Leadership: Definisi, Manfaatnya, & Cara Menjadi Leader yang Baik
Yuk Share!

Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan yang sangat dihargai di berbagai bidang kehidupan, mulai dari dunia bisnis hingga politik. Namun, apa itu kemampuan leadership dan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin atau leader yang baik? Semuanya akan dikupas tuntas melalui artikel ini!

Dear Senja akan membahas secara lengkap mengenai konsep leadership, beserta tips dan trik untuk menjadi seorang leader yang baik. Artikel ini dapat menjadi panduan bagi yang ingin mengasah kemampuan leadership-nya, ataupun bagi yang baru saja akan memulai perjalanan menjadi seorang leader.

Baca juga: Apa Itu Hard Skill? Ini Arti, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Apa Itu Leadership?

Leadership: Definisi, Manfaatnya, & Cara Menjadi Leader yang Baik
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/QozzJpFZ2lg

Leadership atau skill kepemimpinan adalah suatu kemampuan seseorang untuk dapat memengaruhi dan memandu orang lain, suatu kelompok, atau suatu organisasi. Meskipun terlihat sebagai sesuatu yang hanya dimiliki oleh orang yang sudah ahli atau senior, tetapi kemampuan ini tetap bisa didapatkan dan diaplikasikan oleh semua orang, terlepas dari usia, status sosial, pekerjaan, ras, ataupun gender.

Leadership menjadi salah satu soft skill yang paling dicari dalam perusahaan dan selalu berhubungan dengan posisi pemimpin, seperti direktur maupun manajer. Nyatanya, kemampuan ini tidak terbatas di dunia bisnis dan hanya bisa dimiliki serta dilakukan oleh orang-orang dengan posisi pemimpin.

Leadership adalah suatu kemampuan yang universal dan fleksibel serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang dengan leadership yang baik adalah pribadi yang dapat menetapkan visi yang realistis, jelas, dan dapat dicapai.

Seorang leader tidak hanya memandu dan memimpin, tetapi juga harus membuat keputusan yang sulit dan tepat, serta mengakomodasi anggota-anggota lainnya agar bisa bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Biasanya, orang dengan leadership yang mumpuni memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan manajemen yang baik, kreatif, inovatif, pantang menyerah, mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus, tenang, cepat tanggap, adaptif, dan berani mengambil risiko.

Mengapa Leadership Penting?

Leadership: Definisi, Manfaatnya, & Cara Menjadi Leader yang Baik
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/bwki71ap-y8a

Leadership adalah salah satu soft skill yang penting dalam dunia bisnis karena berperan dalam mengatur jalannya suatu perusahaan, membuat keputusan yang tepat, menetapkan tujuan yang jelas beserta tahap-tahap yang diperlukan untuk mencapainya, membantu meningkatkan motivasi dan produktifitas anggota lainnya, serta menyatukan semua orang untuk bisa mencapai target bersama.

Sekilas, leadership adalah suatu skill yang nampaknya hanya diperlukan di dunia bisnis dan digunakan oleh orang-orang dengan posisi managerial. Nyatanya, leadership merupakan kemampuan yang juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan leadership yang baik akan membantumu dalam mengatur dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari secara lebih efektif, serta membantu menyelesaikan konflik dengan baik.

Baca juga: Critical Thinking: Pengertian, Tujuan, Manfaat, & Caranya

Bagaimana Cara Menjadi Leader yang Baik?

Leadership: Definisi, Manfaatnya, & Cara Menjadi Leader yang Baik
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/m0oSTE_MjsI

Serupa dengan kemampuan lainnya, leadership adalah skill yang bisa dilatih dan diasah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi leader yang baik:

  1. Kenali Diri
    Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi leader yang baik adalah memahami apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Dari sana kamu bisa memaksimalkan hal positif yang dimiliki dan menyadari apa saja yang menjadi kelemahanmu atau apa aja yang perlu ditingkatkan lagi.
  2. Kembangkan Sikap yang Positif
    Tetaplah tenang di kala krisis dan cobalah untuk mengatasi permasalahan dengan kepala dingin dan sikap yang positif. Alih-alih panik dan memarahi anggota-anggota lainnya, berikan dukungan dan solusi atau alternatif yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah.
  3. Poles Kemampuan Berkomunikasimu
    Skill berkomunikasi secara efisien dan efektif penting untuk menyokong kemampuan leadership karena ini akan membantumu untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan anggota-anggota lainnya, mendengarkan dan memahami apa saja masukan atau ide dari tiap anggota, serta meminimalisasi miskomunikasi.
  4. Terbuka dengan Perubahan
    Perubahan pasti akan selalu terjadi tiap harinya, jadilah lebih terbuka dengan ide, informasi, dan perspektif yang baru dari anggota-anggotamu. Jangan ragu untuk mempelajari dan mengaplikasikan teknologi-teknologi baru yang dapat membantumu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Anggotamu
    Menjalin hubungan yang baik dengan anggota lainnya tidak hanya sekedar memberikan mereka informasi atau mendengarkan update pekerjaan, tetapi juga menjalin rasa percaya dan keterbukaan, serta memahami kepribadian serta kemampuan tiap anggota. Nantinya, kamu akan menjadi lebih mudah untuk mendelegasikan pekerjaan yang tepat ke tiap anggota.
  6. Jadilah Role Model yang Baik
    Seorang leader harus memberikan contoh yang baik untuk para anggotanya. Selain meningkatkan respect para anggota terhadapmu, secara tidak langsung, kamu juga mengajarkan nilai-nilai positif yang ingin kamu tanamkan ke anggota lainnya.

    Kalau salah, akui dan bertanggung jawablah atas kesalahan yang telah dilakukan. Ini akan memperlihatkan ke anggota lainnya kalau tiap kesalahan atau pekerjaan harus dipertanggungjawabkan.
  7. Buat Keputusan yang Tepat
    Jangan terburu-buru membuat keputusan, pikirkanlah terlebih dahulu tiap risiko dari semua pilihan yang tersedia. Dengarkanlah apa saja saran dan pendapat para anggotamu sebelum mengambil keputusan yang terbaik.
  8. Dukung dan Motivasi Anggotamu
    Motivasi anggotamu untuk selalu mencapai yang terbaik dan dukung mereka untuk mengasah kemampuannya. Ini akan mempererat ikatanmu dengan anggota-anggotamu dan meningkatkan motivasi kerjanya.
  9. Selalu Asah Diri
    Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang, begitupun juga teori-teori dan teknik-teknik leadership. Tidak ada salahnya mengasah kemampuan leadership-mu melalui seminar, workshop, ataupun training tertentu.

Ingin tahu lebih banyak tips dan trik mengenai pengembangan diri? Ayo bergabung dalam grup Telegram Dear Senja! Kamu bisa saling sharing dan mengetahui informasi-informasi faktual seputar psikologi dan kesehatan mental. Mulai join di sini!

Referensi

Indeed. (2023). How To Be a Good Leader (With Tips and Examples). www.indeed(dot)com

University of the People. Why Leadership is Important for a Great Life. www.uopeople(dot)edu

TechTarget. (2023). Leadership. www.techtarget(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp