Apa Itu Canggung? Yuk Simak Penjelasan dan 8 Tips Cara Mengatasinya
Yuk Share!

Manusia adalah makhluk sosial yang pasti akan selalu berinteraksi dengan satu sama lainnya. Tak jarang komunikasi dengan orang lain, khususnya jika kamu baru berkenalan dengan orang baru, berjalan kurang mulus dan membuat keadaan terasa canggung.

Kalau sudah demikian, interaksi dengan satu sama lainnya akan terasa kaku dan kurang nyaman. Namun, tidak semua orang dapat merasakan kondisi canggung dan malahan masih belum memahami apa itu canggung atau yang sering disebut ‘awkward‘.

Rasa canggung sebenarnya adalah sesuatu yang normal untuk dirasakan, terutama kalau kamu belum familiar dengan situasi atau orang di sekitarmu. Cek artikel ini untuk tahu lebih lanjut apa itu canggung dan bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan rasa canggung!

Apa Itu Canggung?

Apa Itu Canggung? Simak Penjelasan dan 8 Tips Cara Mengatasinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/VZILDYoqn_U

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), canggung adalah suatu kata yang memiliki banyak arti. Namun, di situasi sosial, canggung merujuk pada perasaan kaku, kikuk, dan tidak senang.

Rasa canggung adalah sesuatu yang biasanya dirasakan ketika kamu berhadap dengan situasi atau orang-orang baru yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada dirimu.

Kamu juga dapat merasa canggung ketika situasi tersebut membuat semua fokus mengarah ke dirimu atau ketika situasi tersebut tidak sesuai dengan norma sosial yang ada, misalnya melontarkan lelucon di acara pemakaman.

Pada dasarnya, rasa canggung muncul ketika persepsimu terhadap seseorang atau situasi tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayanganmu. Emosi ini mengajarkanmu untuk menjadi lebih peka dengan situasi sosial supaya kamu bisa berbaur dengan orang lain dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Akan tetapi, ada kalanya kamu selalu merasa canggung saat berinteraksi secara sosial yang dapat membuatmu dan lawan bicara merasa tidak nyaman. Ini akan membuatmu merasa cemas atau bahkan takut dan akhirnya kamu akan menghindari situasi sosial yang bisa memicu rasa canggung, seperti berbicara dengan teman atau berkencan.

Setelah memahami apa itu rasa canggung, kamu pastinya sudah mengerti kalau rasa canggung adalah sesuatu yang akan terus ada. Namun, kamu tidak boleh menjadikannya alasan untuk menghindari interaksi sosial dan menjadi tertutup dengan pengalaman baru.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Bagaimana Cara Mengatasi atau Menghilangkan Rasa Canggung?

Apa Itu Canggung? Simak Penjelasan dan 8 Tips Cara Mengatasinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/sibVwORYqs0

Mengetahui apa itu perasaan canggung tidak akan membuatmu serta merta dapat mengatasi atau menghilangkan rasa canggung tersebut, terutama kalau kamu sering mengalami emosi tersebut yang membuatmu dan orang lain merasa tidak enak.

Jangan bersedih dulu karena ada beberapa tips untuk menghilangkan atau mengatasi rasa canggung yang dapat kamu coba!

  1. Pangkas Pikiran Negatif
    Rasa canggung adalah suatu emosi yang dapat membuatmu merasa malu. Seringkali kamu akan terus mengingat hal-hal yang telah kamu lakukan yang memicu situasi awkward tersebut.

    Sayangnya, semakin kamu memusatkan perhatianmu ke detil kecil tersebut semakin banyak pemikiran negatif yang muncul. Kamu akan mulai mengkritik dirimu mengenai sesuatu yang sudah berlalu.

    Coba tanyakan ke dirimu, apakah situasi canggung tersebut akan mengacaukan hidupmu atau memicu kiamat. Tentu jawabannya tidak! Pada dasarnya situasi yang tidak mengenakkan hanyalah suatu memori yang sudah terjadi dan tidak akan menjadi akhir hidupmu.
  2. Rasa Canggung Itu Normal
    Selalu ingatkan dirimu kalau perasaan canggung adalah sesuatu yang manusiawi dan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu dapat mengganti persepsimu mengenai situasi canggung tersebut dengan menerimanya sebagai sesuatu yang normal.
  3. Fokus di Masa Sekarang
    Hindari terlalu terpatok dengan perasaan canggung tersebut dan mulai alihkan perhatianmu ke sensasi-sensasi di masa sekarang. Kamu dapat fokus ke minuman atau makanan yang kamu kecap, sensasi kursi yang empuk, atau sinar mentari yang menghangatkan kulit.
  4. Hadapi Rasa Canggung
    Alih-alih menghindari atau bahkan meninggalkan situasi yang membuatmu canggung, kamu dapat memberanikan dirimu untuk merasakan atau bahkan memberitahu lawan bicaramu mengenai betapa canggungnya situasi yang sedang kalian alami.

    Biasanya, kalau kamu merasa canggung, maka lawan bicaramu juga merasa demikian. Mengakui situasi canggung terkadang dapat mencairkan suasana dan mengurangi rasa cemas dibandingkan kamu memendam atau menghindari rasa canggung tersebut.

    Lama kelamaan kamu akan makin terbiasa dan makin paham bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan rasa canggung yang muncul.
  5. Latihan Berkomunikasi dengan Orang Lain
    Ungkapan ‘practice makes perfect‘ sesuai dengan tips cara menghilangkan atau mengatasi rasa canggung ini. Semakin sering kamu mencoba berbicara dengan orang lain, semakin kamu akan terbiasa dengan rasa canggung yang kamu alami.

    Ada banyak strategi berkomunikasi yang bisa kamu terapkan untuk menanggulangi rasa canggung, seperti fokus ke satu topik tertentu yang menarik untuk lawan bicara serta belajar untuk berempati dan mendengarkan orang lain.
  6. Bersikap Ramah
    Rasa canggung dapat membuatmu terlihat lebih kaku dan tidak ramah. Hal ini justru dapat membuat situasi sosial terasa lebih canggung lagi. Oleh karena itu, saat kamu merasa canggung, cobalah untuk menjadi lebih terbuka dan ramah, contohnya kamu bisa menawarkan minuman atau makanan ke lawan bicaramu.
  7. Jangan Terlalu Terpatok dengan Standar Orang Lain
    Salah satu hal yang dapat membuatmu mudah merasa canggung atau awkward adalah karena kamu terlalu fokus ke standar-standar sosial yang ada. Cobalah untuk tidak memikirkan apakah situasi atau perilakumu sudah sesuai dengan norma yang ada atau tidak.

    Ekspresikan dirimu senyamannya sesuai dengan standar dirimu daripada mengikuti apa yang orang lain inginkan.
  8. Gunakan Humor
    Humor selalu menjadi cara jitu untuk mencairkan suasana. Kamu bisa mengubah rasa canggung itu menjadi suatu lelucon. Misalnya, kamu dapat mengakui rasa canggung tersebut dan mengemasnya sebagai candaan.

Baca juga: Apa itu People Pleaser? Ini Definisi, Ciri & Tips Cara Berhentinya dalam Psikologi

Rasa canggung adalah sesuatu yang wajar dan meskipun sudah memahami apa itu rasa canggung atau perasaan awkward, kebanyakan orang masih belum terbiasa menghadapinya.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam mengelola dan mengatasi rasa canggung tersebut sampai menganggu aktivitas sehari-harimu, maka kamu dapat mencoba mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, konselor, terapis, atau psikiater.

Referensi

Healthline. (2019). The Ups and Downs of Being Socially Awkward. www.healthline(dot)com

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Canggung. www.kbbi.web(dot)id

Psychology Today. (2020). How to Manage Social Awkwardness. www.psychologytoday(dot)com

U.S. News. (2015). The Science of Awkwardness. www.health.usnews(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp