Filsafat V.S. Filosofi: Apa Itu Filsafat Menurut Para Ahli & Manfaatnya!
Yuk Share!

Filsafat identik dengan hal-hal abstrak yang berhubungan dengan kehidupan dan alam semesta. Tapi, tahukah kamu kalau ilmu filsafat sebenarnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki beragam manfaat?

Cari tahu lebih lanjut melalui artikel ini mengenai apa itu filsafat menurut para ahli beserta manfaatnya dan perbedaannya dengan istilah filosofi.

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Asertif? Berikut Definisi dan Contohnya

Apa Itu Filsafat?

Filsafat V.S. Filosofi: Apa Itu Filsafat Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/zeH-ljawHtg

Filsafat adalah pemahaman mendasar tentang kebenaran mengenai dunia, hal-hal yang ada dalam dunia, dan bagaimana hal-hal tersebut bekerja dan saling berikatan dengan satu sama lainnya.

Jawaban dari ‘apa itu filsafat’ sebenarnya ada banyak karena tiap ahli filsuf memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai ilmu filsafat.

Namun, secara garis besar, filsafat adalah ilmu yang mempertanyakan, menjawab, dan memperdebatkan pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam kehidupan, seperti eksistensi manusia, moralitas dan etika, nilai-nilai, kebenaran, dan sebagainya.

Kalau kamu masih penasaran dengan apa itu filsafat menurut para ahli filsuf, kamu bisa melihat bagaimana para filsuf memaknai apa itu filsafat dengan versi mereka sendiri:

  • Menurut John Dewey, filsafat bukanlah obat atau solusi dari segala masalah yang dialami oleh manusia, tapi filsafat adalah sesuatu yang muncul saat manusia mengaplikasikan suatu metode untuk menyelesaikan masalah mereka.
  • Menurut Karl Marks, filsafat adalah interpretasi terhadap dunia yang dibentuk supaya kita bisa mengubah dunia
  • Menurut Marilyn Adams, filsafat adalah memikirkan pertanyaan-pertanyaan paling penting dengan keras dan berusaha untuk mendapatkan kejelasan secara analitis mengenai pertanyaan dan jawabannya

Di atas hanyalah segelintir definisi dari apa itu filsafat menurut para ahli. Benang merah dari semua pemahaman mereka mengenai filsafat adalah kegiatan atau ilmu yang meliputi mengobservasi, menjawab, dan mempertanyakan dunia serta isinya untuk memperbaikinya secara logis dan analitis.

Oleh karena itu, saat kamu mempelajari ilmu filsafat, kamu secara tidak langsung juga belajar mengenai dirimu sendiri, sesama manusia, sejarah, peradaban, dan dunia secara keseluruhan.

Perbedaan Filsafat dan Filosofi

Filsafat V.S. Filosofi: Apa Itu Filsafat Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/_nm_mZ4Cs2I

Setelah memahami apa itu filsafat, satu pertanyaan yang muncul di benakmu pastinya adalah apa perbedaan dari filsafat dan filosofi? Apakah keduanya adalah dua hal yang berbeda atau sama?

Sebenarnya, filsafat dan filosofi adalah dua istilah yang sama. Pada dasarnya kata filsafat berasal dari bahasa Arab, falsafa, dan filosofi diserap dari bahasa Belanda, filosofie. Kedua istilah ini berasal dari bahasa Latin, philosophia.

Kata philosophia sendiri dalam bahasa Latin diartikan sebagai love of wisdom atau rasa cinta terhadap kebijaksanaan.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi dan Tips Meningkatkannya

Apa Saja Manfaat Filsafat?

Filsafat V.S. Filosofi: Apa Itu Filsafat Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/45sFSKai4Q4

Setelah mengetahui apa itu filsafat, tentunya kamu sudah menyadari kalau ilmu filsafat meliputi hal-hal yang bersifat konseptual dan abstrak. Akan tetapi, ilmu filsafat sebenarnya adalah sesuatu yang bisa diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, tak heran kalau ada banyak buku-buku filsafat yang beredar dan berperan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai filsafat atau filosofi yang dapat mengubah pola pikir.

Lantas, apa saja manfaat filsafat? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mempelajari ilmu filsafat:

  • Pemikiran Lebih Kritis dan Terstruktur
    Mempelajari ilmu filsafat dapat membuatmu lebih kritis karena kamu akan berusaha untuk mencari kebenaran dari sebuah argumen dengan mempertanyakan hal-hal mendasar. Tidak hanya itu, ini juga akan meningkatkan rasa ingin tahumu mengenai beragam hal dalam hidup.

    Selain itu, saat membuat pertanyaan, jawaban, ataupun argumen, kamu secara tidak langsung harus menyusun pola pikirmu agar teratur dan saling berkesinambungan. Kamu tidak akan mudah ditipu dan akan lebih kritis dalam mengkaji suatu informasi baru.
  • Memperluas Wawasan Mengenai Dunia
    Ilmu filsafat ada di dalam semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, ada banyak cabang dari ilmu filsafat, seperti filsafat hukum, filsafat sejarah, filsafat bahasa, etika dan moral, dan sebagainya.

    Saat kamu belajar ilmu filsafat, kamu secara tidak langsung juga mempelajari berbagai bidang pengetahuan, mulai dari bahasa sampai budaya dan seni.
  • Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah
    Ilmu filsafat sangat erat kaitannya dengan sejarah dan peradaban. Ilmu mengenai kehidupan dan dunia ini sudah berkembang dari satu era ke era lainnya.

    Kamu akan belajar untuk mengamati kesalahan masa lalu dan mencari solusi-solusi yang cocok untuk memperbaiki atau mencegahnya di masa yang akan datang.
  • Mengasah Kemampuan Berdebat
    Tentunya saat kamu mempelajari ilmu filsafat, kamu akan belajar untuk menjawab beragam pertanyaan beserta argumennya. Secara tidak langsung kamu akan mengasah kemampuanmu dalam berdebat secara sehat untuk memperlihatkan kebenaran dari argumenmu.

    Berdebat secara sehat meliputi membuat argumen yang logis dan mendukung, mendengarkan dan memahami berbagai sudut pandang, mau mentoleransi berbagai persepsi yang berbeda, ingin menerima kritikan dan masukan, serta siap untuk mengevaluasi argumen yang dimiliki.
  • Meningkatkan Kinerja Kerja
    Ilmu filsafat adalah sesuatu yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kritis, melihat dari berbagai sudut pandang, berkomunikasi, dan mencari jalan keluar merupakan beberapa aspek dari filsafat yang dapat kamu aplikasikan dalam kariermu.

Secara garis besar, filsafat memberikan peranan yang penting dalam kehidupan karena membantu kita untuk bisa lebih bijak dan baik dalam belajar, berpikir, maupun berperilaku. Secara tidak langsung, ilmu filsafat dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai filsafat, pengembangan diri, dan psikologi, kamu bisa bergabung dalam grup Telegram Dear Senja di sini!

Referensi

Academia.edu. (2020). How Do Different Philosophers Define Philosophy? 100+ Plus Books and 80+ Videos Visual Art on You Tube. www.academia(dot)edu

Britannica. (2022). Philosophy. www.britannica(dot)com

Department of Philosophy. (n.d.). What Is Philosophy?. www.philosophy.fsu(dot)edu

Studyportals Masters. (2022). 10 Reasons Why You Should Study a Philosophy Degree in 2023. www.mastersportal(dot)com

The Philosophy Foundation. What Is Philosophy?. www.philosophy-foundation(dot)org

Yahoo! Berita. (2021). Filosofi Adalah Filsafat, Ketahui Pengertian dan Cabangnya. www.id.berita.yahoo(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp