Apa Itu Mood Swing? Ini Defenisi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Mood Swing? Ini Defenisi , Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Yuk Share!

Istilah mood swing sering kali dikaitkan dengan kesehatan mental tertentu, padahal tidak semua mood swing diakibatkan oleh gangguan mental ataupun fisik, malahan mood swing adalah sesuatu yang sering atau pernah dialami sehari-harinya.

Suasana hati yang sedang bahagia bisa tiba-tiba berubah menjadi sedih dalam sekejap ketika ada kabar atau situasi tertentu yang memengaruhi mood. Namun, mood swing yang terlalu sering dan terjadi secara ekstrim serta terlalu cepat bisa mensinyalir adanya masalah tertentu.

Lantas, apa itu mood swing serta apa saja penyebab dan cara mengatasi mood swing?

Baca juga: Apa Itu Gangguan Kepribadian Histrionik? Ini Penjelasan, Ciri, & Cara Mengatasinya

Apa Itu Mood Swing?

Apa Itu Mood Swing? Ini Defenisi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya2
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/_LZbDkRaedE

Mood swing adalah perubahan suasana hati atau emosi yang sangat terlihat. Hal ini wajar dialami, tetapi mood swing yang terlalu ekstrim dan terjadi secara tiba-tiba memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mood swing yang diketahui penyebabnya dan tidak muncul secara cepat adalah sesuatu yang normal. Manusia tidak mungkin hanya merasakan satu jenis emosi secara konstan dalam satu hari.

Kamu bisa memantau apakah mood swing yang dialami adalah sesuatu yang wajar atau tidak dengan memahami apa saja yang memicu mood swing-mu.

Coba tuliskan jenis makanan, minuman, waktu tidur, dan aktivitas yang kamu lakukan sehari-harinya untuk bisa melihat dengan jelas apa saja hal-hal yang dapat menjadi penyebab mood swing-mu.

Mood swing yang berlangsung selama beberapa minggu dan tak kunjung mereda, serta mengganggu aktivitas sehari-hari dan orang sekitar merupakan suatu tanda kalau kamu perlu mencari tahu apakah ada kondisi mental atau fisik tertentu yang memengaruhi suasana hatimu, terutama jika kamu tidak tahu penyebab pasti dari mood swing yang kamu alami.

Tentunya mood swing dapat mempengaruhi bagaimana kamu bertindak, berpikir, dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, kalau kamu sering mengalami mood swing, kamu perlu mencari cara untuk bisa mengurangi dan meredakannya.

Apa Saja Penyebab Mood Swing?

Apa Itu Mood Swing? Ini Defenisi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/viMyUbkD84k

Setelah mengetahui apa itu mood swing, kamu perlu menyadari apa saja penyebab mood swing. Biasanya orang-orang akan berpikir kalau mood swing disebabkan oleh masalah mental, padahal gangguan mental bukanlah satu-satunya penyebab mood swing.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu mood swing:

  1. Ketidakseimbangan Hormon
    Adanya ketidakseimbangan pada hormon dalam tubuh dapat memengaruhi suasana hati dan menyebabkan mood swing. Kondisi ketidakseimbangan hormon dapat dikarenakan sedang hamil, dalam masa menstruasi, atau menopause.

    Ketidakseimbangan hormon juga bisa diakibatkan adanya masalah tertentu yang membuat tubuh kesulitan mengatur kadar hormon dalam tubuh yang akhirnya memicu mood swing.
  2. Kurang Tidur
    Jangan salah, kurang tidur tidak hanya membuatmu sulit berkonsentrasi saat bekerja tapi juga bisa menjadi penyebab mood swing dan membuatmu menjadi mudah kesal serta uring-uringan. Sebaiknya tidurlah secara teratur dengan jadwal yang tetap.
  3. Stres
    Sering mengalami mood swing? Bisa jadi itu adalah salah satu tanda kalau kamu sudah overwhelmed atau terlalu stres. Oleh karena itu, kamu harus jadi lebih peka mendeteksi kadar stresmu dan mencari cara untuk mengelolanya dengan lebih sehat, seperti berolahraga, meditasi, atau melakukan journaling.
  4. Konsumsi Alkohol atau Obat-obatan Tertentu
    Meminum alkohol secara berlebih atau mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mood swing dan bisa berujung pada ketergantungan pada alkohol atau obat-obatan tersebut.
  5. Masalah di Fisik
    Mood swing tidak selalu diakibatkan oleh masalah mental, tapi juga bisa berupa gangguan secara fisik, seperti masalah di tiroid, gangguan pada sistem saraf, diebetes, Alzheimer, stroke, epilepsi, dan masalah pada sistem pernapasan.
  6. Gangguan Mental
    Kondisi mental tertentu dapat menjadi penyebab mood swing, selain gangguan bipolar, borderline personality disorder, depresi, dan masalah mental yang meliputi kepribadian lainnya dapat memicu perubahan suasana hati secara mendadak dan cepat.

Cara Mengatasi Mood Swing

Apa Itu Mood Swing? Ini Defenisi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/7Ssnka8OqLM

Langkah-langkah untuk mengatasi mood swing adalah dengan:

  1. Mengetahui apa itu mood swing dan mengenali penyebab serta tanda-tanda dari mood swing yang kamu alami. Kamu akan menjadi lebih mudah menanggulangi mood swing-mu dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu mood swing-mu.
  2. Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi imbang, rutin berolahraga, dan tidur secukupnya. Sadari tanda-tanda kalau kamu mulai stres dan lakukan teknik relaksasi untuk melepas stres, seperti yoga atau meditasi.
  3. Tidak ada salahnya juga kalau kamu berbicara dengan orang terdekatmu, selain meningkatkan suasana hati, berdiskusi dengan teman atau kerabat juga bisa membantu memberikanmu pandangan lain mengenai penyebab mood swing-mu.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Apabila kamu sering mengalami mood swing yang mengganggu aktivitas sehari-harimu dan hubunganmu dengan orang terdekat, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti konselor, terapis, psikolog, atau psikiater.

Referensi

Counselling in Melbourne. (2019). Mood Swings: What Is Normal and What Is Not?. www.counsellinginmelbourne.com(dot)au

Healthline. (2019). What Can Cause Rapid Shifts in Mood?. www.healthline(dot)com

Medical News Today. (2020). What Causes Mood Swings in Males and Females?. www.medicalnewstoday(dot)com

PsychCentral. (2016). All About Mood Swings. www.psychcentral(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp