September 21, 2023
Apa Itu Kecerdasan Emosional? Berikut Definisinya Menurut Para Ahli
Yuk Share!

Saat membahas mengenai kecerdasan, yang pertama kali terpikirkan adalah kecerdasan IQ atau berhitung secara matematis. Padahal, selain kecerdasan logika dan IQ, masih ada satu lagi jenis kecerdasan yang tak kalah pentingnya, yaitu kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional sekilas terdengar sebagai sesuatu yang abstrak dan tidak dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, faktanya orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi lebih dapat memahami orang lain dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Nah, penasaran apa itu kecerdasan emosional dan apa saja manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Cari tahu selengkapnya melalui artikel ini!

Baca juga: Kecerdasan Interpersonal: Definisi, Ciri, dan Contoh Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli

Apa Itu Kecerdasan Emosional?

Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/UOavP_Z38lE

Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan seseorang dalam menangkap, mengidentifikasi, memahami, mengekspresikan, meresponi, serta menangani emosi dirinya dan orang lain. Kecerdasan emosional berperan penting dalam interaksi sosial sehari-hari.

Konsep kecerdasan emosional dicetuskan oleh John D. Mayer dan Peter Salovey pada tahun 1990an. Namun, istilah ini menjadi populer berkat Daniel Goleman yang menuliskan buku mengenai kecerdasan emosional dengan judul ‘Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ’.

Secara garis besar, terdapat empat komponen dalam kecerdasan emosional, yaitu:

  • Menangkap Emosi
    Aspek pertama dan yang paling mendasar dalam kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menangkap dan mengidentifikasi emosi diri sendiri ataupun orang lain. Untuk mengetahui apa yang dirasakan orang lain, seseorang harus jeli dalam memperhatikan gerakan non-verbal atau bahasa tubuh seseorang.
  • Menyeimbangkan Emosi dan Pikiran
    Kemampuan berikutnya adalah memakai emosi untuk memecahkan masalah atau memprioritaskan tugas-tugas yang perlu dilakukan.
  • Memahami Emosi
    Nah, setelah sudah mengetahui emosi yang dirasakan, maka langkah berikutnya adalah memahami emosi yang dirasakan, seperti mencari tahu pemicu dari emosi tersebut.
  • Mengatur Emosi
    Kemampuan untuk meregulasi emosi adalah aspek yang cukup penting dan paling kompleks dalam kecerdasan emosional. Tidak hanya mengatur emosi, aspek ini juga mencakup bagaimana kamu meresponi emosi yang dirasakan oleh dirimu ataupun orang lain.

Meskipun masih ada beberapa peneliti meyakini kalau kecerdasan emosional adalah sesuatu yang tidak dapat diukur, tetapi untuk saat ini ada dua macam tes yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional, seperti Emotional and Social Competence Inventory (ESCI) dan Mayer-Salovey-Caruso Emotional Intelligence Test (MSCEIT).

Seberapa Penting Kecerdasan Emosional?

Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/QJ1j4HOdNtI

Kecerdasan emosional tak kalah penting dengan kecerdasan IQ ataupun logika karena kecerdasan ini berdampak besar dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari aspek pekerjaan sampai sosial.

Memiliki kecerdasan emosional yang baik dapat membantumu membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain. Tidak hanya itu, kecerdasan emosional yang baik juga bisa membantumu tetap tenang dalam menghadapi situasi yang sulit, memelihara kesehatan mental, dan tidak cepat tersulut emosi.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri? Berikut Ini 9 Tipsnya!

Contoh Kecerdasan Emosional

Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/63YVMrL2d6g

Selayaknya jenis-jenis kecerdasan lainnya, kecerdasan emosional juga ada banyak contohnya. Berikut adalah beberapa contoh dari kecerdasan emosional:

  • Bisa mengatur dan memahami emosi diri sendiri ataupun orang lain
  • Dapat membantu orang mengerti emosi mereka
  • Mampu mengaplikasikan emosi secara benar untuk menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
  • Mengetahui dengan jelas apa saja kelebihan dan kekurangan dalam dirinya
  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  • Bisa menerima diri dan membangun kepercayaan diri secara sehat
  • Mampu memaafkan diri dan orang lain
  • Dapat berempati dengan orang lain
  • Sensitif dengan perasaan orang lain
  • Bisa mengatur emosi dalam situasi yang sulit
  • Bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional?

Apa Itu Kecerdasan Emosional? Ini Definisinya Menurut Para Ahli
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/Hr6dzqNLzhw

Beberapa orang memang dilahirkan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, tapi untungnya, kecerdasan emosional bukanlah sesuatu yang tidak bisa diasah, kamu dapat mulai meningkatkan kecerdasan emosional dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Refleksi Diri
    Luangkan waktu sejenak untuk memahami dirimu dan menelaah kembali keseharianmu. Melalui refleksi diri, kamu akan menjadi lebih aware dengan apa yang kamu rasakan, kelebihan, serta kekuranganmu.

    Tidak hanya itu, kamu juga bisa merefleksikan kembali apa yang teman atau keluargamu bicarakan serta rasakan untuk bisa lebih memahami apa sebenarnya yang mereka rasakan.
  • Fokus Mendengarkan
    Tentunya untuk bisa mengetahui dan memahami apa yang orang lain rasakan, kamu perlu memperhatikan apa yang orang lain sampaikan. Berikanlah waktu untuk lawan bicaramu menyelesaikan apa yang mereka ingin sampaikan.

    Jangan hanya fokus pada apa yang mereka sampaikan secara verbal tapi juga perhatikan gerakan non-verbal mereka, seperti mimik wajah dan gerak-gerik tubuh.
  • Coba Berempati
    Saat kamu sedang mendengarkan apa yang teman atau orang lain sampaikan, cobalah untuk berempati dengan apa yang mereka sedang lalui atau rasakan. Kamu bisa mencoba menempatkan dirimu di posisi mereka dengan berimajinasi seandainya kamu adalah lawan bicaramu.
  • Jangan Langsung Bertindak
    Jika kamu sedang diliputi dengan emosi negatif yang kuat, seperti rasa sedih, kecewa, ataupun marah, jangan langsung bertindak sesuai dengan emosi yang kamu rasakan. Beri jeda untuk menenangkan diri supaya kamu bisa memproses dan mengatur gejolak emosi yang kamu alami.

Jika kamu ingin tahu mengenai tingkat kecerdasan emosionalmu atau memiliki kesulitan untuk memahami emosi, kamu bisa mengunjungi tenaga ahli, seperti konselor, psikolog, psikiater, ataupun konselor.

Ingin tahu lebih banyak tentang kecerdasan emosional? Dapatkan lebih banyak informasi mengenai kesehatan mental di grup Telegram Dear Senja! Klik link ini untuk bergabung di grup Telegram Dear Senja.

Referensi

HelpGuide. (2022). Improving Emotional Intelligence (EQ). www.helpguide(dot)org

Psychology Today. (n.d.). Emotional Intelligence. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Is Emotional Intelligence?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp