Mental Illness Adalah Gangguan Kesehatan Mental? Yuk Kenali Penjelasan dan Ciri-Cirinya!
Yuk Share!

Mental disorder atau mental illness adalah istilah yang sering dibahas tapi jarang dianggap serius. Masih banyak orang yang merasa kalau kesehatan fisik jauh lebih penting daripada kesehatan mental, padahal keduanya sama pentingnya.

Mental illness yang tidak disadari dan segera diatasi dapat menjadi semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari atau bahkan berpotensi mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu mental illness dan apa saja ciri-ciri serta macam-macam mental illness.

Apa Itu Mental Illness?

Mental Illness Adalah Gangguan Kesehatan Mental? Ini Cirinya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/3sn9MUlx2ZE

Mental disorder atau mental illness adalah gangguan pada kondisi kesehatan mental yang meliputi masalah pada aspek pemikiran, perilaku, dan emosi. Penderita mental illness akan mengalami beberapa gejala yang mampu menghambat kemampuan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Mental illness dapat menganggu kinerja penderitanya dan menyebabkan masalah pada relasi dengan orang sekitarnya. Meskipun tidak dapat disembuhkan, tetapi gejala dari gangguan kondisi kesehatan mental masih dapat ditanggulangi agar penderitanya dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara normal.

Serupa dengan masalah kesehatan fisik, memiliki mental illness bukanlah sesuatu yang memalukan. Mental disorder dapat dialami oleh semua orang serta dapat muncul di usia berapapun.

Ada banyak hal yang bisa memicu seseorang mengalami mental illness, seperti faktor genetik, adanya masalah pada saraf, ketidakseimbangan senyawa kimia di otak, terpapar zat beracun saat masih janin, faktor pola asuh keluarga, konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu secara berlebih, dan lingkungan sosial.

Sampai saat ini belum ada cara yang pasti untuk mencegah mental illness, tapi kalau kamu memiliki masalah pada kondisi kesehatan mental, kamu dapat mencegah kemunculan gejala mental disorder dengan mengenali ciri-cirinya, menerapkan self-care, dan memahami serta menghindari hal-hal yang bisa memicu kambuhnya mental illness.

Baca juga: Gangguan Disosiatif: Defenisi, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Mental Illness

Mental Illness Adalah Gangguan Kesehatan Mental? Ini Cirinya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/T9THJMIIMPM

Sama seperti masalah pada kesehatan fisik, terdapat ciri-ciri atau gejala yang bisa terlihat jika seseorang mengalami mental illness. Sebenarnya ciri-ciri mental illness bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis mental disorder yang dialami. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari mental illness:

  • Merasa bersalah, marah, cemas, takut, atau sedih yang berkepanjangan dan berlebih
  • Kesulitan berpikir, berkonsentrasi, atau memahami orang lain atau situasi sekitar
  • Suasana hati yang cepat berganti-ganti
  • Menarik diri secara sosial atau dari aktivitas-aktivitas yang dulu sering dilakukan
  • Tidak mampu mengatasi stres sehari-hari
  • Merasa lelah dan tidak berenergi
  • Mengalami delusi, paranoia, atau halusinasi
  • Adanya perubahan pada pola makan, pola tidur, atau hasrat seksual yang sangat terlihat
  • Ada pemikiran atau percobaan untuk bunuh diri
  • Berperilaku kasar atau membahayakan diri sendiri atau orang lain
  • Memiliki ketergantungan pada alkohol atau obat-obatan tertentu
  • Mengalami gangguan fisik dengan penyebab yang tidak jelas, seperti sakit kepala, nyeri punggung, atau sakit perut

Meskipun kamu memiliki satu atau lebih ciri-ciri mental illness di atas, kamu tetap perlu mengunjungi tenaga profesional untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Jangan melabel diri sendiri tanpa adanya diagnosis dari tenaga ahli.

Sebelum memberikan diagnosis, tenaga profesional dapat memintamu untuk menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk memastikan kalau ciri-ciri mental illness yang kamu alami bukan karena masalah fisik tapi mental.

Apa Saja Macam-Macam Mental Illness?

Mental Illness Adalah Gangguan Kesehatan Mental? Ini Cirinya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/L7JGC_bgWyU

Depresi, bipolar, dan gangguan kecemasan merupakan mental disorder yang paling sering dibahas. Namun, sebenarnya mental illness adalah gangguan mental yang ada beragam jenisnya. Berikut adalah tiga macam mental illness:

  • Gangguan Kecemasan
    Gangguan kecemasan merupakan mental illness yang paling umum ditemui dan ditandai dengan rasa takut atau cemas yang berlebih terhadap benda atau situasi tertentu. Penderita jenis mental illness ini akan menghindari hal-hal yang memicu rasa cemas atau takutnya.

    Gangguan kecemasan sosial, OCD, fobia, dan serangan panik adalah beberapa contoh dari mental illness jenis gangguan kecemasan.
  • Gangguan Skizofrenia
    Gangguan skizofrenia adalah jenis mental illness yang kompleks karena memiliki banyak karakteristik dengan ciri utama gejala psikosis berupa halusinasi, delusi, atau pemikiran yang kacau. Penderita gangguan skizofrenia akan kesulitan dalam memproses informasi luar. Mental disorder ini dapat muncul di kisaran usia 16-30 tahun.
  • Gangguan Suasana Hati
    Gangguan suasana hati atau mood ditandai dengan adanya perubahan suasana hati yang ekstrim. Orang yang mengalami jenis mental illness berupa gangguan suasana hati dapat merasa sangat senang atau sangat sedih secara bergantian atau dalam jangka waktu yang panjang. Contoh dari jenis mental disorder ini adalah depresi dan bipolar.

Baca juga: Merasa Tidak Layak Dicintai? Terapkan 10 Cara Menghargai Diri!

Bagaimana Mental Illness Diatasi?

Meskipun mental illness adalah sesuatu yang tidak dapat diobati secara total, tapi penderitanya masih bisa beraktivitas secara normal dengan mengatasi gejala-gejala yang muncul.

Untuk menanggulanginya, tenaga profesional dapat merekomendasikan pemakaian obat-obatan khusus, psikoterapi, atau kombinasi keduanya. Penanganan mental illness tentunya sangat bergantung dari jenis mental disorder yang diderita dan tingkat keparahannya.

Jika kamu mengalami mental illness tertentu, tenaga ahli juga akan menyarankanmu untuk mengganti gaya hidup dengan menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan fisik dan menerapkan metode-metode relaksasi seperti mindfullness, teknik pernapasan, ataupun meditasi.

Jangan malu untuk mengunjungi psikolog, psikiater, konselor, ataupun terapi apabila kamu merasa memiliki ciri-ciri mental illness supaya kamu dapat mengikuti pemeriksaan yang akurat dan penanganan yang sesuai.

Referensi

APA. (2018). What Is Mental Illness?. www.psychiatry(dot)org

Mayo Clinic. (2019). Mental Illness. www.mayoclinic(dot)org

Medical News Today. (2022). What Is Mental Health?. www.medicalnewstoday(dot)com

NHS. (2019). Symptoms – Psychosis. www.nhs(dot)uk

WHO. (2022). Mental Disorders. www.who(dot)int


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp