Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cek Kondisi Kesehatan Mental Online
Yuk Share!

Kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik, malahan kesehatan mental yang buruk justru bisa berdampak negatif terhadap kondisi fisikmu. Selayaknya kesehatan fisik, ada banyak cara untuk mengecek kondisi kesehatan mental secara langsung ataupun online.

Nah, kalau kamu sedang bingung harus mengecek kondisi kesehatan mental secara online di mana, Dear Senja siap membantumu! Di bawah ini sudah ada beberapa rekomendasi situs yang bisa kamu kunjungi yang menyediakan tes untuk mengecek kondisi kesehatan mentalmu secara online dan gratis.

Baca juga: 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Psikologi

Apa Saja Rekomendasi Tes untuk Mengecek Kondisi Kesehatan Mental Secara Online?

Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cek Kondisi Kesehatan Mental Online
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/67l-QujB14w

Kesehatan mental adalah sesuatu yang tidak boleh kamu remehkan karena ini menyangkut pemikiran, perasaan, serta perilakumu. Adanya masalah pada kesehatan mental dapat menganggu aktivitas sehari-harimu.

Kesehatan mental yang baik akan sangat membantumu dalam menghadapi tantangan hidup dan membuatmu menjadi lebih tahan banting. Selain itu, kesehatan mental yang terjaga juga akan membuatmu lebih mampu untuk menangani stres dan mencapai kesuksesan serta berkontribusi dalam komunitas.

Sayangnya, tidak semua orang memahami pentingnya memelihara kesehatan mental, bahkan seringkali mereka tidak menyadari kalau tingkat stres yang dimiliki sudah terlalu tinggi dan mereka sedang mengalami burnout ataupun gangguan mental lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa menyadari kondisi kesehatan mentalmu. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan mengeceknya melalui tes kondisi kesehatan mental secara online.

Berikut adalah beberapa situs yang bisa kamu coba untuk mengecek kondisi kesehatan mentalmu secara online:

  1. Mental Health America
    Mental Health America adalah komunitas nonprofit di Amerika yang bergerak dalam bidang kesehatan mental. Komunitas ini sudah didirikan sejak 1909 dan telah mengembangkan suatu tes kondisi kesehatan mental secara online dan tidak berbayar di situs mereka.

    Mental Health America menyediakan beragam tes untuk melihat apakah kamu mempunyai masalah mental tertentu, seperti depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan. Tentunya tes ini hanyalah sebuah tes awal dan bukan patokan resmi yang lengkap mengenai kesehatan mentalmu. Kamu bisa mencoba tesnya di sini.
  2. Clinical Partners
    Clinical Partners adalah penyedia layanan kesehatan mental di Inggris yang bekerja sama dengan NHS dalam membantu orang-orang yang mengalami masalah secara mental dan emosional. Mereka menyediakan tes untuk mengecek kondisi kesehatan mental secara online dan gratis.

    Mulai dari tes autisme, ADHD, sampai tingkat stres, kamu bisa mencoba tes pengecekan kondisi kesehatan mental secara online di situs mereka.
  3. Talk Space
    Serupa dengan Clinical Partners, Talk Space adalah penyedia layanan kesehatan mental online yang berbayar. Namun, mereka menyediakan tes singkat untuk mengecek kondisi kesehatan mental secara online dan gratis. Cek situs mereka untuk memulai tesnya!
  4. Psychology Today
    Psychology Today sudah dikenal sebagai salah satu situs yang menawarkan berbagai artikel seputar kesehatan mental dari pakar-pakar dan praktisi kesehatan mental. Tak hanya memberikan berbagai artikel, mereka juga menyediakan tes pengecekan kondisi kesehatan mental secara online dan tidak berbayar.

    Tes pengecekan kondisi kesehatan mental ini menilai kondisi kesehatan jiwamu secara umum dan dapat hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit. Kamu bisa mulai mengerjakan tesnya di sini!
  5. University of Washington
    University of Washington memiliki pusat konseling untuk para mahasiswa dan karyawannya. Meskipun dikhususkan untuk para mahasiswa dan pekerja di University of Washington, kamu tetap bisa mencoba tes pengecekan kondisi kesehatan mental secara online dan tidak berbayarnya di sini!

Baca juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebihan

Tentunya tes-tes untuk mengecek kondisi kesehatan mental secara online di atas tidak dapat menggantikan diagnosis resmi dari tenaga ahli, seperti psikolog dan psikiater. Apabila kamu merasa kamu memiliki masalah kesehatan mental, kamu tetap perlu mengunjungi tenaga profesional untuk mendapatkan pemeriksaan yang akurat.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan mental dan pengembangan diri? Kamu bisa masuk ke dalam grup Telegram Dear Senja! Klik link ini untuk bergabung dalam grup Telegram Dear Senja!

Reference

Clinch Valley Health. (2022). Matter of the Mind: Why Your Mental Health Matters and How You Can Care for It. www.clinchvalleyhealth(dot)com

Clinical Partners. (n.d.). About Us. www.clinical-partners.co(dot)uk

Clinical Partners. (n.d.). Change Can Start with a Single Step. www.clinical-partners.co(dot)uk

Mental Health America. (n.d.). About MHA Screening. www.screening.mhanational(dot)org

Mental Health America. (n.d.). Take a Mental Health Test. www.screening.mhanational(dot)org

Psychology Today. (n.d.). Mental Health Assessment. www.psychologytoday(dot)com

Talk Space. (n.d.). Take a Free Mental Health Test. www.talkspace(dot)com

University of Washington. (n.d.). Counseling Center. www.washington(dot)edu

University of Washington. (n.d.). Online Mental Health Screening. www.washington(dot)edu


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp