September 21, 2023
10 Cara Agar Tidak Cemburuan dan Posesif Terhadap Pasangan
Yuk Share!

Kamu pastinya sering mendengarkan ungkapan ‘cemburu artinya sayang’. Sebenarnya, rasa cemburu adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan, tetapi rasa cemburu yang berlebih dan tidak beralasan justru bisa mengubahmu menjadi sosok yang posesif terhadap pasangan.

Rasa cemburu yang tidak sehat dapat membuat pasanganmu merasa risih, apalagi kalau terus-menerus dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang. Apabila tidak disalurkan atau dikelola dengan baik, rasa cemburu tersebut berpotensi merusak hubungan yang sudah dibina.

Menyadari kalau kamu memiliki kecenderungan untuk cemburu secara berlebih adalah langkah awal untuk mengembangkan hubungan percintaan ke arah yang lebih baik. Jika kamu ingin tahu cara agar tidak cemburuan dengan pasangan, kamu berada di tempat yang tepat!

Baca juga: Apa Itu Deep Talk dalam Hubungan? Ini Penjelasan & Contoh Pertanyaannya

Cara-Cara Agar Tidak Cemburuan dan Posesif dengan Pasangan

Cara Agar Tidak Cemburuan dan Posesif Terhadap Pasangan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/FhVj5vD4LvE

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa cemburuan yang berlebih:

  1. Pahami Alasan dari Rasa Cemburu
    Cara agar tidak cemburuan yang paling pertama adalah mencari tahu dulu apa sebenarnya yang membuatmu merasa cemburuan atau posesif terhadap pasangan.

    Biasanya rasa cemburu berakar dari self-esteem yang rendah dan insecurity terhadap diri sendiri, misalnya kamu merasa ditinggalkan pasangan karena dia lebih memilih untuk hang out dengan teman-temannya.
  2. Komunikasikan dengan Pasangan
    Tak jarang ada beberapa orang yang memilih untuk memendam rasa cemburu tersebut karena dianggap tabu atau dapat menimbulkan kesan kalau dirimu tidak baik.

    Padahal, salah satu cara agar tidak cemburuan dan posesif yang ampuh adalah dengan langsung membicarakannya dengan pasanganmu secara terbuka dan dewasa. Jangan malu untuk mengungkapkan hal-hal yang membuatmu cemas atau insecure dengan pasangan.

    Hindari menyalahkan atau mengkritik pasangan, fokus dengan apa yang kamu rasakan dan pikirkan serta bicarakan hal tersebut bersama pasangan dengan kepala dingin.
  3. Kelola Emosi yang Dirasakan
    Sama seperti emosi lainnya, rasa cemburu adalah perasaan yang juga bisa kamu kelola supaya tidak semakin menjadi-jadi. Kamu dapat melakukan beragam teknik relaksasi sebagai cara mengatasi cemburu yang berlebih.

    Ada banyak metode relaksasi yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar tidak cemburuan dan posesif, seperti mindfullness, meditasi, teknik pernapasan, dan journaling.
  4. Cek dengan Realita yang Ada
    Saat sedang cemburu, kamu tidak akan bisa melihat keseluruhan faktanya dan hanya melihat di satu titik saja. Padahal, belum tentu apa yang kamu persepsikan atau lihat memang benar adanya. Tidak ada salahnya kalau kamu membicarakannya secara dewasa dengan pasanganmu.
  5. Lakukan Kegiatanmu Sendiri
    Daripada terus-menerus fokus dengan kegiatan pasanganmu atau rasa cemburu yang kamu alami, lebih baik kamu memusatkan perhatianmu ke hal-hal yang menyenangkan atau yang perlu kamu kerjakan karena kehidupanmu tidak terus-menerus berpusat pada pasanganmu.

    Kamu bisa berjalan-jalan santai sejenak, berkumpul dengan teman, atau melakukan hobimu. Jangan terlalu terpatok dengan rasa cemburu tersebut. Alihkan perhatianmu ke waktu sekarang, rasakan sensasi yang ada di sekitarmu, seperti angin sejuk di taman atau indahnya cat warna di kanvas.
  6. Hindari Membandingkan Diri dengan Orang Lain
    Rasa cemburu secara tidak langsung dapat membuatmu minder dan merasa orang lain jauh lebih baik dari dirimu. Padahal, tidak selalu demikian adanya. Ingatkan dirimu kalau kamu memiliki kelebihan tersendiri dan hubunganmu dengan pasangan berharga.
  7. Ingat Hal-Hal yang Kamu Syukuri dari Pasanganmu
    Kadangkala cara agar tidak cemburuan dan posesif adalah dengan mengingat apa saja hal-hal positif yang kamu syukuri dalam hidup. Daripada fokus dengan rasa cemburu itu, ingatlah kualitas-kualitas baik dalam diri pasanganmu dan apa saja yang sudah kalian lalui bersama.

    Selain bisa menurunkan stress, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai ajang untuk mengecek apakah rasa cemburumu itu beralasan atau tidak karena seringkali kamu akan lupa dengan kebaikan-kebaikan yang telah dibuat pasanganmu hanya karena emosi cemburu yang sesaat.
  8. Tanya Pendapat Orang yang Dipercaya
    Rasa cemburu yang berlebih cenderung dapat menutupi akal sehat dan membuatmu sulit untuk berpikir jernih. Di kala ini, berdiskusi dengan orang terdekat yang bisa dipercaya dapat menjadi cara untuk mengatasi perasaan cemburumu yang berlebih.

    Kamu bisa bercerita dan bertanya ke teman atau kerabatmu untuk memastikan kalau rasa cemburu yang kamu rasakan memang valid. Namun, pastikan dulu kalau orang yang ingin kamu tanyakan pendapatnya memang bisa memberikan persepsi atau solusi yang objektif.
  9. Berikan Jeda Waktu
    Awalnya rasa cemburu terasa sangat intens tapi seiring berjalannya waktu emosi negatif tersebut dapat berkurang atau bahkan berangsur-angsur menghilang. Kamu bisa berdiam diri sejenak dan mengalihkan perhatianmu ke hal lain daripada terus-menerus memikirkan rasa cemburu tersebut.

    Selain itu, salah satu cara agar tidak cemburuan adalah tidak memutuskan atau melakukan apa-apa saat sedang merasakan emosi tersebut. Jangan sampai kamu menyesali tindakanmu di kemudian hari.
  10. Bangun Rasa Percaya
    Dalam suatu hubungan percintaan, kepercayaan adalah salah satu pondasi dasar dari sebuah hubungan. Kamu tidak bisa terus-menerus tidak mempercayai pasanganmu. Belajarlah untuk memahami kalau pasanganmu memiliki kegiatannya sendiri dan percayalah kalau dia memang menghargai hubungannya denganmu.

Baca juga: Warning! Ini 7 Contoh Overthinking ke Pacar yang Wajib Dihindari!

Jangan sungkan untuk mengunjungi tenaga profesional jika rasa cemburu yang kamu rasakan sangat intens sampai menganggu aktivitas sehari-hari dan tidak kunjung hilang meskipun kamu sudah menerapkan cara agar tidak cemburuan dan posesif di atas.

Referensi

Healthline. (2019). 12 Ways to Let Go of Jealousy. www.healthline(dot)com

Marriage.com. (2021). 15 Ways on How to Stop Being Possessive. www.marriage(dot)com

Psychology Today. (2017). Be Mine: Dealing with Possessiveness in a Relationship. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp