Apa Itu Mental Health? Berikut Pengertian Menurut Para Ahli dan 9 Cara Menjaganya!
Yuk Share!

Istilah mental health atau kesehatan mental adalah sesuatu yang sedang marak saat ini dan sering dibacarakan. Kondisi kesehatan mental tak kalah penting dengan kesehatan fisik karena sebenarnya keduanya bisa saling memengaruhi satu sama lainnya.

Namun, masih ada beberapa orang yang belum terlalu memahami apa itu mental health dan bagaimana cara menjaganya. Kalau kamu adalah salah satu orang yang ingin lebih paham soal kesehatan mental dan tips untuk menjaganya, maka pastikan kamu membaca artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu Mental Health?

Apa Itu Mental HealthMenurut Para Ahli dan 9 Cara Menjaganya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/8R-mXppeakM

Mental health adalah kondisi kesejahteraan psikologis, sosial, dan emosional kita. Kesehatan mental sangat berpengaruh pada pola pikir, perilaku, dan perasaan karena kondisi kesehatan mentalmu mencakup caramu mengatasi stres, mengambil keputusan, dan memahami orang sekitar.

Pada dasarnya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental, mulai dari pengalaman hidup, pola asuh keluarga, sampai faktor biologis, seperti genetik dan senyawa kimia dalam otak.

Serupa dengan kesehatan fisik, mental health kamu juga bisa mengalami masalah. Gangguan ini dikenal sebagai mental illness atau mental disorder. Mental illness adalah gangguan atau masalah kesehatan mental.

Saat seseorang menderita mental illness, maka orang tersebut dapat mengalami beberapa masalah seputar suasana hati dan perilakunya yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mental illness dapat mempengaruhi cara orang tersebut bersosialisasi, bekerja, atau bahkan membuatnya menelantarkan dirinya sendiri atau berpikiran untuk mengakhiri hidupnya. Depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan adalah beberapa mental disorder yang sering ditemukan dan sering dibahas.

Mental illness bukanlah sesuatu yang menular. Namun, mental disorder tak bisa dicegah dan tidak dapat disembuhkan secara total. Meskipun demikian, orang dengan mental illness bisa mengatasi gejalanya dan tetap beraktivitas secara normal.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Bagaimana Cara Menjaga Mental Health?

Apa Itu Mental HealthMenurut Para Ahli dan 9 Cara Menjaganya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/6x2iKGi6SPU

Selayaknya kesehatan fisik, mental health juga adalah sesuatu yang perlu dijaga karena setiap hari kamu pasti akan menghadapi beragam stres yang dapat membuatmu kalut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan mentalmu, seperti:

  1. Ingat Self-Care
    Sangat mudah untuk larut dalam kesibukan sehari-hari atau fokus mengurus orang lain sampai melupakan kebutuhan diri sendiri. Ini dapat membuat energi psikismu habis dan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mentalmu.

    Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga mental health-mu adalah dengan menerapkan self-care, seperti meluangkan waktu untuk refleksi diri, melakukan hobi, dan mencoba mempelajari hal-hal baru.
  2. Seleksi Social Circle
    Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif dan yang dapat mengarahkanmu ke arah yang lebih baik. Kamu dapat memperluas social circle dengan mengikuti komunitas yang memiliki ketertarikan yang serupa.
  3. Hargai Dirimu
    Jangan hukum dan kritik dirimu atas kesalahan yang telah kamu lakukan. Cobalah untuk berempati dan memaafkan diri untuk menjaga kondisi kesehatan mental. Mulailah dengan mengevaluasi tiap pemikiran negatif dan mensyukuri pencapaian serta hal-hal kecil di sekitarmu.
  4. Menjaga Kesehatan Fisik
    Kondisi fisik dan mental health adalah sesuatu yang saling terkoneksi. Tak heran kalau saat sedang capek atau tidak enak badan, suasana hati juga ikut menjadi jelek.

    Kamu bisa menjaga kesehatan fisik dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi, mengindari rokok dan alkohol, berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan memastikan kalau kamu mengonsumsi cairan secukupnya.
  5. Kelola Stres
    Stres yang ditekan atau tidak diolah dengan baik justru dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan mental. Kamu perlu mengelolah stres yang kamu rasakan dengan melakukan hal-hal yang membuatmu rileks, seperti journaling, berjalan-jalan di luar ruangan, atau mengikuti kelas yoga.
  6. Coba Mindfulness
    Salah satu cara menjaga mental health yang bisa kamu coba adalah dengan menerapkan mindfullness atau meditasi. Teknik mindfulness mengajarkan kita untuk fokus dengan masa kini dan menjadi lebih tenang.
  7. Buat Tujuan yang Realistis
    Tujuan atau target yang kurang realistis justru dapat memicu stres dan mempengaruhi kesehatan mentalmu. Kamu bisa mulai meninjau ulang atau membuat tujuan yang lebih realistis dengan menuliskan langkah-langkah konkrit yang bisa kamu lakukan untuk mencapai targetmu.
  8. Jadi Relawan
    Berbuat kebaikan dapat membuatmu merasa lebih baik. Kamu dapat berpartisipasi menjadi relawan di suatu komunitas sosial atau membantu teman-temanmu yang sedang memerlukan bantuan.
  9. Ubah Rutinitas
    Rutinitas memberikan rasa aman dan nyaman, tapi melakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas dapat membantu memberikan pengalaman baru yang membuka wawasan dan baik untuk kondisi kesehatan mental.

    Misalnya, kamu bisa mencoba berjalan melalui jalur lain saat akan berangkat ke kantor untuk melihat pemandangan yang baru.

Baca juga: Apa Itu Selfish? Ini Perbedaan Antara Self-love dan Selfish!

Mental health adalah sesuatu yang penting untuk dijaga agar kamu bisa tetap beraktivitas dengan baik. Apabila kamu mengalami masalah dengan kondisi kesehatan mental yang sampai menganggu kegiatan sehari-hari, kamu bisa berkonsultasi ke tenaga ahli, seperti psikolog, terapis, konselor, atau psikiater.

Referensi

Mayo Clinic. (2019). Mental Illness. www.mayoclinic(dot)org

Medical News Today. (2022). What Is Mental Health?. www.medicalnewstoday(dot)org

MentalHealth.gov. (2022). What Is Mental Health?. www.mentalhealth(dot)gov

University Health Service. (n.d.). Ten Things You Can Do for Your Mental Health. www.uhs.umich(dot)edu


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp