Yuk Share!

Manajer dan leader sering kali dianggap sebagai istilah yang sama, padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Sayangnya, banyak orang yang salah kaprah dalam memahami perbedaan antara manajer dan leader.

Oleh karena itu, Dear Senja akan menjelaskan apa saja perbedaan antara manajer dan leader yang perlu diketahui agar kamu bisa mengembangkan dan menggunakan kemampuan leadership-mu secara tepat. Langsung telusuri selengkapnya di bawah!

Baca juga: Mana Yang Lebih Penting? Ini Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill!

Apa Saja Perbedaan Manajer dan Leader?

Awas Keliru! Ini Perbedaan Manajer dan Leader
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/29pFbI_D1Sc

Manajer dan leader seringkali dianggap sebagai dua hal yang sama dalam dunia bisnis. Bahkan istilah ini sering digunakan bergantian. Padahal, keduanya sangatlah berbeda.

Meskipun sama-sama bertanggung jawab dalam memimpin suatu tim atau organisasi, pendekatan dan fokus mereka dalam menjalankan tugas tersebut sangatlah berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara manajer dan leader:

  1. Definisi Manajer dan Leader
    Mari kita mulai dengan menelaah pengertian dasar dari manajer dan leader. Dari segi definisi, dapat dilihat kalau ada perbedaan antara manajer dan leader.

    Manajer adalah perwakilan dari suatu organisasi yang bertanggung jawab untuk mengatur alur kerja sekelompok karyawan dan jalannya operasional dari suatu perusahaan atau organisasi. Mereka cenderung pasif dan hanya akan melakukan suatu tindakan apabila diperlukan.

    Di sisi lain, leader adalah pribadi yang memandu, mengarahkan, dan memengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok orang secara aktif untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah disepakati bersama.
  1. Fokus dari Manajer dan Leader
    Setelah memahami definisi dari keduanya, perbedaan kedua dari manajer dan leader terletak pada fokus utama atau fungsinya.

    Seorang manajer akan berfokus pada penyusunan dan pengaturan struktur dari suatu organisasi, serta bertanggung jawab untuk mendelegasikan pekerjaan ke karyawan.

    Tugas dari manajer adalah untuk mengorganisir, membuat perencanaan, mengarahkan, mengatur, dan merekrut karyawan secara tepat. Singkatnya, mereka mengontrol dan mengatur para karyawan.

    Sementara itu, seorang leader akan berfokus pada memberikan arahan dan menetapkan suatu visi atau target yang akan dicapai. Ia akan mengkomunikasikan tujuan tersebut dan mendukung serta memotivasi anggota lainnya untuk mencapainya bersama-sama.

    Pada dasarnya, tugas dari seorang leader hanya satu, yaitu mengarahkan dengan memotivasi dan menginspirasi anggota-anggotanya.

    Selain itu, seorang manajer akan memperhatikan efisiensi atau melakukan suatu tugas secara tepat dan cepat. Mereka akan fokus untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan dan yang bersifat jangka pendek atau sesuai dengan deadline.

    Di sisi lain, seorang leader akan memperhatikan efektivitas atau melakukan hal yang tepat dan benar. Mereka akan fokus mencapai tujuan jangka panjang dan melihat gambaran besar dari target yang akan diraih.

    Oleh karena itu, seorang manajer akan lebih memperhatikan alur serta proses pengerjaan, sementara seorang leader akan lebih memperhatikan anggota-anggotanya.
  2. Otoritas dan Posisi dari Manajer dan Leader
    Dari segi posisi dan otoritas, terdapat perbedaan antara manajer dan leader. Posisi manajer hanya ada di struktur organisasi yang formal, seperti dalam suatu perusahaan atau organisasi. Lain halnya dengan leader yang bisa mengambil posisi di struktur yang formal ataupun informal, seperti menjadi kepala keluarga atau pemimpin dalam circle pertemanan.

    Oleh karena itu, seorang manajer memiliki otoritas yang formal karena posisi atau kedudukannya, sementara seorang leader mempunyai otoritas non formal dan bisa dianggap sebagai suatu pemimpin karena kualitas-kualitas yang dimilikinya.
  3. Pendekatan Manajer dan Leader
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pendekatan dari seorang manajer dan leader tentunya berbeda. Seorang manajer cenderung lebih pasif dan reaktif, mereka akan bertindak di saat yang tepat atau ketika dibutuhkan.

    Berbeda halnya dengan seorang leader yang memiliki pendekatan proaktif. Mereka secara aktif berusaha untuk memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya serta berusaha untuk membuat dan melakukan tindakan-tindakan preventif untuk mencegah kemunculan masalah di masa yang akan datang.
  4. Gaya Kepemimpinan Manajer dan Leader
    Selain pendekatan, ternyata gaya kepemimpinan seorang manajer dan leader juga berbeda. Meskipun ada banyak gaya kepemimpinan, tetapi para manajer seringkali menerapkan gaya kepemimpinan transaksional yang meliputi adanya reward dan punishment untuk memotivasi karyawan.

    Di sisi lain, seorang leader umumnya menggunakan gaya kepemimpinan transformasional yang berfokus pada menginspirasi, memotivasi, dan membentuk perilaku dari pada anggotanya agar bisa mencapai tujuan bersama.
  5. Pandangan Anggota Terhadap Manajer dan Leader
    Tidak hanya otoritas dan posisi saja yang berbeda, tetapi cara para anggota memandang manajer dan leader juga berbeda. Seorang manajer dipandang sebagai sosok yang perlu dihormati dan diikuti karena posisi dan otoritasnya dalam suatu perusahaan atau organisasi.

    Sementara itu, seorang leader dipandang karena kualitas-kualitas dirinya. Maka dari itu, para anggota atau pengikutnya akan menerima arahan para leader secara sukarela dan bukan karena adanya perbedaan posisi atau kekuasaan.
  6. Kualitas yang Dibutuhkan Manajer dan Leader
    Sekilas, kualitas-kualitas yang dimiliki seorang manajer dan leader terlihat serupa, tetapi sebenarnya, seorang manajer membutuhkan kemampuan leadership dan manajemen, sedangkan seorang leader hanya perlu skill kepemimpinan.
  7. Cara Manajer dan Leader Menyingkapi Konflik
    Meskipun sama-sama berhubungan dengan mengarahkan anggota-anggotanya, seorang manajer akan berusaha untuk menghindari konflik agar tidak menghambat pertumbuhan organisasi dan alur serta proses kerja.

    Sementara itu, seorang leader akan melihat sebuah konflik sebagai suatu kesempatan untuk mengasah dan mengembangkan anggota-anggotanya.

Baca juga: Critical Thinking: Pengertian, Tujuan, Manfaat, & Caranya

Dalam dunia bisnis, manajer dan pemimpin memiliki peran yang berbeda, meskipun seringkali kedua peran tersebut digunakan secara bergantian.

Manajer biasanya lebih fokus pada tugas dan tindakan yang nyata, sementara pemimpin lebih fokus pada visi dan inspirasi yang dapat memotivasi tim. Namun, kedua peran ini sama-sama penting dalam memimpin sebuah tim atau organisasi yang sukses.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai pengembangan diri dan kesehatan mental, kamu bisa join grup Telegram Dear Senja di sini!

Referensi

Key Differences. (2021). Difference Between Leader and Manager. www.keydifferences(dot)com

Tech Target. (n.d.). Leadership. www.techtarget(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp