Sedang Galau? Berikut 11 Cara Menghilangkan Stress Pikiran yang Bisa Kamu Lakukan!
Yuk Share!

Merasa stress merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Hidup tidak mungkin berjalan mulus-mulus saja, pasti akan ada konflik, masalah, ataupun sesuatu yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan. Mulai dari pekerjaan di kantor sampai hubungan romantis, ada banyak hal yang dapat membuat galau dan stress.

Meskipun sesuatu yang lumrah, tapi kamu tetap perlu mengatur tingkat stressmu agar tidak membuatmu penat dan menganggu aktivitas sehari-hari. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress di pikiran.

Supaya kamu tidak penasaran, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan stress serta menenangkan hati dan pikiran untuk diri sendiri:

Baca juga: Bikin Tenang! Ini 7 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia

Sedang Galau? Coba 11 Cara Menghilangkan Stress di Pikiran Ini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/1K9T5YiZ2WU
  1. Batasi Pemakaian Barang Elektronik
    Saat sedang penat, hal pertama yang terpikirkan pastinya scrolling media sosial untuk melihat postpost yang lucu dan menarik di handphone, tablet, ataupun laptop.

    Sayangnya ini adalah cara menghilangkan stress yang kurang tepat. Memandang layar digital dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur dan meningkatkan kadar stress. Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu ingin melihat media sosial, asal jangan terlalu lama sampai berjam-jam.
  2. Berolahraga
    Melakukan aktivitas fisik tidak hanya baik untuk kesehatan dan menjaga berat badan, tapi juga bisa menjadi cara menghilangkan stress serta menenangkan hati dan pikiran. Saat berolahraga, tingkat stress akan berkurang dan mood-mu akan menjadi lebih baik karena tubuh memproduksi hormon endorfin.

    Berolahraga juga dapat membantu mengatasi kesulitan saat tidur dan menurunkan kecemasan. Kamu tidak perlu berolahraga yang berat, aktivitas ringan seperti berjalan-jalan, yoga, ataupun bersepeda sudah cukup membantu mengurangi rasa galaumu.
  3. Berkumpul dengan Orang Terdekat
    Bertemu dengan teman-teman dan keluarga merupakan salah satu cara menghilangkan stress serta mampu menenangkan hati dan pikiran. Kamu akan merasa mendapatkan support secara moral dari mereka dan secara tidak langsung hal tersebut bisa menaikkan mood-mu.

    Tak hanya berkumpul bersama orang terdekat, kamu juga bisa mengikuti komunitas tertentu yang memiliki minat atau hobi yang sama denganmu, atau bahkan berpartisipasi menjadi sukarelawan untuk mengatasi kepenatan pikiranmu.
  4. Luangkan Waktu di Alam Terbuka
    Menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi dan hijaunya tanaman dapat menjadi cara menghilangkan stress sekaligus menenangkan hati dan pikiran. Kamu tidak perlu sampai hiking ataupun camping karena ternyata hanya dengan meluangkan waktu 10 menit saja di alam terbuka, kamu sudah bisa merasakan efeknya.
  5. Bermain Bersama Peliharaan
    Kalau orang-orang terdekat sedang sibuk, kamu bisa mengajak main peliharaanmu sebagai cara menghilangkan stress di pikiran. Menyentuh ataupun memeluk peliharaan memicu tubuhmu untuk mengeluarkan hormon oksitoksin yang mampu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan.
  6. Gunakan Aromaterapi
    Mencium aroma yang wangi dan menenangkan dapat menjadi cara menghilangkan stress di pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks. Kamu bisa memakai lilin ataupun essential oil aromaterapi yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti lavender, mawar, jeruk, atau geranium.
  7. Terapkan Metode Mindfullness
    Teknik mindfullness membantumu untuk bisa fokus ke masa kini alih-alih terus memikirkan hal-hal yang membuat kamu stress. Metode ini mirip dengan meditasi karena dapat membantu memperbaiki suasana hati dan menurunkan tingkat stress serta kecemasan.
  8. Gunakan Teknik Pernapasan
    Serupa dengan metode mindfullness, teknik pernapasan juga sering digunakan sebagai cara untuk menghilangkan stress serta menenangkan hati dan pikiran. Biasanya metode ini melibatkan pernapasan di perut yang membantu memperlambat detak jantung dan membuatmu lebih rileks.
  9. Lakukan Guided Imagery
    Di kala kamu sedang kalut, kamu bisa mencoba membayangkan tempat atau suasana yang membuatmu merasa tenang, misalnya rumah masa kecil, pantai, atau pegunungan.

    Guided imagery tidak hanya sekedar membayangkan tempat atau suasana tersebut tapi juga sensasi saat berada di situasi tersebut. Contohnya, suara kicauan burung di hutan atau hangatnya cahaya mentari di tepi pantai.
  10. Kurangi Konsumsi Kafein, Tembakau, dan Nikotin
    Bagi para pecinta kopi, kamu perlu rehat sejenak dari menyesap minuman berkafein tinggi ini karena zat kafein dapat memperparah perasaan cemas dan stress. Kamu bisa mengganti kopi dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein atau rendah kafein, seperti teh herbal dan air mineral.

    Selain kafein, kamu juga perlu menghindari rokok yang mengandung tembakau dan nikotin karena kedua zat berbahaya ini dapat membuat tubuhmu justru semakin stress.
  11. Latihan Progressive Muscle Relaxation
    Metode relaksasi lain yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan stress serta menenangkan hati dan pikiran adalah teknik progressive muscle relaxation. Sebelum menerapkan latihan ini, carilah tempat dan posisi yang nyaman terlebih dahulu.

    Setelahnya, tutup mata dan tarik napas yang dalam beberapa kali. Besarkan perutmu ketika kamu menarik napas dan kempiskan ketika kamu membuangnya. Kemudian, tegangkan otot di tubuhmu selama kurang lebih lima detik, kamu bisa mulai dari kaki ataupun wajah terlebih dahulu.

    Selanjutnya lemaskan otot selama 30 detik sebelum mengulangi langkah-langkahnya lagi di bagian otot tubuh lainnya.

Baca juga: Apa Itu Self Love dalam Psikologi? Ini Definisi, Contoh, & Caranya

Cara-cara menghilangkan stress di atas juga mampu menenangkan hati dan pikiran. Namun, jika kamu sudah menerapkan cara-cara tersebut tapi masih juga merasa stress atau cemas, maka sangat disarankan untuk dapat berkonsultasi ke tenaga profesional, seperti konselor, psikolog, psikiater, atau terapis.

Referensi

Cleveland Clinic. (2022). 10 Ways You Can Relieve Stress Right Now. www.health.clevelandclinic(dot)org

Cleveland Clinic. (2022). How Guided Imagery Helps You Relax. www.health.clevelandclinic(dot)org

Healthline. (2022). 15 Simple Ways to Relieve Stress. www.healthline(dot)com

WebMD. (2021). Relaxation Techniques: Learn How to Manage Stress. www.webmd(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp