Bikin Tenang! Ini 7 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia
Yuk Share!

Tiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan, tapi itu tidak berarti kamu terus-menerus menyiksa dan mengukum diri serta tidak mau menerima apa yang telah terjadi. Faktanya, kebanyakan orang merasa kalau memaafkan orang lain jauh lebih mudah daripada memaafkan diri sendiri.

Namun, menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu menjadi tidak tenang, selalu cemas, mengalami masalah fisik, dan sulit untuk fokus. Kalau kamu sadar dan ingin bisa menerima dirimu, kamu dapat mulai dengan menerapkan cara-cara berdamai dengan diri sendiri dalam artikel ini!

Baca juga: Sedang Galau? Coba 11 Cara Menghilangkan Stress di Pikiran Ini!

Tips Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

Ini 7 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/bSmKli4OTIY

Cara berdamai dengan diri sendiri memang tidak mudah atau bahkan sulit untuk dilakukan. Namun, kalau kamu sudah memiliki kesadaran dan ingin untuk menjadi lebih baik, maka kamu sudah selangkah lebih maju dalam proses berdamai dengan diri sendiri.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk berdamai dengan diri sendiri dan mendapatkan ketenangan:

  1. Berikan Waktu untuk Dirimu
    Untuk bisa memahami apa yang terjadi dalam dirimu, kamu harus meluangkan waktu untuk refleksi diri. Memberikan waktu untuk dirimu tidak hanya membantumu mengenal diri tetapi juga bisa menjadi cara untuk berdamai dengan diri sendiri di tengah hiruk pikuk dunia yang serba sibuk.
  2. Buat Jurnal atau Diary
    Menulis jurnal atau buku harian tidak hanya menjadi wadah untuk mengekspresikan segala emosi dan pemikiran, tetapi juga dapat menjadi cara berdamai dengan diri sendiri. Kamu bisa mengeksplorasi segala perasaan dan pikiranmu secara bebas.
  3. Maafkan Dirimu
    Ada saatnya kamu melakukan kesalahan atau merasa bersalah terhadap suatu peristiwa, tapi semua yang terjadi sudah berlalu. Kamu tidak bisa stuck di masa lalu dan menghukum serta mengkritik dirimu mengenai sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah kembali.

    Alih-alih terbelenggu rasa bersalah, maafkanlah dirimu atas apa yang telah terjadi. Terimalah dengan lapang dada kalau semuanya sudah terjadi dan tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya selain belajar dari kesalahan di masa lalu agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.
  4. Terima Hal yang Berada di Luar Kendalimu
    Sering kali kamu terjebak di masa lalu atau masa depan yang membuatmu tidak dapat berdamai dengan diri sendiri. Sayangnya, tidak semua hal di dunia ini dapat kamu ubah atau kendalikan. Ada beberapa kejadian yang memang tak dapat diulang kembali atau diatur sedemikian rupa.

    Kamu tidak perlu menekan perasaan sedih, kecewa, ataupun marah yang timbul. Rasakan dan terima semuanya, tapi jangan sampai kamu berlarut dalam kekecewan dan malah menghukum dirimu.

    Ingatkan dirimu kalau semua yang terjadi atau akan terjadi tidak selamanya bisa kamu kendalikan dan berjalan sesuai dengan keinginanmu. Segala sesuatunya tidak bisa diprediksi secara pasti dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  5. Lakukan Meditasi Mindfulness
    Salah satu cara berdamai dengan diri sendiri yang dapat kamu coba adalah menerapkan meditasi mindfulness. Meditasi dapat membantu memberimu kesadaran akan diri sendiri, menenangkan diri, mengurangi gejala gangguan mental, dan meredakan stres.

    Selain itu, meditasi mindfulness bisa membuatmu lebih fokus dengan masa sekarang daripada masa lalu yang sudah berlalu ataupun masa depan yang tidak pasti. Secara tidak langsung, kamu akan bisa secara perlahan mengenal diri dan menerima serta berdamai dengan diri sendiri. Kamu bisa melakukan meditasi mindfulness setidaknya 40-45 menit per harinya
  6. Luangkan Waktu di Alam Luar
    Menikmati suasana luar dapat membantu membuatmu lebih tenang dan memberikan rasa damai dalam dirimu. Kamu akan merasa lebih fokus dan tiap kemarahan serta kecemasan yang timbul menguap seiring wajahmu diterpa angin sepoi-sepoi dan matamu dimanjakan dengan rindangnya pepohonan hijau.
  7. Jangan Lupa Bersyukur
    Saat kamu belum berdamai dengan diri sendiri, sangat mudah untuk fokus ke aspek-aspek negatif dirimu yang pada akhirnya justru membuatmu makin gusar dan tidak tenang. Cobalah untuk mencari hal-hal kecil ataupun besar yang baik dan positif yang terjadi atau terdapat pada dirimu tiap harinya.

Baca juga: Ampuh! Ini 11 Cara Efektif Mengatasi Insomnia Tanpa Obat!

Cara berdamai dengan diri sendiri di atas bukanlah sesuatu yang instan dan kamu mungkin akan mengalami beberapa emosi negatif atau kembali mengkritik dirimu.

Akan tetapi, ingatkan dirimu kalau berdamai dengan diri sendiri adalah suatu proses yang butuh waktu dan bukanlah sesuatu yang mudah. Tiap orang memiliki cara mereka tersendiri untuk dapat berdamai dengan dirinya sendiri.

Kalau kamu memiliki masalah dalam menerima dan berdamai dengan diri sendiri, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi ke tenaga ahli, seperti psikolog, konselor, terapi, ataupun psikiater.

Referensi

Kentucky Counseling Center. (2021). How to Find Your Inner Peace. www.kentuckycounselingcenter(dot)com

PsychCentral. (2021). Finding Peace of Mind: 6 Steps Towards Lasting Serenity. www.psychcentral(dot)com

Psychology Today. (2011). Make Peace with Yourself: How We Let Go of Regret. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp