Skizofrenia Paranoid Adalah? Yuk Kenali Defenisi, Gejala, dan Cara Mengobatinya!
Yuk Share!

Skizofrenia paranoid atau paranoid schizophrenia adalah salah satu jenis gangguan mental skizofrenia yang paling sering dialami penderita masalah mental ini. Skizofrenia paranoid memengaruhi bagaimana seseorang mempersepsikan realita dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Orang yang menderita atau dicurigai memiliki skizofrenia paranoid perlu segera menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat agar gejala yang dialami tidak semakin parah. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa itu skizofrenia paranoid dan apa saja gejala serta cara mengobatinya.

Baca juga: Gangguan Kepribadian Ganda : Gejala, Penyebab dan Cara mengobatinya

Apa Itu Skizofrenia Paranoid?

Skizofrenia Paranoid Adalah? Ini Penjelasan dan Cara Mengobatinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/hCXwqmidMxY

Skizofrenia paranoid atau paranoid schizophrenia adalah salah satu jenis gangguan mental skizofrenia. Tipe skizofrenia yang satu ini adalah yang paling sering ditemui. Tak heran kalau istilah skizofrenia paranoid dianggap sama saja dengan gangguan mental skizofrenia.

Skizofrenia paranoid tak hanya mengganggu cara seseorang memandang realita atau kenyataan, tetapi juga berdampak pada caranya memperlihatkan emosi dan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Salah satu gejala utama dari skizofrenia paranoid adalah adanya paranoia atau suatu pemikiran atau perasaan kalau kamu sedang dalam bahaya atau ancaman meskipun tidak ada atau hanya ada sedikit bukti yang memperlihatkan kalau ia memang sedang dalam bahaya.

Inilah yang membuat penderita skizofrenia paranoid merasa ketakutan dan cemas tanpa alasan yang jelas. Meskipun demikian, tidak semua orang yang menderita skizofrenia pasti akan mengalami paranoia.

Itulah yang menjadi alasan awal mengapa skizofrenia paranoid dipisah dan menjadi salah satu jenis dari skizofrenia. Namun, sekarang ini istilah skizofrenia paranoid sudah mulai tidak digunakan dan orang-orang hanya menyebutnya sebagai masalah mental skizofrenia secara umum saja.

Gejala Skizofrenia Paranoid

Gejala utama dari skizofrenia paranoid adalah adanya paranoia. Namun, paranoia bukanlah satu-satunya gejala dari skizofrenia paranoid karena masih ada beberapa ciri-ciri lain dari masalah mental ini, seperti:

  1. Kesulitan untuk berpikir
  2. Kesulitan untuk berkomunikasi, seperti membuat kata-kata yang hanya dimengerti oleh diri sendiri, mengulang-ngulang kata-kata tertentu atau berhenti berbicara di tengah-tengah percakapan
  3. Mengalami halusinasi atau mendengar, merasakan, atau melihat sesuatu yang tidak ada secara realita. Misalnya, melihat ada sosok monster di depannya
  4. Kurang memperlihatkan emosi atau memiliki ekspresi yang datar
  5. Berkurangnya antusiasme atau ketertarikan mengenai kehidupan
  6. Memiliki delusi atau kepercayaan tertentu yang kuat mengenai dirinya yang tidak masuk akal serta tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Contohnya, meyakini kalau dirinya adalah reinkarnasi dari orang yang terkenal di masa lalu
  7. Kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari
  8. Mempunyai pemikiran untuk bunuh diri
  9. Kesulitan untuk mengendalikan emosi
  10. Cenderung bertindak secara impulsif atau melakukan perilaku yang di luar norma sosial

Meskipun tidak semua orang yang memiliki skizofrenia paranoid pasti akan memiliki delusi, tapi umumnya mereka mengalami gejala skizofrenia paranoid tersebut. Sementara itu, penderita skizofrenia paranoid biasanya menderita halusinasi dalam bentuk auditori atau suara.

Baca juga: Gangguan Disosiatif: Defenisi, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya, ada berbagai macam delusi yang bisa dialami oleh penderita skizofrenia, yaitu:

  • Delusion of Persecution, keyakinan kalau seseorang atau sekelompok orang akan menyakitinya
  • Delusion of Control, kepercayaan kalau seseorang atau sekelompok orang sedang mengendalikan dirinya
  • Delusion of Reference, keyakinan kalau ada suatu barang tertentu yang spesial yang hanya dibuat untuknya
  • Delusion of Grandeur, kepercayaan kalau ia istimewa karena memiliki kemampuan tertentu, kekayaan, atau ketenaran

Cara Mengobati Skizofrenia Paranoid

Skizofrenia Paranoid Adalah? Ini Penjelasan dan Cara Mengobatinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/q7ZlbWbDnYo

Skizofrenia paranoid atau paranoid schizophrenia adalah salah satu masalah mental yang sering diasosiasikan sebagai sebagai sesuatu yang berbahaya. Penderitanya sering dianggap dapat membahayakan orang lain serta diri mereka.

Pada kasus skizofrenia paranoid yang parah, penderitanya perlu menjalani rawat inap di rumah sakit agar tidak membahayakan dirinya ataupun orang sekitarnya. Namun, tidak selamanya orang-orang yang mempunyai skizofrenia paranoid akan menyerang orang lain.

Meskipun skizofrenia paranoid tidak dapat disembuhkan, tetapi gangguan mental ini tetap bisa diatasi gejala-gejalanya. Oleh karena itu, cara mengobati skizofrenia paranoid lebih merujuk pada penanganan gejala-gejala yang muncul.

Cara utama dalam mengobati skizofrenia paranoid adalah dengan medikasi berupa obat antipsikosis yang dapat mengurangi gejala dari gangguan mental ini dengan mengatur kadar dopamin dalam otak.

Selain konsumsi obat-obatan, penderita skizofrenia paranoid juga bisa mengikuti psikoterapi untuk mengatur stres yang dialami dan gejala-gejala yang timbul. Psikoterapi dapat dilakukan secara individual ataupun berkelompok.

Penderita skizofrenia paranoid yang tidak kunjung membaik meskipun sudah diberikan obat antipsikosis dapat dianjurkan untuk mencoba terapi kejut listrik atau terapi elektrokonvulsif.

Jika kamu atau kerabat memiliki gejala dari skizofrenia paranoid, segera kunjungi tenaga ahli, seperti terapis, konselor, psikiater, atau psikolog, untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Referensi

Cleveland Clinic. (2022). Paranoid Schizophrenia. www.clevelandclinic(dot)org

Healthline. (2018). What Is Paranoid Schizophrenia?. www.healthline(dot)com

Mind. (2020). Paranoia. www.mind.org(dot)uk

WebMD. (2022). Schizophrenia: An Overview. www.webmd(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp