Tipe Kepribadian A,B,C,D: Pengertian & Cirinya
Yuk Share!

Tiap manusia diciptakan berbeda-beda adanya, tetapi kita tetap bisa melihat beberapa persamaan yang membuat mereka dapat memahami satu sama lainnya. Meskipun tiap orang unik, tapi tidak bisa dipungkiri kalau kita bisa mengelompokkan beberapa orang ke satu jenis kepribadian yang sama.

Tipe kepribadian memang tidak bisa menilai seseorang secara akurat dan lengkap, tetapi kamu bisa mendapatkan gambaran besar seseorang hanya dengan mengetahui jenis atau tipe kepribadiannya.

Tak heran kalau ada banyak cara untuk bisa membagi seseorang ke tipe kepribadian tertentu, salah satunya adalah tipe kepribadian A,B,C, dan D. Kenali lebih lanjut mengenai tipe kepribadian ini di bawah!

Baca juga: Apa Itu Self Awareness? Berikut Definisi, Jenis, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

Apa Itu Tipe Kepribadian A,B,C, dan D?

Tipe Kepribadian A,B,C,D: Pengertian & Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/dvXGnwnYweM

Kepribadian seseorang tentunya berbeda-beda, tapi ada beberapa persamaan yang membuatnya dapat dikategorikan ke satu kelompok tertentu. Memahami tipe kepribadian dapat membantumu dalam berbagai bidang, mulai dari pekerjaan hingga hubungan dengan orang sekitar.

Ada banyak tes yang digunakan untuk mencari tahu tipe kepribadian seseorang, salah satunya adalah tipe kepribadian A,B,C, dan D. Sama seperti jenis-jenis kepribadian lainnya, pembagian tipe kepribadian A,B,C, dan D juga terbagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  • Tipe Kepribadian A
    Orang-orang dengan tipe kepribadian A biasanya adalah pribadi yang pekerja keras dan ambisius. Tak heran kalau orang-orang dengan tipe kepribadian ini terkadang dilabel sebagai workaholic. Mereka juga cenderung tidak sabaran, memiliki tekad kuat, dan agresif.

    Jiwa kompetitif orang dengan tipe kepribadian A membuat mereka rela menanggung tanggung jawab tambahan dan mau melakukan banyak hal sekaligus. Mereka juga sangat terpatok pada target yang ingin dicapai.

    Biasanya, orang dengan tipe kepribadian A cocok untuk menjadi pemimpin yang mendelegasi bawahannya. Sayangnya, orang dengan kepribadian tipe A akan lebih rentan terhadap stres dan lebih mudah merasa frustrasi serta marah.
  • Tipe Kepribadian B
    Berbeda dengan orang yang memiliki tipe kepribadian tipe A, orang dengan kepribadian tipe B lebih chill, friendly, dan fleksibel. Mereka jauh lebih sabar dan dapat mencapai sebuah tujuan secara perlahan tanpa perlu terburu-buru.

    Orang dengan tipe kepribadian B tidak merasa perlu untuk menunjukkan atau membuktikan kemampuan mereka agar terlihat superior serta lebih pasif dan kurang agresif dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki tipe kepribadian A.

    Orang-orang tipe kepribadian B mudah berteman dengan orang lain karena selain friendly, orang tipe kepribadian B terlihat energetik, karismatik, dan penuh kepercayaan diri.
  • Tipe Kepribadian C
    Orang dengan tipe kepribadian C adalah pribadi yang detil, teliti, analitis, terkontrol, dan stabil. Mereka lebih berfokus pada ketelitian, fakta, kualitas, dan logika daripada perasaan saat sedang mempertimbangkan suatu keputusan.

    Akan tetapi, orang-orang dengan tipe kepribadian C juga rentan menjadi orang yang sangat controlling terhadap sekitarnya dan terlalu terpatok pada logika saja tanpa mempedulikan emosi atau perasaan.
  • Tipe Kepribadian D
    Tipe kepribadian D umumnya lebih pelan dan sabar, mereka bisa melakukan hal-hal yang berulang-ulang tiap harinya serta menyukai keamanan. Inilah yang membuat mereka dapat menjadi ahli di bidangnya. Akan tetapi, orang-orang dengan tipe kepribadian D takut akan perubahan dan cenderung tidak ingin mengambil risiko.

Meskipun sudah memahami lebih lanjut mengenai apa itu tipe kepribadian A,B,C, dan D, tentunya kamu tetap perlu mengikuti serangkaian tes untuk memastikan apa tipe kepribadianmu. Biasanya kamu akan diberikan tes berupa pertanyaan Friedman and Rosenman Questions, Bortner Rating Scale, Jenkins Activity Survey, dan Framingham Type A Scale.

Selain diberikan tes, kamu juga akan menjalani wawancara untuk memastikan secara tepat apakah tipe kepribadianmu A,B,C, atau D.

Baca juga: INFJ Adalah Seorang Advokat? Ini Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, Karir & Hubungan bagi INFJ-A/T

Apakah Ada Tipe-tipe Kepribadian Lainnya?

Tipe Kepribadian A,B,C,D: Pengertian & Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/TvsKqeORBl4

Selain tipe kepribadian A,B,C, dan D, tentunya ada jenis kepribadian lainnya, tergantung dari pengelompokannya. Contohnya, MBTI dan Big Five Personality Traits. Keduanya mengukur kepribadian seseorang dari aspek yang berbeda-beda.

Perlu diingat kalau tes mengenai tipe-tipe kepribadian bukanlah sesuatu yang pasti dan 100% akurat. Tiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, meskipun kamu memiliki tipe kepribadian yang sama dengan temanmu, tapi kamu tetap memiliki ciri khasmu sendiri.

Apabila kamu memiliki kesulitan untuk mengenal dan memahami dirimu, kamu bisa mengunjungi tenaga profesional, seperti konselor, psikiater, psikolog, atau terapis, untuk membantumu mengeksplorasi diri.

Referensi

Hire Success. (n.d.). Understanding the 4 Personality Types: A, B, C, and D. www.hiresuccess(dot)com

LSBC. (2020). Understanding Personality: A, B, C, and D Types. www.lsbc(dot)lu

Medical News Today. (2022). What Is the Difference Between Type A and Type B Personalities?. www.medicalnewstoday(dot)com

Simply Psychology. (2021). What It Means to Have a ‘Type A’ Personality Traits. www.simplypsychology(dot)org


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp