Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri? Berikut Ini 9 Tipsnya!
Yuk Share!

Memahami diri sendiri seringkali dianggap sepele, padahal dengan mengenal diri sendiri, kamu bisa mengembangkan diri dengan lebih baik, mengetahui apa yang secara pasti kamu butuhkan, dan lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari.

Pada hakikatnya, cara mengenal diri sendiri tidaklah sulit, tapi kamu membutuhkan konsistensi dan niat untuk melakukannya. Lantas, bagaimana cara mengenal diri sendiri lebih dalam secara psikologi? Simak tipsnya di bawah!

Mengapa Perlu Tahu Cara Mengenal Diri Sendiri?

Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri?
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/betmVWGYcLY

Sebagian besar orang mungkin lebih terbiasa memahami orang lain tapi jarang mencoba untuk benar-benar berkenalan dengan diri sendiri. Sebenarnya seberapa penting untuk perlu tahu cara mengenal diri sendiri?

Mengenal diri sendiri secara lebih dalam memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan dapat membantumu menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa keunggulan menerapkan cara mengenal diri sendiri secara lebih mendalam:

  • Lebih paham soal emosi diri sendiri
  • Membina hubungan yang lebih dalam dan dekat dengan orang sekitar
  • Membantu mengatur diri secara lebih efisien dan efektif
  • Lebih gampang berempati, toleransi, dan memahami orang sekitar
  • Lebih mudah mengambil keputusan dan tidak mudah dipengaruhi tekanan sosial
  • Menjadi lebih bahagia karena dapat mengekspresikan diri yang sebenarnya
  • Dapat mengendalikan diri sendiri dan tidak mudah menyerah dalam mencapai tujuan tertentu
  • Membangun kehidupan yang sesuai dengan dirimu

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri?

Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri?
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/eoRxpc7GDbM

Memahami diri sendiri tidak hanya sekedar mengetahui diri secara fisik di depan cermin, tapi juga secara psikis. Mengenali diri sendiri secara lebih dalam meliputi pemahaman mengenai karakteristik, kesukaan dan ketidaksukaan, minta, bakat, emosi, prinsip hidup, dan hal-hal personal lainnya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengenal diri sendiri lebih dalam secara psikologi:

  1. Journaling
    Kegiatan journaling atau menulis jurnal atau diary harian dapat membantu menjabarkan apa saja yang kamu lakukan, pemicu stresmu, dan emosi yang kamu rasakan. Kamu bisa kembali merefleksikan hari dan dirimu melalui jurnal tersebut.

    Cara mengenal diri sendiri secara psikologi ini tak hanya bagus untuk mengenal diri tapi juga bisa mengurangi stres, melatih komunikasi non-verbal dan kemampuan mengorganisir, serta meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Kamu bisa melakukan journaling selama 15-30 menit.

    Kalau kamu bingung cara untuk mulai menulis jurnal, kamu bisa memulai dengan menuliskan apa saja yang terlintas di pikiranmu atau yang kamu rasakan saat ini. Kamu juga dapat memulai dengan menuliskan apa yang kamu lakukan dari pagi sampai malam hari.

    Selain menulis jurnal sehari-hari, kamu juga dapat menuliskan jurnal mengenai mimpi-mimpi yang kamu alami saat sedang tidur. Terkadang mimpi merupakan simbolisasi dari apa yang sedang kamu rasakan di alam bawah sadarmu.

    Kamu tidak perlu menuliskan keseluruhan mimpimu secara lengkap. Cukup tuliskan apa yang kamu ingat dan perasaan serta pemikiran yang menyertai mimpi tersebut. Coba hubungkan emosi dan pemikiran tersebut dengan mimpi yang kamu alami untuk mendapatkan suatu pemahaman baru mengenai dirimu.
  2. Refleksi Diri
    Salah satu cara mengenal diri sendiri secara lebih dalam adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan refleksi diri. Kamu dapat berdiam diri dan melemparkan pertanyaan-pertanyaan ke dirimu, seperti:
    • Aktivitas yang menyenangkan untukmu dan yang tidak
    • Hal-hal yang kamu syukuri
    • Hal-hal yang membuat frustrasi
    • Prestasi atau pencapaian yang membuatmu bangga
    • Mengenang masa lalu
    • Hal-hal yang menginspirasimu
    • Mengingat apa saja kebiasaan yang kamu lakukan dan apakah kebiasaan tersebut baik untukmu atau tidak
  3. Gunakan Media Gambar ataupun Warna
    Jika kamu kesulitan dalam mengekspresikan diri, kamu bisa memakai seni sebagai cara untuk mengenal diri sendiri. Kamu tidak perlu jago menggambar, mewarnai, ataupun melukis karena gambar dan warna hanya sekedar media saja.

    Kalau kamu masih merasa susah mengekspresikan diri dan menerapkan cara mengenal diri sendiri dengan menggambar, kamu bisa memilih warna tertentu untuk mengungkapkan atau mendeskripsikan emosimu.
  4. Coba Meditasi
    Meditasi tidak hanya dapat mengurangi stresmu dan meningkatkan suasana hati, tapi juga dapat membantumu untuk fokus dengan dirimu yang sekarang tanpa adanya kritikan dari dirimu sendiri.

    Meditasi selama beberapa menit secara rutin dapat membantumu untuk bisa merefleksikan diri. Lama-kelamaan kamu akan menjalani meditasi tersebut sebagai suatu kebiasaan.
  5. Bertanya ke Orang Terdekat
    Tidak ada salahnya kamu bertanya ke orang-orang yang sering berinteraksi denganmu untuk memahami kamu orang yang seperti apa di mata mereka. Terkadang, kamu bisa memahami dirimu melalui bagaimana orang lain mempersepsikan dirimu.

    Orang-orang terdekatmu sudah pasti sering mengobservasi dan menyadari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kamu lakukan. Hanya saja, kamu tetap perlu memastikan kalau apa yang mereka katakan memang benar adanya.

    Oleh karena itu, bertanyalah ke orang-orang yang memang dekat dan membuatmu nyaman menjadi diri sendiri saat berinteraksi.
  6. Bayangkan Diri Sewaktu Kecil
    Cara lain untuk mengenal diri sendiri dengan lebih dalam adalah dengan membayangkan diri sewaktu masih kecil. Tanyakan ke dirimu, kira-kira apa respon dari dirimu yang masih muda mengenai dirimu yang sekarang dan apakah kamu masih setuju dengan pandanganmu terhadap dirimu dan dunia sewaktu kecil.
  7. Cari Orang atau Cerita yang Sejalan dengan Dirimu
    Terkadang kamu bisa lebih mengenal dirimu dari hal-hal di sekitarmu, seperti melalui cerita dari buku dan film, atau bahkan sosok terkenal yang inspirasional. Kamu bisa merenungkan apakah kamu setuju dengan keputusan ataupun prinsip hidup dari cerita tersebut dan apakah cerita atau orang tersebut menggambarkan dirimu.
  8. Bayangkan Hari Idealmu
    Cara mengenal diri sendiri secara lebih dalam selanjutnya adalah dengan membayangkan seperti apa hari yang ideal bagimu. Imajinasikan seperti apa hari yang sempurna untukmu, kalau kamu kesulitan membayangkannya, ingat kembali apa hari yang paling baik dalam kehidupanmu.

    Setelahnya, jabarkan emosi, pemikiran, aktivitas, dan kebiasaan yang akan terjadi di hari yang ideal tersebut. Melalui imajinasi tersebut, kamu akan mampu memahami dirimu secara lebih mendalam.
  9. Metode Miracle Question
    Teknik miracle question dapat menjadi cara mengenal diri sendiri secara psikologi karena metode ini dapat membuatmu berpikir mengenai tantangan dan tujuan hidupmu, serta cara untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

    Teknik ini tidak sulit untuk dilakukan karena kamu hanya perlu mengajukan satu pertanyaan ke dirimu sendiri, yaitu apa saja hal-hal yang akan terlihat atau terasa jika secara tiba-tiba kehidupanmu menjadi lebih baik saat kamu bangun di hari esok.

Baca juga: Merasa Tidak Layak Dicintai? Terapkan 10 Cara Menghargai Diri!

Terkadang saat kamu sedang menerapkan cara mengenal diri sendiri di atas, kamu dapat mengingat momen-momen yang dapat menimbulkan emosi negatif, seperti rasa sedih, sakit, trauma, atau marah.

Kamu tidak perlu terburu-buru ingin memahami semua emosi tersebut. Jika kamu merasa terlalu tertekan atau kewalahan merasakan emosi atau ingatan tertentu, kamu tidak perlu memaksakan diri dan jangan menghukum dirimu atas emosi atau memori tersebut.

Hindari menghakimi apa yang kamu rasakan dan sudah lalui. Cukup duduk dan ingat memori tersebut serta rasakan emosi yang menyertainya. Kamu dapat berbicara dengan orang terdekatmu mengenai apa yang kamu dapatkan selama introspeksi atau refleksi diri.

Jangan malu untuk mengunjungi psikolog, terapis, atau konselor jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami diri sendiri karena pada dasarnya tiap manusia perlu mengenali diri sendiri dengan lebih dalam untuk menata kehidupan yang lebih baik.

Referensi

McMaster University. (2020). Understanding Yourself and Others. www.hr.mcmaster(dot)ca

PsychCentral. (2018). 9 Exercises to Better Understand Yourself — and Make Better Decisions. www.psychcentral.com

PsychCentral. (2021). How to Know Yourself Better. www.psychcentral(dot)com

Psychology Today. (2016). Know Yourself? 6 Specific Ways to Know Who You Are. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp