Servant Leadership: Definisi & Cara Jadi Servant Leader yang Baik
Yuk Share!

Leader yang hebat tidak hanya mereka yang berkuasa dan dihormati, tetapi juga mereka yang mampu melayani dengan penuh kasih sayang dan kesadaran akan tanggung jawabnya terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Inilah yang menjadi dasar dari konsep servant leadership.

Dalam artikel ini, Dear Senja akan membahas apa itu servant leadership dan bagaimana caranya menjadi seorang servant leader yang baik agar kamu bisa menjadi seorang pemimpin yang berintegritas, berempati, dan memberikan dampak positif bagi sekitarnya.

Baca juga: Mana Yang Lebih Penting? Ini Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill!

Apa Itu Servant Leader?

Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/S47XBGwRZkc

Servant leader adalah filosofi atau konsep kepemimpinan yang didasari keyakinan kalau leader yang efektif adalah pemimpin yang melayani orang lain dan bukan yang berusaha untuk menguasai atau mengontrol sekitarnya. Gaya kepemimpinan ini tidak hanya bisa diterapkan dalam dunia bisnis tapi juga kehidupan sehari-hari.

Istilah servant leadership pertama kali dicetuskan oleh Robert K. Greenleaf yang merupakan ahli dalam bidang manajemen, ia terinspirasi dari buku ‘Journey to the East’ karya Hermann Hesse. Gaya kepemimpinan servant leadership tentunya sangat berbeda dengan jenis kepemimpinan otoriter yang menekankan kendali total atas anggota-anggotanya.

Servant leadership adalah gaya kepemimpinan yang menekankan tanggung jawab untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang di sekitarnya alih-alih fokus pada keinginan pribadi. Seorang servant leader harus menghargai nilai-nilai dan pendapat dari para anggotanya.

Servant leadership ini juga memiliki sedikit unsur gaya kepemimpinan partisipatif yang mengharuskan pemimpin untuk bekerja sama dengan anggotanya dalam menetapkan tujuan, membangun tim, dan menyelesaikan masalah. Namun, pengambilan keputusan tentunya tetap berada di tangan leader.

Secara singkat, gaya kepemimpinan servant leadership akan memprioritaskan kebutuhan orang lain, menolong sesama, serta mengembangkan orang lain agar bisa bekerja secara maksimal. Beberapa contoh orang yang memiliki servant leadership adalah Dr. Marthin Luther King dan Mahatma Gandhi.

Kelebihan dan Kekurangan dari Servant Leadership

Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/frDwhQc9Stk

Setelah memahami apa itu servant leadership, kamu pastinya bisa melihat banyak keuntungan dari menerapkan gaya kepemimpinan ini, seperti meningkatkan loyalitas dan kepercayaan para anggota terhadap leader, serta membangun hubungan yang lebih etis, terbuka, dan saling mendukung antara pemimpin dan anggota.

Di sisi lain, kekurangan dari servent leadership adalah menurunkan motivasi para anggotanya karena para servant leader akan menjadi sosok yang lebih aktif dan selalu ada untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, gaya kepemimpinan ini membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa melihat efeknya dan belum tentu cocok di tiap komunitas.

Baca juga: Critical Thinking: Pengertian, Tujuan, Manfaat, & Caranya

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Servant Leader yang Baik?

Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/NpyF7rjqmq4

Servant leadership adalah gaya kepemimpinan yang lebih memprioritaskan kebutuhan orang lain daripada dirinya sendiri dan akan membagi kekuasaan dengan orang lain, serta membantu orang-orang di sekitarnya untuk berkembang.

Tentunya untuk menjadi seorang servant leader yang baik, menjadi sosok yang bertanggung jawab bukanlah satu-satunya kualitas yang dibutuhkan. Kamu masih perlu mengasah dan melatih beberapa karakteristik yang spesifik, seperti:

  • Memiliki Rasa Empati
    Rasa empati merupakan hal yang penting untuk dimiliki seorang servant leader karena mereka perlu melihat para anggotanya sebagai sesama manusia dan mencoba memahami apa yang dibutuhkan serta diinginkan oleh mereka.
  • Kemampuan Berkomunikasi
    Seorang servant leader yang baik harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan membuat keputusan yang baik. Mereka tidak hanya pandai berbicara tapi juga dapat mendengarkan dan mengidentifikasi keinginan tiap anggotanya.
  • Rasa Ingin Membantu
    Seorang servant leader harus memiliki hati yang ingin membantu dan sadar kalau ia menjadi sandaran bagi para anggotanya. Selain itu, seorang servant leader yang baik perlu mengutamakan kepentingan dan kebaikan semua anggotanya dan tidak hanya memihak satu sisi saja.
  • Peka
    Tidak hanya berempati, servant leader juga harus peka dengan sekitarnya dan bisa menangkap hal yang janggal atau peka dan observant untuk menyadari kalau anggotanya sedang dalam masalah.
  • Berkomitmen
    Seorang servant leader yang baik harus berkomitmen dan memegang teguh prinsipnya untuk mengembangkan dan mempercayai anggotanya.
  • Rasa Saling Memiliki
    Kebersamaan dan kepercayaan adalah dasar dari servant leadership. Tentunya servant leader yang baik perlu membangun sebuah komunitas yang nyaman untuk para anggotanya.
  • Seimbang Antara Visi dan Misi
    Servant leader tidak hanya mampu mengayomi anggota-anggotanya tapi juga harus bisa menyeimbangkan antara membuat suatu visi yang idealis dan menerapkan cara-cara yang realistis untuk mencapainya.
  • Kemampuan Menganalisis
    Tidak jauh beda dengan gaya kepemimpinannya lainnya, seorang servant leader yang baik juga harus bisa memprediksi apa saja yang akan terjadi ke depannya dan tantangan apa yang akan dihadapi melalui pola-pola yang sudah terjadi di masa lampau ataupun masa kini.
  • Kemampuan Mempersuasi
    Servant leadership tidak memakai kekuasan dan otoritas untuk membuat orang-orang mengikutinya. Seorang servant leader yang baik harus bisa mempersuasi atau menginspirasi para anggotanya untuk bergerak dan mengikuti arahannya.

Menjadi seorang servant leader bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan fokus untuk melayani orang lain dan memimpin dengan kebaikan hati, seorang servant leader dapat menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

Jangan lupa untuk melatih skill-mu sebagai seorang servant leader, seperti mengasah kemampuan leadership dan meningkatkan empati terhadap orang lain. Cari tahu lebih banyak soal pengembangan diri dan kesehatan mental melalui grup Telegram Dear Senja di sini!

Referensi

Center for Servant Leadership. (n.d.). What is Servant Leadership?. www.greenleaf(dot)org

Investopedia. (2022). Servant Leadership: Characteristics, Pros & Cons, Example. www.investopedia(dot)com

Techtarget. (n.d.). Servant Leadership. www.techtarget(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp