Apa Yang Dimaksud Dengan Percaya Diri? Berikut Penjelasan & 5 Caranya
Yuk Share!

Saat sedang presentasi atau akan berbicara di depan umum, kamu pasti akan selalu diminta untuk percaya diri. Faktanya, rasa percaya diri tak hanya erat kaitannya dengan penampilan dan pembawaan diri, tetapi juga bagaimana kamu menjalani keseharianmu.

Wajar saja kalau orang-orang mulai mencari cara untuk menjadi lebih percaya diri dan tidak menjadi orang yang pemalu. Tapi untuk bisa memahami cara menjadi lebih pede, kamu harus tahu dulu mengenai apa yang dimaksud dengan percaya diri.

Apa yang Dimaksud dengan Percaya Diri?

Apa yang Dimaksud dengan Percaya Diri?
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/7dVBX9ecSzQ

Sebenarnya ada banyak defenisi dari rasa percaya diri. Secara umum, rasa percaya diri merujuk pada seberapa besar kepercayaan seseorang terhadap kemampuannya dalam mengatur tiap aspek kehidupannya dan melewati tantangan kehidupan.

Secara spesifik, apa yang dimaksud dengan percaya diri adalah keyakinan terhadap kemampuan, penilaian, dan kualitas diri. Kepercayaan diri melibatkan evaluasi dan ekspektasi terhadap kemampuan diri sendiri.

Rasa percaya diri memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada aspek motivasi. Semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki maka semakin besar pula motivasi diri untuk mencapai tujuan tertentu.

Selain itu, orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi biasanya akan lebih bahagia karena mereka memiliki semangat dan keyakinan untuk bisa melewati berbagai tantangan dan mencapai target mereka.

Baca juga: Apa Itu Self Love? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Bagaimana Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu?

Cara menjadi percaya diri membutuhkan latihan dan konsistensi
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/kXYExBLuZ9Q

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan percaya diri, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan cara-cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kepercayaan dirimu:

  1. Seleksi Pergaulan
    Memiliki teman-teman yang suportif dan mendukungmu menjadi versi terbaik dirimu tentunya dapat berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan dirimu.
  2. Berani Mencoba Hal Baru
    Cara untuk bisa menjadi lebih percaya diri dan tidak pemalu adalah dengan keluar dari zona nyaman, melawan rasa takut, dan berani mencoba hal baru serta mengambil risiko. Mencoba hal baru dan melewati tantangan untuk mencapai target dapat membantu meningkatkan kepercayaan dirimu.
  3. Perbaiki Postur Tubuh
    Meskipun terlihat sepele, memperbaiki postur tubuh merupakan salah satu cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu. Postur tubuh yang santai, terbuka, dan tegap bisa mempengaruhi otak untuk melihat diri secara lebih positif dan percaya diri.
  4. Berikan Kalimat Positif ke Diri Sendiri
    Dirimu sendiri adalah pendukung terbesarmu. Alih-alih mengkritik diri sendiri, biasakan memberikan kalimat positif yang bisa menyemangati dirimu. Secara tidak langsung ini akan meningkatkan kepercayaan dan motivasi diri.
  5. Pecah Tujuan Besar
    Terkadang tujuan yang terlalu jauh atau besar terasa sulit digapai dan akhirnya menurunkan kepercayaan dirimu. Untuk mengatasinya, kamu bisa memecah tujuan besarmu menjadi target-target kecil yang lebih mudah untuk diraih.

    Pastikan tujuan besar dan target-target kecilmu realistis, terukur, spesifik, dan memiliki jangka waktu tertentu. Kamu bisa mencoba memecah tujuan besarmu menggunakan metode S.M.A.R.T.
  6. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental
    Tubuh dan mental yang sehat tentunya akan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Kamu bisa mulai dengan menjaga pola makan, mengatur kadar stres, rutin berolahraga, dan tidur secukupnya.

    Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang menghasilkan rasa menyenangkan. Kamu juga bisa menjadi semakin percaya diri karena memiliki bentuk tubuh yang baik.
  7. Visualisasi Diri
    Salah satu cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu adalah dengan melakukan visualisasi dirimu yang percaya diri. Kamu bisa mulai dengan menutup mata dan melemaskan tubuh. Setelahnya bayangkan dirimu yang pede dan rasakan emosi yang melingkupimu selama visualisasi.
  8. Menolong Orang Lain
    Membantu sesama tidak hanya menambah pahala tapi juga bisa kamu lakukan sebagai cara untuk menjadi percaya diri dan tidak pemalu. Memberikan bantuan ke orang lain dapat menimbulkan rasa positif ke diri sendiri dan membuatmu merasa sudah melakukan sesuatu yang bermakna.

Baca juga: Apa itu Komunikasi Yang Efektif: Pengertian, Tujuan,& Tipsnya

Mengetahui apa yang dimaksud dengan percaya diri dan cara-cara untuk meningkatkannya tidak serta merta akan membuatmu langsung menjadi orang yang pede. Dibutuhkan latihan, waktu, dan konsistensi untuk bisa membentuk kepercayaan diri.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu sedih apabila kamu masih berproses dan sedang menerapkan cara menjadi orang yang percaya diri dan tidak pemalu.

Jika kamu memiliki isu mengenai rasa percaya diri yang menganggu kehidupan sehari-harimu, tidak perlu sungkan untuk mengunjungi profesional.

Referensi

PositivePsychology.com. (2018). What Is Self-Confidence? +9 Ways to Increase It. www.positivepsychology(dot)com

Psychology Today. Confidence. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Health. (2021). How to Build Self-Confidence. wwww.verywellhealth(dot)com

Verywell Mind. (2022). How to Be More Confident. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp