Kecerdasan Interpersonal: Definisi, Ciri, dan Contoh Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli
Yuk Share!

Meksipun jarang terdengar, kecerdasan interpersonal adalah suatu kecerdasan yang cukup penting dan sering digunakan. Pada dasarnya, kecerdasan interpersonal sangat berdampak terhadap interaksi sosial kita dengan orang sekitar.

Kecerdasan interpersonal yang baik dapat membantu menjalin hubungan secara cepat dan akrab dengan orang lain. Tentunya ini sangat berguna di kehidupan profesional maupun sehari-hari. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut soal kecerdasan interpersonal, baca artikel ini untuk memahami apa itu kecerdasan interpersonal beserta ciri-ciri dan contohnya.

Baca juga: Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Interpersonal

Ini Penjelasan Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/XkKCui44iM0

Kecerdasan interpersonal adalah satu dari sembilan jenis kecerdasan yang dicetuskan oleh Howard Garner. Kecerdasan interpersonal meliputi kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang sekitar.

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan yang melibatkan pembagian informasi dengan orang lain secara verbal ataupun nonverbal, seperti mengekspresikan perasaan dan pemikiranmu secara tatap muka atau melalui chat.

Kecerdasan interpersonal tidak hanya berpusat pada perkataan saja, tapi juga bahasa nonverbal, seperti mimik wajah, gestur tubuh, dan intonasi suara. Salah satu ciri-ciri utama dari orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik adalah gampang menangkap dan memahami bahasa-bahasa tubuh.

Kecerdasan interpersonal memudahkan untuk bisa membangun ikatan yang akrab dan berkualitas dengan orang lain karena semakin bagus kecerdasan interpersonal yang kamu miliki, semakin cepat dan mudah pula kamu menjalin hubungan yang intim dengan orang lain.

Secara singkat, kecerdasan interpersonal adalah kemampuan dalam membentuk dan menambah koneksi dengan orang lain. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah mahluk sosial dan tentu saja jenis kecerdasan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kecerdasan Interpersonal

Ini Penjelasan Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/axTm0ee3YP4

Kecerdasan interpersonal tidak hanya sekedar berkomunikasi secara efektif dan mengobservasi, tapi ada banyak contoh dari kecerdasan interpersonal yang biasa kita lakukan sehari-hari, seperti:

  • Terbuka dengan pandangan, kritik, dan saran orang lain
  • Mendengarkan dengan seksama tanpa memotong lawan bicara
  • Berempati dengan apa yang dialami oleh orang lain
  • Menjadi mediator di kala ada masalah
  • Membantu memecahkan masalah dengan baik
  • Bernegosiasi dengan orang lain
  • Bekerja sama dengan rekan kerja atau teman
  • Menegaskan pemikiran atau perasaan
  • Perilaku yang positif
  • Bahasa tubuh yang ekspresif dan terbuka
  • Berpikir secara kritis

Meskipun seseorang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik, tapi tidak berarti kemampuan ini dapat dengan mudah diterapkan ke semua orang. Ada kalanya kamu merasa lebih mudah untuk mempraktikkan kecerdasan interpersonalmu saat berbicara dengan rekan kerja daripada dengan pasangan.

Ciri-ciri Orang dengan Kecerdasan Interpersonal yang Baik

Ini Penjelasan Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/OQ61si4OGCE

Pada dasarnya orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik dapat menangkap dan menilai motivasi, keinginan, emosi, dan intensi dari orang yang ia ajak bicara. Mereka handal berkomunikasi secara verbal maupun nonverbal.

Ciri-ciri orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik adalah bisa membangun hubungan positif dengan orang lain, bisa memahami orang lain, dapat melihat satu situasi dalam berbagai perspektif, berpikiran terbuka, serta mempunyai kemampuan mengatasi konflik yang mumpuni.

Biasanya orang-orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik sangat cocok untuk berkarier dalam hal-hal yang berhubungan dengan interaksi manusia, seperti politikus, sales, psikolog, filsuf, dan konselor.

Baca juga: Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli

Apakah Kecerdasan Interpersonal Bisa Diasah?

Ini Penjelasan Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/nYgy58eb9aw

Kamu tidak perlu bersedih kalau kamu merasa kurang dalam jenis kecerdasan ini karena kecerdasan interpersonal adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan diasah. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah untuk melatih kecerdasan interpersonalmu:

  1. Kenali Diri
    Hal paling utama dalam mengasah kecerdasan interpersonal adalah dengan mengetahui aspek-aspek yang perlu kamu kembangkan. Luangkan waktu untuk melakukan refleksi diri supaya kamu makin memahami apa saja kelebihan dan kekuranganmu.

    Kamu juga bisa bertanya kepada keluarga dan orang terdekatmu untuk mengetahui aspek-aspek kecerdasan interpersonal apa yang masih perlu kamu asah.
  2. Kembangkan Rasa Ingin Tahu
    Alih-alih membuat asumsi sendiri, kamu bisa mulai mengembangkan rasa ingin tahumu terhadap orang lain dengan mengajukan pertanyaan terbuka mengenai orang tersebut. Selain bisa mendapatkan informasi mengenai orang tersebut, kamu juga bisa membangun hubungan yang lebih akrab dengannya.
  3. Jadi Lebih Terbuka
    Selain aktif memberikan pertanyaan terbuka, salah satu cara lain untuk mengasah kecerdasan interpersonal adalah dengan menjadi lebih terbuka mengenai dirimu.

    Kamu tidak perlu langsung memberitahukan hal-hal personal, kamu bisa mulai dengan memberitahukan apa yang menjadi kesukaaanmu dan apa yang tidak kamu sukai. Secara tidak langsung, kamu juga membuat personal boundaries yang sehat dengan orang lain.
  4. Atur Emosimu
    Regulasi emosi adalah salah satu kemampuan penting dalam kecerdasan interpersonal. Ketidakmampuan mengatur emosi dapat mengganggu hubungan dengan orang lain dan memperbesar peluangmu untuk mengambil keputusan yang salah.

    Coba lakukan teknik-teknik relaksasi, seperti meditasi dan metode mindfulness, untuk bisa menenangkan diri dan meregulasi emosi.
  5. Lakukan Active Listening
    Saat sedang berinteraksi dengan orang lain, active listening atau kemampuan mendengarkan secara aktif adalah sesuatu yang penting untuk diterapkan dan merupakan salah satu kemampuan dalam kecerdasan interpersonal.

    Active listening tidak hanya sekedar mendengarkan, tapi kamu memberikan perhatian penuh terhadap orang tersebut dan benar-benar memahami apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Cobalah untuk tidak memotong pembicaraan orang lain dan hargai opini, pemikiran, serta perasaannya.
  6. Coba Berempati dengan Lawan Bicara
    Empati adalah salah satu kemampuan dalam kecerdasan interpersonal yang tak kalah penting karena rasa empati bisa membantumu lebih memahami lawan bicaramu dan pada akhirnya memudahkanmu untuk menjalin hubungan yang lebih intim dengan orang lain.

    Kamu bisa mengembangkan rasa empati dengan mencoba membayangkan dirimu berada dalam kondisi yang sedang dialami oleh lawan bicaramu.

Meskipun kecerdasan interpersonal adalah sesuatu yang bisa dikembangkan tetapi kamu tetap perlu mempraktikkan kemampuan-kemampuan tersebut secara konsisten untuk bisa mengasahnya.

Kalau kamu masih belum berani untuk mencobanya dengan orang baru, kamu bisa mempraktikkannya dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain, kamu bisa mencoba mengunjungi tenaga ahli seperti psikolog, psikiater, terapis, atau konselor.

Kamu juga dapat mendapatkan tips dan trik seputar meningkatkan kecerdasan interpersonal dengan bergabung di grup Telegram Dear Senja. Klik tautan ini untuk masuk ke dalam grup Telegram Dear Senja!

Referensi

Berkeley Well-Being Institute. (n.d.). Interpersonal Communication: Definition, Examples, & Skills. www.berkeleywellbeing(dot)com

Verywell Mind. (2022). Gardner’s Theory of Multiple Intelligences. www.verywellmind(dot)com

Verywell Mind. (2021). How to Maintain Interpersonal Relationships. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp