Apa Itu Pick Me Girl dalam Bahasa Gaul? Ini Definisi, Ciri-ciri dan Penyebabnya
Yuk Share!

Media sosial telah menjadi salah satu sumber informasi, mulai dari informasi mengenai politik sampai fenomena sosial. Tidak heran kalau mulai bermunculan banyak istilah dan bahasa-bahasa gaul yang melalui social media, salah satunya adalah istilah pick me girl.

Istilah pick me girl sudah sangat sering didengar dan diparodikan di media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Meskipun sudah sering dibahas, tapi tidak banyak yang memahami apa itu istilah pick me girl.

Kalau kamu adalah salah satu yang belum terlalu mengetahui apa itu istilah pick me girl , kamu dapat membaca artikel ini sampai tuntas!

Baca juga: 3 Hal Mengenai Apa Itu Catcalling: Ini Penjelasan, Contoh & Cara menghadapinya

Apa Itu Istilah Pick Me Girl?

Apa Itu Pick Me Girl dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/bWUOx0SaSAk

Pick me girl adalah istilah dalam bahasa gaul yang merujuk pada wanita yang mencari validasi atau perhatian dari pria dengan menekankan kalau dirinya ‘berbeda’ dari kebanyakan wanita lainnya sampai di tahapan merendahkan wanita lainnya.

Istilah pick me girl mulai populer di awal tahun 2022 di beragam media sosial, khususnya TikTok. Para pick me girl digambarkan sebagai sosok wanita yang terlihat tomboy dan tidak ‘manja’ seperti wanita pada umumnya.

Tidak jarang para pick me girl membiarkan para pria melanggar personal boundaries mereka dan menutupinya dengan sikap ‘tidak peduli’ atau ‘tidak seperti wanita lainnya’. Mereka juga acap kali akan lebih memilih untuk bercengkrama dengan para pria daripada wanita.

Para pick me girl juga sering merendahkan para wanita dan terlalu menjunjung tinggi kualitas-kualitas para pria. Misalnya, mereka sering menekankan kalau lebih baik berteman dengan para pria karena laki-laki tidak cerewet dan ribet seperti perempuan.

Para pick me girl akan berusaha untuk mengubah penampilan dan kepribadiannya agar serupa dengan para pria, yaitu dengan menjadi lebih tomboy dan menonjolkan kalau ia tidak memiliki kualitas-kualitas yang dilabel sebagai ‘karakteristik yang feminim’. Sebenarnya, secara tidak langsung, mereka tidak memperlihatkan dirinya apa adanya.

Penyebab Seseorang Menjadi Pick Me Girl

Setelah memahami apa itu istilah pick me girl, kamu tentunya merasa heran dan penasaran mengenai apa yang sebenarnya menjadi penyebab seorang wanita menjadi pick me girl.

Di balik sikap dan perkataan para pick me girl yang ‘berbeda’, sebenarnya mereka tetap mencari perhatian dan validasi dari para pria kalau mereka memang berbeda dan spesial. Ini hanyalah satu strategi yang dilakukannya untuk bisa ‘berkompetisi’ dengan wanita lainnya dalam menggaet perhatian para pria.

Pada dasarnya para pick me girl berusaha untuk merebut perhatian para pria dari wanita lainnya secara tidak sehat, yaitu dengan menolak kualitas-kualitas feminim dalam dirinya, mengikuti apa yang para pria sukai alih-alih menjadi dirinya sendiri, dan merendahkan atau bahkan menghina wanita lainnya yang dianggap ‘feminim’.

Penyebab lain seseorang bisa menjadi ‘pick me girl‘ adalah karena adanya misoginis atau kebencian terhadap wanita yang diinternalisasi. Para wanita ini secara tidak sadar membenci hal-hal yang berbau feminim dan berusaha untuk tidak mengikuti stereotype atau hal-hal yang berkaitan dengan wanita secara tradisional.

Para pick me girl berusaha untuk terlihat unik dan berbeda dengan konsep wanita secara tradisional. Ini membuat mereka merasa lebih superior dari wanita lainnya dan berujung pada sikap merendahkan atau menghina wanita-wanita lain yang memiliki gaya feminim.

Sayangnya, rasa superior yang dirasakan oleh pick me girl ini bisa jadi datang dari insecurity terhadap identitasnya sebagai seorang wanita yang diredakan dengan mencari perhatian dan validasi dari para pria secara tidak sehat.

Ciri-ciri Pick Me Girl

Apa Itu Pick Me Girl dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/F4nn2XdyuiI

Biasanya, para pick me girl akan berperilaku tomboy dan terlihat tidak mempedulikan penampilannya, serta menerapkan sikap yang cuek. Mereka juga cenderung menyukai hal-hal maskulin yang umumnya digandrungi oleh kaum Adam, seperti ajang olahraga, minuman beralkohol, merokok, gaming, atau balapan.

Baca juga: Apa Itu Inferiority Complex? Berikut Definisi, Penyebabnya, & Cara Mengatasinya

Para pick me girl akan mengadopsi karakteristik pria untuk berusaha membaur dan mendapatkan perhatian mereka. Mereka juga tidak akan menunjukkan ketertarikan terhadap hal-hal yang berbau feminim, seperti memakai alat makeup, memasak, ataupun memakai rok.

Selain itu, ciri-ciri lain dari pick me girl adalah kecenderungan mereka untuk merendahkan wanita lain dengan membandingkan diri mereka yang cuek dan tomboy dengan para wanita yang ribet, terlalu clingy, dan cerewet. Mereka tidak segan-segan langsung menyindir gaya hidup para wanita lainnya yang dinilai terlalu ‘feminim’.

Fenomena atau istilah pick me girl adalah sesuatu yang tidak sehat dan tentunya menimbulkan banyak kritikan serta kebencian baik dari wanita yang menjadi pick me girl ataupun wanita dan pria yang tidak menyukai para pick me girl.

Apabila orang terdekatmu sepertinya memiliki kecenderungan sebagai seorang pick me girl, jangan menghina atau berdebat dengannya. Cobalah untuk berdiskusi secara dewasa, jujur, dan terbuka dengannya. Cari tahu apa yang membuatnya demikian.

Jika kamu merasa kamu mempunyai kecenderungan sebagai seorang pick me girl dan kesulitan untuk memahami pemicunya serta cara mengatasinya, kamu dapat mengunjungi tenaga ahli, seperti terapis, konselor, psikolog, ataupun psikiater.

Ingin tahu lebih banyak mengenai fenomena sosial, pengembangan diri, dan kesehatan mental? Ayo bergabung dalam grup Telegram Grup Senja! Mulai perjalananmu di sini!

Referensi

CXO Media. (2022). “Pick-me Girls” Viewed from Psychology. www.cxomedia(dot)id

Distractify. (2021). Is the “Pick Me Girl” Trend on TikTok Actually Controversial?. www.distractify(dot)com

InsideHook. (2021). The Problem with TikTok’s “Pick-me Girl” Trend Is More Complicated Than You Think. www.insidehook(dot)com

Urban Dictionary. (n.d.). Pick-me Girl. www.urbandictionary(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp