September 25, 2023
Logo DearSenja.com

Logo DearSenja.com

Yuk Share!

Masalah kesehatan mental sering kali dianggap sesuatu yang sepele karena tidak sejelas gangguan fisik, seperti batuk atau demam. Sayangnya, masalah mental yang tidak segera ditangani dan disadari justru akan semakin parah dan mengganggu cara penderitanya melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, serupa dengan penyakit fisik, gangguan mental yang serius juga berpotensi mengancam nyawa. Tak jarang orang-orang yang memiliki masalah mental, seperti depresi dan bipolar, berpikir atau bahkan mencoba untuk melakukan bunuh diri.

Nah, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah mental di Indonesia, banyak website mental health atau kesehatan mental di Indonesia yang mulai bermunculan, salah satunya adalah Dear Senja.

Dear Senja | #1 Indonesian Mental Health Awareness Portal

Apa Itu Dear Senja (Dearsenja.com)?

Dear Senja adalah salah satu website mental health di Indonesia yang membantu memberikan edukasi mengenai psikologi dan self-development. Dear Senja menyediakan beragam artikel mengenai kesehatan mental, relationship, dan pengembangan diri.

Sekarang ini, masalah kesehatan mental semakin tersorot sejak pandemi Covid-19. Rasa takut, cemas, dan kesepian menjadi emosi yang kerap kali muncul dan dapat menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap gangguan mental.

Kesehatan mental merupakan salah satu isu penting yang perlu dibicarakan dan diberitahukan ke publik karena mental health sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Gangguan mental yang berkepanjangan berpotensi memicu pemikiran ataupun keinginan untuk melakukan bunuh diri.

Meskipun jarang dipaparkan, tapi sebenarnya ada banyak penderita gangguan mental di Indonesia. Bahkan, 1 dari 5 orang di Indonesia atau sekitar 20 persen masyarakat di Indonesia berpotensi menderita gangguan mental. Tentunya persentase ini cukup tinggi dan dapat menjadi sebuah sinyal kalau kita perlu lebih memperhatikan kesehatan jiwa alih-alih menyepelekannya.

Di Indonesia, edukasi kesehatan mental masih mengalami kendala karena masih banyak orang-orang yang menganggap kalau gangguan mental adalah suatu bentuk kelemahan dan orang yang memiliki masalah mental hanya perlu menjadi lebih tegar.

Faktanya, masalah mental bukanlah sesuatu yang bisa diselesaikan hanya dengan mengembangkan diri karena penderita gangguan mental memerlukan bantuan profesional, seperti psikolog, terapis, psikiater, atau konselor.

Ditambah lagi, orang-orang yang mengalami gangguan mental sering mendapatkan diskriminasi dan stigma buruk di masyarakat. Inilah yang kerap kali membuat penderita masalah mental malu untuk meminta bantuan profesional karena takut dicap atau dilabel oleh orang sekitarnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan mental di Indonesia, maka Dear Senja hadir sebagai wadah untuk mengedukasi masalah mental dan self-improvement dalam bentuk website mental health di Indonesia.

Dear Senja adalah website kesehatan mental yang berbasis di Indonesia dan bertujuan untuk memberikan kesadaran mengenai isu-isu gangguan mental dan menyediakan cara-cara praktis untuk menjaga kesehatan mental serta mengembangkan diri.

Harapannya, masyarakat Indonesia dapat memandang masalah kesehatan jiwa sebagai sesuatu yang serupa dengan penyakit fisik. Penderita gangguan mental tidak boleh dijauhi, justru mereka perlu dirangkul dan dipandu agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Selain itu, Dear Senja juga ada untuk mendorong orang-orang agar lebih memahami diri mereka dan berani untuk memeriksakan diri ke tenaga ahli. Melalui kesadaran diri, penderita gangguan mental bisa mengatasi gejala kesehatan jiwa yang dimiliki dan dapat lebih menikmati hidup serta beraktivitas seperti biasanya.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Pentingnya Kesehatan Mental

Dear Senja | #1 Indonesian Mental Health Awareness Portal
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/hluOJZjLVXc

Sebagai website mental health di Indonesia, Dear Senja menyadari pentingnya kesadaran akan kesehatan mental. Selain mengedukasi masyarakat mengenai gangguan mental, Dear Senja juga ingin mengingatkan orang-orang untuk lebih menjaga kesehatan mental mereka.

Serupa dengan kesehatan fisik, kamu perlu memelihara kesehatan mental dengan melakukan aksi-aksi konkrit, seperti mengatur kadar stres dengan berolahraga atau menerapkan teknik relaksasi.

Oleh karena itu, Dear Senja tidak hanya sekedar memberikan informasi saja, tapi juga tips-tips atau langkah-langkah praktis untuk menjaga kesehatan mental yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, perlu diingat kalau Dear Senja hanya bertindak sebagai wadah edukasi dan informasi untuk masyarakat Indonesia. Kalau kamu merasa memiliki gangguan mental tertentu, kamu tetap perlu mengunjungi tenaga profesional, seperti konselor, psikiater, psikolog, atau terapis, untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Konsultasi dengan pakar Dearsenja.com
Konsultasi Dengan Pakar

Semua informasi yang disediakan oleh Dear Senja tidak dapat menggantikan diagnosis dan penanganan dari tenaga ahli. Jadi, jangan malu dan ragu untuk pergi ke tenaga ahli karena gangguan mental bukanlah sesuatu yang memalukan.


“It’s Okay Not To Be Okay

~Dearsenja.com

Justru, dengan mengunjungi tenaga profesional, kamu memperlihatkan kalau kamu peduli dengan dirimu dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Referensi

Kemenkes. (2021). Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. www.sehatnegeriku.kemkes(dot)go.id

Port St. Lucie Hospital. What Is Mental Health Awareness, and Why Does It Matter?. www.portstluciehospitalinc(dot)com

WHO. Mental Health. www.who(dot)int


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp