It is an ongoing problem, not a passing one. While there are different types of depression, the most common one is major depressive disorder. It consists of episodes during which the symptoms last for at least two weeks.
Yuk Share!

Depresi adalah masalah mental yang sering dibahas dalam masyarakat. Sayangnya, sering kali gangguan mental ini tidak disadari dan dianggap sebagai kesedihan biasa atau bahkan rasa malas. Depresi tidak hanya sekedar menangis atau menyendiri karena gangguan mental ini adalah sesuatu yang lebih dari sekedar kesedihan biasa.

Meskipun terlihat sulit untuk dibedakan dengan rasa sedih pada umumnya, tetapi depresi adalah gangguan mental yang masih dapat disadari. Tentunya untuk bisa mengenali depresi, kamu perlu tahu apa itu depresi dan ciri-ciri dari depresi terlebih dahulu.

Apa Itu Depresi?

Depresi Adalah Gangguan Mental yang Harus Diwaspadai! Ini Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/yi6dvuynEuo

Depresi adalah gangguan suasana hati atau mood yang ditandai dengan adanya rasa sedih, kosong, dan putus asa yang mendalam, berkepanjangan, dan muncul secara tiba-tiba serta tidak memiliki alasan yang jelas.

Depresi bukanlah sesuatu yang akan berlalu begitu saja karena gangguan mental ini dapat terjadi beberapa kali dan sering kali timbul dalam durasi yang lama. Gejala-gejala yang dialami oleh penderita depresi akan terus dirasakan setidaknya selama dua minggu dan dapat berlangsung selama beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun.

Peristiwa-peristiwa tertentu, seperti kehilangan seseorang atau dipecat dari pekerjaan, bisa memicu depresi. Namun, depresi tidak sama dengan rasa sedih yang bersifat sementara dan diakibatkan oleh kejadian-kejadian tertentu.

Meskipun tidak dapat disembuhkan, tapi gejala dari depresi dapat diatasi agar tidak kambuh lagi dan orang yang mengalaminya bisa beraktivitas seperti sedia kala. Beberapa orang perlu untuk mengonsumsi obat depresi untuk mencegah kemunculan gejala-gejala dari gangguan mental ini.

Sebenarnya, sampai saat ini belum ada penyebab jelas dari depresi. Namun, Depresi dapat muncul karena berbagai faktor, seperti:

  • Faktor genetik
  • Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh
  • Konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu
  • Masalah pada neurotransmitter di otak
  • Faktor sosial dan lingkungan
  • Adanya masalah mental atau fisik tertentu
  • Masalah pada struktur otak
  • Mengalami rasa sakit secara emosional yang berkepanjangan

Baca juga: BPD (Borderline Personality Disorder) Adalah Gangguan Kepribadian Ambang. Kenali Defenisi, Penyebab, & Gejalanya

Ciri-Ciri Depresi

Depresi Adalah Gangguan Mental yang Harus Diwaspadai! Ini Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/7zea2PEpnnA

Serupa dengan masalah mental lainnya, depresi adalah gangguan mental yang memiliki gejala. Untuk bisa mengenali mental illness depresi, kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri depresi.

Seseorang kemungkinan besar mengalami depresi jika memiliki lima atau lebih ciri-ciri depresi di bawah selama lebih dari dua minggu:

  1. Perasaan bersalah, sedih, cemas, kosong, pesimis, atau tidak berharga yang berlebih
  2. Terus-menerus merasakan kesedihan yang mendalam
  3. Mudah marah atau kesal
  4. Pergerakan atau cara berbicara yang melambat atau penuh kecemasan
  5. Kehilangan minat terhadap hobi atau aktivitas yang awalnya disukai
  6. Kesulitan berkonsentrasi, berpikir, atau membuat keputusan
  7. Pemikiran mengenai kematian atau bunuh diri, atau pernah mencoba melakukan bunuh diri secara terus-menerus
  8. Adanya perubahan pada nafsu makan, hasrat seksual, pola tidur, atau berat badan
  9. Merasa lelah atau tidak berenergi
  10. Mengalami keluhan medis yang tidak diketahu penyebab pastinya, seperti sakit perut, nyeri leher, atau sakit punggung

Tentunya kamu tidak bisa langsung melabel atau menghakimi seseorang mengalami depresi dari ciri-ciri depresi di atas. Diperlukan diagnosis dari tenaga ahli untuk memastikan apakah seseorang menderita depresi atau tidak.

Selain itu, tenaga profesional pasti akan meminta orang yang dicurigai memiliki depresi untuk menjalani pemeriksaan medis terlebih dahulu untuk mengecek apakah ciri-ciri depresi yang dirasakan memang karena gangguan mental depresi atau karena masalah kesehatan fisik tertentu.

Jenis-Jenis Gangguan Mental Depresi

Depresi Adalah Gangguan Mental yang Harus Diwaspadai! Ini Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/8qR6u_7ylLY

Gangguan depresi mayor adalah jenis depresi yang paling umum ditemui, tapi tahukah kamu kalau ada berbagai macam jenis depresi? Berikut adalah jenis-jenis depresi yang perlu kamu ketahui:

  1. Gangguan Depresi Mayor
    Jenis depresi ini paling sering ditemui dan ditandai dengan rasa sedih dan putus asa yang mendalam serta merasa diri tidak berharga. Penderita gangguan depresi mayor juga dapat kehilangan minat pada hal-hal yang awalnya disukai.

    Biasanya orang yang mengalami gangguan depresi mayor akan diberikan penanganan kombinasi antara psikoterapi dan medikasi.
  2. Gangguan Depresi Mayor dengan Pola Musiman
    Gangguan depresi mayor dengan pola musiman awalnya dikenal sebagai seasonal affective disorder (SAD) dan kerap kali timbul saat musim dingin atau gugur ketika intensitas sinar matahari berkurang. Jenis depresi ini dapat berlangsung selama musim tertentu dan dapat dibantu dengan terapi cahaya.

    Gangguan depresi mayor dengan pola musiman adalah jenis depresi yang biasa terjadi di negara-negara yang memiliki durasi musim dingin yang panjang.
  3. Gangguan Depresi Postpartum
    Jenis gangguan depresi yang satu ini muncul sehabis masa persalinan dan dapat berlangsung selama beberapa bulan atau tahun. Tentunya ini berbeda dengan kondisi baby blues yang akan hilang beberapa hari atau minggu pascapersalinan.
  4. Gangguan Depresi Persisten
    Gangguan depresi persisten atau yang juga dikenal sebagai distimia adalah jenis depresi yang gejalanya dapat berlangsung selama setidaknya dua tahun. Akan tetapi, ciri-ciri depresi yang dialami tidak separah gangguan depresi mayor dan periode depresi cenderung hilang timbul.

    Penderita gangguan depresi persisten biasanya akan merasa putus asa, tidak berharga, dan kehilangan minat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mereka akan mengalami penurunan produktivitas saat bekerja.

Baca juga: Apa Itu Gangguan Kepribadian Histrionik? Ini Penjelasan, Ciri, & Cara Mengatasinya

Depresi adalah masalah mental yang serius dan perlu segera diatasi oleh tenaga profesional. Oleh karena itu, apabila kamu atau kerabat memiliki ciri-ciri depresi di atas, jangan ragu untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, terapis, atau konselor, terutama kalau kamu atau orang terdekatmu sudah selalu memiliki pemikiran untuk melakukan bunuh diri.

Referensi

Healthline. (2021). Everything You Need to Know About Depression (Major Depressive Disorder). www.healthline(dot)com

Mayo Clinic. (2018). Depression (Major Depressive Disorder). www.mayoclinic(dot)org

Medical News Today. (2022). What Is Depression and What Can I Do About That?. www.medicalnewstoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp