INFJ Adalah Seorang Advokat? Ini Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, Karir & Hubungan bagi INFJ-A/T
Yuk Share!

MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang paling populer dan dikenali oleh masyarakat. Tes MBTI membagi manusia ke dalam 16 tipe kepribadian yang sesuai dengan yang karakter mereka masing-masing.

Nah, INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam MBTI yang ternyata cukup jarang ditemui. Kalau kamu atau orang terdekatmu merupakan tipe kepribadian INFJ, kamu wajib membaca artikel ini sampai tuntas!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri? Berikut Ini 9 Tipsnya!

Apa Itu Tipe Kepribadian INFJ?

INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/CtzyXcst9EQ

Tipe kepribadian INFJ adalah satu dari 16 tipe kepribadian dalam MBTI yang dominan di aspek introversion, intuition, feeling, dan judging. Tipe kepribadian ini merupakan pribadi yang cukup imbang dalam aspek logika dan perasaan serta merupakan tipe yang perfeksionis tapi santai.

INFJ adalah salah satu tipe kepribadian dalam tes MBTI yang cukup jarang ditemui. Mereka biasanya sulit untuk dimengerti dan bahkan sering dilabel sebagai sosok yang penuh kontradiksi. Meskipun demikian, mereka adalah orang-orang yang idealis dan berfokus pada perubahan yang positif.

Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ adalah pribadi yang berintegritas dan memegang teguh prinsip serta nilai-nilai yang dianut. Mereka akan fokus pada nilai-nilai yang mereka yakini alih-alih mengikuti prinsip moral masyarakat atau orang lain.

Karakteristik lain dari orang dengan kepribadian INFJ adalah keinginan mereka untuk mencari tujuan hidup yang lebih dari sekedar kesuksesan material. Mereka akan lebih condong pada membuat dampak positif di dunia dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Mereka juga tidak suka melihat ketidakadilan dan merupakan pribadi yang kreatif, analitis, dan sensitif. Sayangnya, kadang kala orang dengan kepribadian INFJ terlalu fokus pada orang lain dan lupa memperhatikan diri mereka sendiri.

Sekilas, orang dengan tipe kepribadian INFJ terlihat seperti orang yang santai, tapi sebenarnya mereka adalah perencana yang perfeksionis dan lebih memilih untuk membuat keputusan secepat mungkin. Mereka juga salah satu tipe kepribadian yang bisa menyeimbangkan logika dan perasaan.

Ada banyak tokoh-tokoh atau karakter-karakter terkenal yang memiliki tipe kepribadian INFJ, seperti Taylor Swift, Oprah Winfrey, Carl Jung, Martin Luther King, Jr., Nelson Mandela, dan Mother Teresa.

INFJ-A V.S. INFJ-T

INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/V5Owjg-ZNto

Setelah mendapatkan hasil tes MBTI, kamu mungkin menyadari kalau ada huruf tambahan di belakang tipe kepribadianmu, entah itu INFJ-A ataupun INFJ-T.

INFJ-A atau INFJ tipe assertive adalah orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ yang lebih terlihat percaya diri dan cenderung lebih santai, sedangkan INFJ-T atau INFJ tipe turbulance adalah tipe kepribadian INFJ yang cenderung lebih pencemas dan lebih kurang yakin dengan dirinya.

Orang dengan tipe kepribadian INFJ-T cenderung lebih mudah stres, lebih berapi-api, lebih mudah belajar dari kesalahan, lebih mengkritik diri, dan lebih sering mempertanyakan diri mereka daripada orang yang mempunyai tipe kepribadian INFJ-A.

Orang dengan tipe kepribadian INFJ-A juga biasanya lebih optimis dan lebih individualis daripada orang yang memiliki tipe kepribadian INFJ-T.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Kelebihan dan Kekurangan INFJ

INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/vTL_qy03D1I

Kelebihan dari orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ terletak pada rasa idealisme mereka yang sangat mementingkan hubungan yang dekat dan penuh makna. Mereka juga tipe yang kreatif, mudah memahami hal-hal abstrak, sensitif dengan emosi orang lain, dan berfokus pada masa depan.

Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ juga cenderung ahli dalam berbahasa secara verbal maupun non-verbal. Mereka juga pendengar yang baik dan dapat menjadi pemimpin yang bisa diandalkan.

Namun, kekurangan orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ adalah cenderung sulit menerima kritikan, mudah burnout, keras kepala, suka menghindari konflik, tidak suka melakukan hal-hal practical, sulit untuk terbuka dengan orang lain, perlu banyak waktu untuk diri sendiri, dan terkadang memiliki ekspektasi tertentu yang terlalu tinggi untuk dirinya maupun orang lain.

Bagaimana INFJ Memandang Suatu Hubungan?

INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/Cecb0_8Hx-o

Orang-orang dengan kepribadian INFJ adalah sosok yang lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas pada hubungan pertemanan. Mereka mencari koneksi yang dalam dan tidak senang berbasa-basi.

Mereka adalah tipe yang pengertian dan hangat, serta selalu mencari hubungan pertemanan yang penuh arti. Orang dengan kepribadian INFJ umumnya memiliki lingkaran sosial yang kecil tapi intim.

Serupa dengan hubungan sosialnya, orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ juga cenderung pemilih dalam mencari pasangan. Mereka ingin pasangan yang bisa terkoneksi secara emosional dan spiritual. Mereka juga ingin bertumbuh bersama pasangannya dan mencari sosok yang memiliki nilai-nilai yang serupa.

Biasanya, orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ lebih cocok dengan orang-orang yang mempunyai tipe kepribadian ENFP dan ENTP. Mereka kurang cocok dengan orang-orang berkepribadian ESTP dan ISTP.

Meskipun demikian, kamu tidak boleh menjadikan MBTI sebagai patokan dalam pertemanan ataupun mencari pasangan. Selayaknya tes kepribadian lainnya, MBTI hanyalah sebuah alat untuk mengenal diri dan bukan panduan yang mutlak.

Pemilihan Karier Tipe Kepribadian INFJ

INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/6dW3xyQvcYE

Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ biasanya akan senang dengan karier yang memberikan mereka ruang untuk berkreasi dan sesuai dengan nilai-nilai yang mereka pegang. Akan lebih baik lagi kalau mereka bisa memberikan dampak positif ke dunia atau masyarakat melalui pekerjaannya.

Saat bekerja, orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ adalah sosok yang perfeksionis, pekerja keras, high achievers, optimis, dan santai saat bersosialisasi dengan rekan kerjanya. Para INFJ biasanya cenderung tidak nyaman dengan pekerjaan yang terlalu terpatok pada aturan atau rutinitas yang kaku.

Ada banyak pekerjaan yang sesuai dengan INFJ, seperti guru, penulis, konselor, artis, aktor, musisi, pemuka agama, psikolog, pustakawan, pebisnis, fotografer, dan sebagainya.

Namun, sekali lagi, tes MBTI bukanlah patokan yang pasti saat memilih sebuah karier, kamu tetap perlu menyesuaikan pemilihan kariermu dengan kemampuan dan ketertarikanmu.

Kalau kamu tertarik untuk tahu lebih banyak soal tes kepribadian ataupun kesehatan mental, kamu bisa bergabung dalam grup Telegram Dear Senja! Klik tautan ini untuk join.

Referensi

16 Personalities. (n.d.). Assertive Advocate (INFJ-A) vs. Turbulent Advocate (INFJ-T). www.16personalities(dot)com

16 Personalities. (n.d.). Advocate Personality INFJ-A/INFJ-T. www.16personalities(dot)com

VerywellMind. (2022). INFJ: Introverted, Intuitive, Feeling, Judging. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp