

Verywell Mind. (2023). How Important Is Alone Time for Mental Health?. www.verywellmind(dot)com

Verywell Mind. (2022). We All Need ‘Me Time’ During the Holidays. Here’s How to Optimize It. www.verywellmind(dot)com

Verywell Mind. (2021). How to Find Time for Yourself. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp