Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI (Myers–Briggs Type Indicator): Definisi, Macam-macam MBTI, & Klasifikasinya
Yuk Share!

Tes kepribadian atau personality test selalu dicari-cari oleh masyarakat. Ada yang membutuhkannya untuk pekerjaan dan ada pula yang hanya sekedar ingin mengenal diri. Dari sekian banyak tes kepribadian, ada satu jenis personality test yang cukup populer di khalayak, yaitu tes 16 tipe kepribadian alias MBTI.

Meskipun cukup sering didengar dan muncul di beragam media sosial, tapi masih ada beberapa orang yang masih belum memahami secara menyeluruh seperti apa itu tes kepribadian MBTI.

Kalau kamu adalah salah satunya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Baca artikel ini untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu tes kepribadian MBTI beserta 16 klasifikasinya.

Baca juga: INFJ Adalah Seorang Advokat? Ini Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, Karir & Hubungan bagi INFJ-A/T

Apa Itu Tes Kepribadian MBTI?

Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI: Definisi dan Macam-macam MBTI
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/s9CC2SKySJM

Myers-Briggs Type Indicator atau tes 16 tipe kepribadian MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang bersifat self-report dan digunakan untuk mengetahui karakteristik, kelebihan, dan kekurangan seseorang.

Tes kepribadian MBTI dibuat oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs di masa-masa perang dunia. Mereka membuat tes ini berdasarkan teori psikologi kepribadian yang dicetuskan oleh Carl Jung. Sampai saat ini, tes kepribadian MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang paling dikenal dan sering digunakan.

Tes kepribadian MBTI dibuat untuk membantu orang-orang supaya lebih mudah memilih pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian mereka.

Saat mengisi tes kepribadian MBTI, tentunya tidak ada jawaban yang benar ataupun salah. Kamu hanya perlu mengisi kuesioner tersebut sesuai dengan apa yang paling menggambarkan dirimu. Berdasarkan jawaban yang diberikan, kamu akan dikategorikan ke salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam MBTI.

Tidak ada tipe kepribadian MBTI yang paling baik ataupun yang paling buruk karena tiap tipe kepribadian mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, perlu diingat bahwa selayaknya tes kepribadian lainnya, tes kepribadian MBTI tidak 100% akurat dalam menggambarkan karakteristik seseorang karena tiap manusia unik adanya. Meskipun seseorang memiliki tipe kepribadian MBTI yang sama, tapi kamu tetap bisa melihat perbedaan di antara mereka.

MBTI dan tes kepribadian lainnya hanyalah sebuah alat untuk memberikan gambaran besar mengenai dirimu, seperti karakteristik, kelebihan, hal-hal yang memotivasimu, dan ketertarikanmu. Tes kepribadian MBTI bukanlah sesuatu yang 100% tepat.

Macam-macam Komponen dalam Tes MBTI

Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI: Definisi dan Macam-macam MBTI
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/cNLQ052nhvc

Setelah memahami apa itu tes kepribadian MBTI, tentunya sekarang kamu sudah siap untuk memahami lebih lanjut mengenai tes kepribadian ini. Dalam tes kepribadian MBTI terdapat empat skala yang digunakan untuk mengelompokkan seseorang ke dalam 16 tipe kepribadian, yaitu:

  • Extraversion (E) – Introversion (I)
    Extroversion dan introversion adalah skala pertama dari keempat skala dalam tes kepribadian MBTI. Skala ini melihat kecenderungan seseorang dalam mengisi energinya, serta bagaimana mereka merespon dan berinteraksi dengan lingkungannya.

    Orang-orang yang lebih dominan di aspek extraversion, atau yang dikenal sebagai para ekstrovert, senang bersosialisasi dengan orang lain dan merasa lebih bersemangat jika berinteraksi dengan banyak orang.

    Lain halnya dengan para introvert atau orang-orang yang lebih dominan di aspek introversion, mereka lebih suka merenung dan berpikir dalam kesendiriannya. Mereka justru menjadi lebih berenergi jika meluangkan waktu seorang diri alih-alih berinteraksi dengan orang banyak.

    Namun, itu tidak berarti orang-orang introvert tidak suka bersosialisasi, mereka justru enjoy memiliki interaksi yang deep dengan orang lain. Hanya saja, energi mereka akan cepat terkuras saat bersosialisasi dengan orang banyak.
  • Sensing (S) – Intuition (N)
    Aspek kedua dari tes kepribadian MBTI adalah sensing dan intuition. Skala ini mengukur bagaimana seseorang mengumpulkan informasi dari lingkungannya.

    Orang yang dominan sensing adalah pribadi yang lebih fokus ke realita dan masa kini. Mereka akan lebih memperhatikan detail kecil, fakta, dan pengalaman masa lalu. Mereka juga akan fokus mengumpulkan informasi melalui panca indera.

    Di sisi lain, orang yang dominan intuition adalah tipe yang senang mengimajinasikan masa depan, melihat pola dan kemungkinan-kemungkinan lain, serta menyukai teori-teori yang abstrak. Mereka selalu mencari arti lain di balik sebuah informasi yang ada.
  • Thinking (T) – Feeling (F)
    Skala thinking dan feeling melihat bagaimana seseorang mengambil keputusan berdasarkan informasi-informasi yang sudah didapatkan.

    Seseorang yang dominan di aspek thinking akan cenderung mengambil keputusan berdasarkan logika dan fakta. Lain halnya dengan orang yang dominan di aspek feeling, mereka akan cenderung mengambil keputusan dengan mempertimbangkan emosi orang lain atau apa yang terbaik untuk semua orang.
  • Judging (J) – Perceiving (P)
    Skala yang terakhir berfokus pada bagaimana seseorang mengatasi dunia luar. Orang yang dominan di aspek judging adalah tipe yang lebih terstruktur, fokus pada hasil, dan dapat membuat keputusan dengan lebih tegas.

    Sementara itu, orang yang dominan di aspek perceiving adalah pribadi yang lebih terbuka, fleksibel, handal dalam multi-tasking, dan mudah beradaptasi.

Berbagai kombinasi dari keempat aspek inilah yang membentuk 16 tipe kepribadian di MBTI. Akan tetapi, perlu dipahami kalau tiap orang memiliki aspek-aspek dalam skala tersebut, hanya saja ada yang lebih dominan dari yang lainnya.

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Aspek tersebut juga bukan sesuatu yang kaku dan dapat berubah seiring berjalannya waktu, tergantung dari kondisi yang sedang dialami oleh seseorang.

Apa Saja 16 Klasifikasi MBTI?

Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI: Definisi dan Macam-macam MBTI
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/nPz8akkUmDI

Setelah menelaah mengenai apa itu tes kepribadian MBTI beserta komponen-komponen di dalamnya, maka selanjutnya adalah menelusuri lebih lanjut mengenai 16 tipe kepribadian dalam MBTI yang terbentuk dari keempat skala dalam tes kepribadian MBTI.

Berikut adalah pemaparan singkat mengenai 16 tipe kepribadian dalam MBTI:

  1. ISTJ
    Tipe kepribadian ISTJ adalah pribadi yang teratur dan fokus pada hal-hal yang practical. Mereka juga adalah orang yang tertutup, setia, bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan sangat menghargai tradisi serta aturan.
  2. ISTP
    Orang-orang dengan kepribadian ISTP adalah tipe yang sangat mandiri, berani, dan senang mencoba hal-hal baru yang practical. Mereka suka tantangan baru dan senang berpetualang. Mereka adalah tipe yang problem-solver dan observant. Sayangnya, mereka cenderung tidak peka terhadap emosi orang lain.
  3. ISFJ
    Orang yang masuk dalam tipe kepribadian ISFJ adalah orang-orang yang sangat berdedikasi, ramah, bertanggung jawab, dan hangat. Mereka selalu siap untuk melindungi dan membela orang-orang terdekatnya. Tipe kepribadian ini sangat mementingkan keharmonisan sosial.
  4. ISFP
    Tipe kepribadian ISFP dikenal sebagai orang-orang yang artistik dan tertutup. Namun, mereka adalah orang yang sangat fleksibel, ramah, dan easy-going. Mereka juga lebih senang bersosialisasi dalam kelompok kecil dan sangat berkomitmen terhadap nilai-nilai yang dimiliki.
  5. INFJ
    INFJ termasuk ke dalam salah satu tipe kepribadian MBTI yang jarang ditemui. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah tipe yang analitis, empatik, logis, kreatif, serius, dan pekerja keras.

    Tipe kepribadian ini peka terhadap kebutuhan orang lain dan sangat menyukai hubungan yang dalam dengan orang lain. Meskipun demikian, orang dengan tipe kepribadian INFJ sangat membutuhkan waktu luang untuk menyendiri dan beristirahat.
  6. INFP
    Orang-orang INFP adalah pribadi yang idealis dan selalu ingin membuat dunia menjadi lebih baik. Mereka sangat berprinsip dan memegang teguh nilai-nilai yang dimiliki. Mereka sangat fokus terhadap isu-isu kemanusiaan.
  7. INTJ
    Orang dengan kepribadian INTJ merupakan pribadi yang kreatif, logis, dan analitis. Mereka akan sangat mengedepankan logika dalam membuat keputusan atau perencanaan.

    Mereka adalah sosok yang penuh kepercayaan diri, lebih suka bekerja sendirian, serta cenderung mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap dirinya maupun orang lain dalam aspek performa dan kompetensi.
  8. INTP
    Orang dengan tipe kepribadian INTP terlihat pendiam dan tertutup, tetapi mereka memiliki daya imajinasi dan analisa yang tinggi. Orang dengan tipe kepribadian INTP juga sangat senang memikirkan berbagai ide, teori, dan hal-hal konseptual lainnya.
  9. ESTJ
    Orang dengan tipe kepribadian ESTJ digambarkan sebagai sosok pemimpin yang tegas, direct, berprinsip, dan sangat memegang teguh aturan. Namun, terkadang mereka bisa menjadi terlalu kaku atau keras kepala.
  10. ESTP
    Orang-orang dengan tipe kepribadian ESTP termasuk pribadi yang dramatis, practical, energetik, dan senang menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, mereka senang menjelajah dunia luar dan bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka juga tipe yang sangat fokus dengan masa kini.
  11. ESFJ
    Orang dengan kepribadian ESFJ adalah orang yang suka berpergian dan berhati lembut. Mereka adalah orang-orang yang cenderung akan melihat hal-hal positif dari orang lain dan pandai mengatasi konflik sosial.
  12. ESFP
    Orang dengan tipe kepribadian ESFP hampir serupa dengan orang yang memiliki tipe kepribadian ESTP. Orang dengan jenis kepribadian ESFP senang menjadi pusat perhatian, suka berpergian, dan sangat spontan. Mereka adalah pribadi yang optimis.
  13. ENTJ
    Orang-orang dengan tipe kepribadian ENTJ adalah pemimpin yang sangat percaya diri dan berani mengutarakan pendapatnya secara langsung. Mereka juga handal dalam mengatur dan membuat perencanaan atau proyek jangka panjang.
  14. ENFP
    Orang dengan tipe kepribadian ENFP adalah sosok yang energetik dan karismatik. Mereka senang mengekspresikan kreativitasnya dalam pekerjaannya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, dan tidak terlalu suka dengan rutinitas.
  15. ENFJ
    Orang dengan kepribadian ENFJ adalah sosok yang peka, pengertian, setia, dan baik hati. Mereka mudah berteman dengan orang lain karena sangat peka terhadap emosi orang lain. Mereka senang membantu orang sekitarnya untuk menjadi lebih baik.
  16. ENTP
    Orang-orang dengan tipe kepribadian ENTP adalah orang-orang yang memiliki banyak ide, suka berdebat, senang memulai banyak proyek, dan suka membuat hal-hal baru. Sayangnya, mereka mungkin akan kesulitan untuk menyelesaikan proyek-proyek tersebut.

Tes kepribadian MBTI bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet. Meskipun termasuk salah satu jenis tes kepribadian yang populer, tapi tes ini belum didukung dengan hasil penelitian yang kuat. Oleh karena itu, jangan jadikan tes kepribadian MBTI sebagai patokan yang mutlak.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai tes kepribadian lainnya atau informasi seputar kesehatan mental? Ayo bergabung dalam grup Telegram Dear Senja! Mulai join di sini!

Referensi

MBTI. (n.d.). MBTI Basics. www.myersbriggs(dot)org

Simply Psychology. (2022). Myers & Briggs’ 16 Personality Types. www.simplypsychology(dot)org

Verywell Mind. (2022). How the Myers-Briggs Type Indicator Works. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp