Tips & Cara Berbahagia dan Hidup Tenang Tanpa Beban
Yuk Share!

Menjadi bahagia adalah tujuan utama sebagain besar orang di dunia ini. Setiap hari manusia bekerja untuk bisa bertahan hidup dan membeli aneka macam barang ataupun pengalaman yang dapat membuatnya bahagia.

Sayangnya, hidup bahagia dan tenang bukanlah sesuatu yang hanya terikat oleh hal-hal bersifat material, jadi wajar saja kalau masih banyak orang yang tetap merasa tidak bahagia dan tidak tenang meskipun sudah memiliki banyak uang atau telah mendapatkan hal-hal yang diinginkan. Lantas, bagaimana cara menjadi bahagia?

Baca juga: Apa Itu Burnout Syndrome: Defenisi, Ciri, dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Kebahagiaan?

9 Tips & Cara Berbahagia dan Hidup Tenang Tanpa Beban
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/noydSJIWMSg

Sebelum menelaah apa saja tips dan cara hidup bahagia, kamu perlu tahu dulu apa itu kebahagiaan. Sebenarnya, definisi kebahagiaan sangat luas dan beragam.

Secara garis besar, kebahagiaan adalah suatu emosi positif yang dapat meningkatkan kepuasaan hidup seseorang.

Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang bersifat sementara atau hanya euforia belaka tapi merupakan suatu perasaan positif yang tetap muncul meskipun kita diperhadapkan dengan berbagai masalah ataupun dalam kondisi yang sulit.

Baca juga: Sedang Galau? Coba 11 Cara Menghilangkan Stress di Pikiran Ini!

9 Tips dan Cara Hidup Bahagia

9 Tips & Cara Berbahagia dan Hidup Tenang Tanpa Beban
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/aK4iPNYipnU

Kamu tidak perlu bertapa atau bermeditasi di alam bebas untuk bisa merasa bahagia karena kamu bisa melakukan beberapa tips dan cara untuk hidup bahagia dan tenang secara konkrit dan dari rumah!

  1. Fokus ke Masa Sekarang
    Masa depan adalah sesuatu yang penuh ketidakpastian, apa yang sudah direncanakan belum tentu bisa sesuai harapan. Wajar saja kalau kamu bisa terlarut dan terlalu menganalisis masa depan sampai merasa cemas dan lupa untuk menikmati masa kini.

    Cobalah untuk mengganti fokusmu dari yang terus-menerus memikirkan masa depan ke menelusuri masa sekarang dan menikmati tiap momen kecil dalam hidupmu.
  2. Patahkan Pemikiran Negatif
    Pemikiran-pemikiran negatif dapat memicu rasa cemas dan ketakutan yang belum tentu benar. Ketika ada pikiran-pikiran negatif yang muncul, telusuri apa yang memicu pemikiran tersebut dan lihatlah keadaaan yang kamu alami dari sisi negatif maupun positif. Jangan selalu merasa kalau segalanya akan berakhir buruk.
  3. Cari Motivasi Intrinsik dan Tujuan Hidup
    Salah satu hal yang membuat hidup terasa hambar adalah tidak adanya tujuan hidup yang ingin diraih dan motivasi dari dalam diri untuk mencapainya. Motivasi ekstrinsik atau yang bersifat material biasanya tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

    Kamu bisa mulai mengeksplorasi apa saja hal-hal yang memotivasimu secara intrinsik, misalnya keinginan untuk membantu sesama atau keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  4. Bersosialisasi
    Berkumpul bersama teman dan kerabat terdekat dapat mengurangi stres dan meningkatkan rasa bahagia. Saat bersosialisasi, kamu bisa curcol, mendapatkan perspektif yang baru, dan memperkuat ikatan pertemananmu.
  5. Buat Gratitude Journal
    Mengingat dan merenungkan hal-hal baik yang terjadi di hidupmu dapat membantu meningkatkan rasa bahagia. Kamu bisa menuliskan hal-hal besar ataupun kecil yang kamu syukuri dalam sebuah buku diary atau jurnal selama beberapa menit sebelum tidur.
  6. Berolahraga
    Berolahraga tidak hanya baik untuk tubuh tapi juga mental. Berolahraga ditemukan bisa mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Kamu bisa meluangkan waktu 10-30 menit sehari untuk berolahraga.
  7. Coba Hal-hal Baru yang Menginspirasi dan Disukai
    Eksplorasi hal-hal baru untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kepuasan dirimu. Pengalaman-pengalaman baru yang menyenangkan dapat menurunkan stres dan membantumu untuk menikmati momen di masa kini.
  8. Berjalan-jalan di Alam Terbuka
    Berjalan-jalan di alam terbuka tidak hanya menenangkan tapi juga dapat meningkatkan suasana hati dan rasa bahagia. Kamu bisa berjalan di taman dan menikmati sinar mentari yang hangat dan angin yang sepoi-sepoi.
  9. Kelola Stres
    Stres adalah sesuatu yang tidak akan bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, tapi kamu bisa mengelola stres yang kamu rasakan agar tidak memuncak. Terapkanlah teknik relaksasi, seperti metode pernapasan, meditasi, atau yoga.

Layaknya membentuk tubuh yang proporsional, tips dan cara berbahagia dan tenang di atas tentunya perlu dilakukan secara konsisten karena kebahagiaan bukanlah tujuan akhir tapi sebuah proses yang dilakukan seumur hidup.

Kalau sedang mencari komunitas sosial untuk berbagi cerita dan sharing mengenai kesehatan mental dan tips pengembangan diri, kamu bisa bergabung di grup Telegram Dear Senja! Join di sini.

Referensi

NHS. (2022). How to be happier. www.nhs(dot)uk

Verywell Mind. (2021). How to Make Yourself Happy. www.verywellmind(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Is Happiness?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp