Merasa Tidak Layak Dicintai? Terapkan 10 Cara Menghargai Diri!
Yuk Share!

Bagi segelintir orang, bukanlah hal yang mudah untuk menerima segala kekurangan, kesalahan, dan masa lalu diri sendiri. Kadangkala ini dapat membuatmu merasa tidak layak untuk dicintai dan merasa diri rendah serta tidak berharga.

Tentunya ini adalah suatu pemikiran negatif yang kurang tepat dan dapat berdampak pada bagaimana kamu mempersepsikan dunia dan bagaimana kamu berperilaku. Untungnya, langkah pertama untuk berubah menjadi lebih baik adalah menyadari bahwa apa yang kamu pikirkan adalah sesuatu yang perlu diperbaiki.

Mencintai atau menghargai diri tidak hanya bermanfaat untuk dirimu tapi juga dapat membuatmu menjadi lebih bersemangat dalam meraih impian dan mencapai kesuksesan hidup.

Kalau kamu sedang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menghargai diri sendiri, maka kamu berada di tempat yang tepat! Kamu bisa mencoba beberapa tips cara menghargai diri sendiri di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

  • Luangkan Waktu untuk Refleksi Diri
    Salah satu cara utama untuk menghargai diri sendiri adalah dengan memahami apa yang kamu inginkan, butuhkan, rasakan, dan pikirkan. Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan waktu untuk dirimu agar bisa mengenal dan memahami diri melalui refleksi diri.

    Refleksi diri juga dapat menjadi ajang bagimu untuk merasakan tiap emosi yang kamu rasakan. Kamu tidak perlu menekan atau menghindari tiap emosi tersebut. Terima dan kelola emosi negatif ataupun positif yang kamu alami secara sehat, seperti dengan journaling atau menghasilkan suatu karya seni.
  • Prioritaskan Dirimu
    Sudah saatnya kamu berhenti menjadikan orang lain sebagai prioritas hidupmu karena pada akhirnya kamulah yang akan menjalani kehidupan.

    Kamu tidak perlu terus-menerus memuaskan orang lain. Tidak ada yang salah dengan menolak ajakan atau permintaan bantuan temanmu saat kamu memang tidak mampu. Prioritaskan kebutuhan mental dan fisikmu terlebih dahulu baru orang lain.
  • Jangan Menghukum Dirimu Sendiri
    Terkadang diri kita sendiri adalah kritikus yang paling brutal. Rasanya membuat kesalahan adalah sesuatu yang tidak dapat ditoleransi. Pada akhirnya, setiap kamu melakukan suatu kesalahan, kamu akan mulai menghukum dirimu.

    Padahal, membuat kesalahan adalah sesuatu yang sangat manusiawi dan tidak terelakkan. Berhenti mengkritik dan mengejek dirimu ketika kamu tidak mampu mencapai target atau membuat kesalahan. Maafkan dan ingatkan dirimu kalau tidak ada manusia yang sempurna.

    Kesalahan dan kekurangan ada sebagai pelajaran untuk mendorongmu menjadi manusia yang lebih baik ke depannya. Dia ada sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan bukan untuk menghukummu.

    Kamu juga tidak perlu mengikuti standar sosial dari orang sekitarmu. Mulailah membuat standarmu sendiri alih-alih terus menerus harus mengikuti opini orang lain yang belum tentu baik untukmu.
  • Apresiasi Hal-Hal Kecil
    Mensyukuri hal-hal kecil dapat membuatmu lebih menghargai hidup dan membantumu menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil, seperti indahnya langit pagi atau kelezatan hidangan makan malammu.

    Tidak hanya hal-hal kecil, kamu juga harus belajar untuk mengapresiasi tiap pencapaian kecil maupun besar yang telah kamu raih. Hargai tiap usaha yang kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang baik tiap harinya.
  • Utarakan Apa yang Ada di Pikiranmu
    Jangan terlalu terpatok dengan apa yang orang lain pikirkan. Kamu juga memiliki pendapatmu sendiri yang tidak perlu kamu pendam. Katakan saja dengan lantang apa opinimu pada orang lain. Hargailah setiap pemikiran dan pendapatmu.
  • Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain
    Tiap orang memiliki jalan dan proses kehidupannya masing-masing. Kamu tidak dapat membandingkan pencapaian atau cerita orang lain dengan dirimu lalu merasa kamu gagal atau tidak berharga.

    Pada dasarnya, kamu tidak tahu apa yang telah orang tersebut lalui untuk bisa mencapai titik tersebut karena apa yang nampak dari luar sempurna tidak selamanya baik.

    Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghargai diri sendiri adalah dengan mulai berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain dan fokuslah dengan perkembangan dirimu.
  • Manfaatkan Tiap Kesempatan Baik yang Datang
    Jangan menahan dirimu karena rasa takut. Mulailah raih tiap kesempatan baik yang muncul di hidupmu untuk bisa menggapai impian serta tujuan hidupmu. Membiarkan dirimu mencapai cita-citamu adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri.
  • Fokus ke Apa yang Kamu Butuhkan
    Alih-alih bertindak sesuai dengan yang kamu inginkan, mulailah fokus ke apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Terkadang tidak semua hal perlu kamu pikirkan dan lakukan. Kamu harus mulai belajar memprioritaskan apa yang kamu butuhkan.
  • Mengevaluasi Social Circle
    Tidak dapat dipungkiri kalau terkadang ada beberapa orang yang memang hanya akan memberikan dampak atau pengaruh buruk untuk dirimu. Melepaskan orang-orang tersebut dapat menjadi cara awal untuk menghargai diri sendiri.

    Kamu tidak perlu menemani ataupun menanggapi orang-orang tersebut karena kamu bertanggung jawab terhadap kesehatan mental dan fisik dirimu, serta terhadap dirimu di masa yang akan datang.
  • Terapkan Pola Hidup Sehat dan Positif
    Kalau sebelumnya kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang merusak tubuh atau menganggu psikis, maka sudah saatnya kamu berhenti dan mulai merombak pola hidupmu.

    Mulailah dengan hal kecil, seperti menjaga kebersihan tubuh dan mengonsumsi makanan yang sehat. Terapkan juga pola pikir kalau kamu melakukan kebiasaan atau berbagai cara pola hidup sehat tersebut bukan karena suatu keharusan tapi karena kamu memang ingin menghargai serta mencintai diri sendiri.

Baca juga: Apa Itu Circle Pertemanan? Berikut Penjelasan dan Tips Menjaga Circle Pertemanan yang Baik

Setelah mengetahui bagaimana cara menghargai diri sendiri, maka tahapan berikutnya adalah mengaplikasikannya. Kamu tidak perlu buru-buru atau merasa tertekan untuk langsung harus mencintai diri karena menghargai diri sendiri adalah suatu proses yang membutuhkan waktu dan akan terus dilakukan seumur hidup.

Apabila kamu memiliki kesulitan untuk memahami apa yang menjadi penyebab kamu tidak mencintai atau menghargai diri sendiri, maka kamu dapat meminta bantuan profesional untuk bisa memahami dirimu sendiri, terutama jika kamu merasa masalah ini sudah menganggu kehidupan sehari-harimu.

Referensi

Brain & Behavior Research Foundation. (2020). Self-Love and What It Means. www.bbrfoundation(dot)org

Healthline. (2018). 13 Steps to Achieving Total Self-Love. www.healthline(dot)com

Psychology Today. (2021). How to Love Yourself More. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp