Apa Itu Law of Attraction? Berikut Penjelasan & Cara Menerapkannya
Yuk Share!

Pernah dengar ungkapan ‘apa yang kamu pikirkan itulah yang akan kamu dapatkan’? Itulah salah satu prinsip dasar dari law of attraction yang dipopulerkan dari buku The Secret karya Rondha Byrne. Law of attraction adalah sebuah filosofi yang sebenarnya masih menjadi perdebatan dan belum terbukti secara ilmiah.

Meskipun demikian, banyak orang yang mempercayai prinsip ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka serta meyakini bahwa hal-hal baik yang muncul di hidup mereka adalah berkat filosofi ini. Lantas, apa itu law of attraction? Cari tahu selengkapnya melalui artikel ini!

Apa Itu Law of Attraction?

Apa Itu Law of Attraction? Ini Penjelasan & Cara Menerapkannya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/abkEAOjnY0s

Law of attraction adalah sebuah prinsip atau filosofi yang menekankan bahwa pikiran-pikiran positif dapat menarik hal-hal yang positif juga dan demikian sebaliknya.

Penganut law of attraction percaya bahwa pikiran yang positif akan memberikan hasil yang positif pula. Oleh karena itu, menghilangkan hal-hal yang negatif dari pikiran kita akan membantu memberikan ruang untuk hal-hal yang baik yang nantinya akan mendatangkan hal positif lainnya.

Law of attraction juga fokus ke mengembangkan apa yang ada di masa sekarang. Alih-alih terpatok pada emosi yang negatif, seperti perasaan sedih atau tidak bahagia, prinsip LOA (law of attraction) menekankanmu untuk mengfokuskan energimu ke hal-hal yang lebih positif.

Salah satu konsep utama dari law of attraction adalah kamulah yang membentuk realita hidupmu. Apa yang kamu pikirkan dan percayai akan membentuk masa depan serta kehidupanmu. Filosofi ini dapat membantumu memandang kehidupan dengan lebih positif.

Meskipun masih belum banyak riset yang mendukung, tapi prinsip law of attraction adalah sebuah filosofi yang dapat memberikan banyak manfaat positif, seperti lebih terbuka dengan berbagai kemungkinan, dan lebih berani mengambil risiko.

Namun, law of attraction adalah sesuatu yang tidak hanya terpatok pada pemikiran, tapi juga memerlukan suatu aksi nyata. Kamu juga perlu memahami apa yang ingin kamu raih, beserta tantangan yang akan dihadapi saat mencapai tujuanmu. Kamu juga harus bisa berkomitmen dan tetap termotivasi dalam perjalanan untuk mencapai tujuanmu.

Kamu dapat memaksimalkan keuntungan dari law of attraction dengan mencari dukungan sosial yang tepat, terpercaya, dan positif.

Baca juga: Filsafat V.S. Filosofi: Apa Itu Filsafat Menurut Para Ahli & Manfaatnya!

Bagaimana Cara Menerapkan Law of Attraction?

Apa Itu Law of Attraction? Berikut Penjelasan & Cara Menerapkannya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/ImcUkZ72oUs

Meskipun law of attraction sekilas terlihat sulit diterapkan, sebenarnya prinsip law of attraction adalah sesuatu yang dapat dengan mudah dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Coba visualisasi tujuan-tujuan yang ingin kamu raih dan buat perencanaan konkrit untuk merealisasikan targetmu
  • Menyadari dan mengatasi hal-hal negatif yang perlu kamu ubah dalam aspek hidupmu
  • Berikan afirmasi atau kalimat positif ke dirimu, kamu juga bisa menerapkan self-talk
  • Syukuri hal-hal kecil dalam hidup
  • Terima keadaan yang ada dan jangan lupa untuk mepertimbangkan juga sudut pandang yang lebih positif
  • Lakukan journaling dengan menuliskan pemikiran serta perasaanmu, dari sana kamu bisa lebih memahami dan mengenal aspek positif serta negatif dirimu
  • Buat mood board untuk bisa memotivasi diri dan tetap fokus dengan tujuan yang ingin kamu capai

Saat akan menerapkan law of attraction, kamu harus ingat kalau tidak semua hal bisa kamu kendalikan. Ada beberapa hal yang memang di luar kendalimu. Hanya saja, tidak berarti kamu serta merta menyalahkan keadaan dan tidak berusaha untuk mencari solusi yang terbaik.

Meskipun law of attraction hanyalah sebuah filosofi atau prinsip hidup, tapi kamu bisa memakai prinsip ini sebagai alat untuk memantik semangatmu dalam mencapai tujuan.

Selayaknya filosofi atau prinsip hidup lainnya, terdapat beberapa aspek positif dan negatif dari pola pikir ini. Oleh karena itu, aplikasikan dan pilah law of attraction secara benar di aspek kehidupan yang cocok.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Referensi

Psychology Today. (2014). The Law of Attraction Revisited. www.psychologytoday(dot)com

Psychology Today. (2016). The Truth About the Law of Attraction. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Is the Law of Attraction?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp