Aspek Penting dalam Psikologi Perkembangan Anak
Yuk Share!

Anak merupakan cikal bakal dari generasi penerus bangsa. Maka dari itu, peran orang tua, pengasuh, dan tenaga pendidik sangat penting untuk bisa membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang penuh kepercayaan diri.

Sayangnya, saat membahas psikologi, tidak banyak orang yang membicarakan mengenai psikologi perkembangan anak. Padahal, masa kanak-kanak merupakan momen yang krusial dalam proses pembentukan Si Kecil.

Baca juga: Ampuh! Ini Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

Apa Itu Psikologi Perkembangan Anak?

Wajib Tahu! 3 Aspek Penting dalam Psikologi Perkembangan Anak
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/AEaTUnvneik

Sebelum menelusuri lebih jauh mengenai aspek-aspek penting dalam psikologi perkembangan anak, kamu perlu tahu dulu apa itu ilmu psikologi perkembangan anak.

Psikologi perkembangan anak adalah sebuah studi di bidang psikologi mengenai tumbuh kembang Si Kecil dari kelahiran sampai akhir remaja. Ilmu ini menelaah tiap tahap perkembangan anak dan mencari tahu apa yang membedakan tiap anak.

Anak mengalami beragam perubahan fisik, emosional, dan kognitif yang memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Oleh karena itu, ilmu psikologi perkembangan anak sangat penting agar orang tua, tenaga pendidik, dan para pengasuh bisa memberikan perhatian dan dukungan yang tepat pada tiap tahap perkembangan anak.

Studi psikologi perkembangan anak pertama kali muncul di tahun 1840-an saat Charles Darwin menuliskan perkembangan salah satu anaknya. Namun, di abad ke-20, barulah teori dan penelitian mengenai psikologi perkembangan anak bermunculan.

Pada dasarnya, ilmu psikologi perkembangan anak bertujuan untuk melihat dan memahami bagaimana anak bertumbuh di tiap masa kehidupannya serta bagaimana mereka bereaksi dan berinteraksi dengan sekitarnya secara psikis, sosial, dan emosional.

Secara garis besar, studi psikologi perkembangan anak menilik lima tahapan perkembangan anak, yaitu saat baru lahir (newborn), usia bayi, usia balita, masa preschool, dan masa sekolah.

Apa Saja Aspek Penting dalam Psikologi Perkembangan Anak?

Wajib Tahu! 3 Aspek Penting dalam Psikologi Perkembangan Anak
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/DqgMHzeio7g

Ilmu psikologi perkembangan anak sangat luas karena terdapat banyak faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak. Berikut adalah tiga aspek utama dalam psikologi perkembangan anak:

  1. Aspek Sosial
    Aspek sosial dalam psikologi perkembangan anak meliputi hubungan antara anak dengan teman sebayanya serta orang-orang dewasa di sekitarnya. Orang-orang yang ada di sekeliling Si Kecil akan memberikan dampak terhadap pola pikir, proses pembelajaran, dan pertumbuhannya.

    Lingkungan sekolah, keluarga, dan teman akan menjadi faktor-faktor yang sangat memengaruhi kehidupan anak.
  2. Aspek Sosioekonomi
    Ternyata, faktor sosioekonomi atau SES memberikan dampak yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak karena meliputi tempat di mana anak tinggal, seberapa banyak kebutuhan pokok yang diberikan, dan edukasi yang didapatkan. Tentunya ini akan memberikan dampak yang besar pada psikis dan fisik anak.

    Anak yang dibesarkan di keluarga dengan status sosioekonomi yang rendah akan kesulitan untuk mendapatkan akses ke edukasi, kesehatan, dan makanan yang bernutrisi. Lain halnya dengan anak yang berada dalam keluarga dengan status sosioekonomi yang tinggi, mereka akan lebih mudah mendapatkan edukasi, layanan kesehatan, dan jenis makanan yang beragam.
  3. Aspek Budaya
    Aspek penting terakhir dalam psikologi perkembangan anak adalah faktor budaya. Aspek budaya berhubungan dengan jenis edukasi yang didapatkan, pola asuh yang diterima, serta bagaimana hubungan anak dan orang tua.

    Aspek budaya juga berperan dalam pembentukan prinsip, nilai-nilai, pola pikir, dan tradisi-tradisi yang akan dipegang teguh oleh Si Kecil.

Meskipun ketiga aspek ini adalah tiga faktor utama yang menjadi fokus dari psikologi perkembangan anak, tetapi tidak berarti akan timbul gangguan pada anak ketika salah satu aspek utama bermasalah karena tahap perkembangan anak adalah sesuatu yang kompleks dan tiap faktor saling berhubungan dengan faktor-faktor lainnya.

Baca juga: Apa Itu Tantrum pada Anak? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Faktor Lain yang Memengaruhi Psikologi Perkembangan Anak?

Wajib Tahu! 3 Aspek Penting dalam Psikologi Perkembangan Anak
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/u_b0jWnkgM0

Selain ketiga aspek utama dalam psikologi perkembangan anak di atas, masih ada faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi tahap perkembangan anak, seperti:

  • Peran gender
  • Bahasa
  • Lingkungan
  • Perkembangan kognitif
  • Genetik
  • Kepribadian
  • Kondisi sebelum kelahiran
  • Perkembangan secara seksual

Psikologi perkembangan anak adalah ilmu di bidang psikologi yang luas, rumit, dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Masih ada banyak perdebatan seputar tumbuh kembang anak, seperti isu nature vs nurture dan usia mana yang paling penting dalam kehidupan anak.

Kalau tertarik untuk tahu lebih banyak soal psikologi perkembangan anak atau kesehatan mental anak, kamu bisa mengecek website Dear Senja untuk informasi seputar kesehatan mental, psikologi, dan pengembangan diri!

Referensi

Britannica. (n.d.). Child Psychology. www.britannica(dot)com

Psychology Today. (n.d.). Understanding Child Development. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2023). Overview of Child Psychology and Development. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp