10 Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan yang Wajib Kamu Lakukan!
Yuk Share!

Dewasa bukan soal usia, tapi merupakan suatu pilihan. Menjadi pribadi yang dewasa sangatlah penting, terutama jika itu menyangkut aspek hubungan berpacaran ataupun pernikahan.

Memahami cara bersikap dewasa dengan pasangan dapat membantu mempererat dan memperkuat hubungan romantismu. Tak hanya itu, menerapkan cara bersikap dewasa dengan pasangan juga bisa membantu mengatasi konflik dan rintangan yang muncul dalam hubungan.

Menjadi pribadi yang dewasa di depan pacar tentunya bukanlah hal yang mudah, tapi tidak berarti kamu tidak bisa melakukannya! Tidak perlu bingung, kamu dapat mencoba beberapa cara bersikap dewasa di depan pacar di bawah untuk memperkuat hubungan romantismu!

Baca juga: Apa Itu Deep Talk dalam Hubungan? Ini Penjelasan & Contoh Pertanyaannya

Bagaimana Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan?

Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan yang Wajib Kamu Lakukan!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/D-8XODEIr_s

Sebelum mengetahai cara untuk bersikap dewasa di depan pacar, kamu mungkin masih bingung mengenai apa yang dimaksud menjadi ‘sosok yang dewasa’ dalam suatu hubungan. Sebenarnya kedewasaan merupakan sesuatu yang luas dan tidak memiliki satu patokan yang pasti.

Namun, secara garis besar, menjadi dewasa dengan pasangan berarti kamu dapat menerima pacarmu dan bersedia untuk berkomitmen serta bertumbuh dengannya. Kamu juga dapat mempercayai, menghargai, dan berkomunikasi dengan baik bersamanya.

Berikut adalah beberapa cara bersikap dewasa dengan pasangan yang dapat kamu coba terapkan selama menjalin hubungan dengan pacarmu:

  1. Terapkan Komunikasi Dua Arah
    Komunikasi adalah dasar dari sebuah hubungan yang kuat. Tak heran kalau menerapkan komunikasi dua arah menjadi salah satu cara bersikap dewasa dengan pasangan.

    Komunikasi dua arah berarti kamu harus bisa belajar mendengarkan apa yang dikatakan oleh pacarmu tanpa memotongnya. Cobalah pahami apa yang pasanganmu ingin sampaikan sebelum merespon pernyataannya.

    Saat kamu ingin mengutarakan sesuatu ke pasanganmu, katakan apa yang ada di benakmu dan apa yang kamu rasakan secara langsung, jujur, dan tenang. Komunikasi dua arah melibatkan rasa menghargai dan keterbukaan dengan opini satu sama lainnya.
  2. Hargai Pasanganmu
    Bagaimanapun juga pasanganmu tetap memiliki kehidupan dan tujuan hidupnya sendiri. Kamu tidak bisa memaksa pacarmu untuk mengikuti kemauanmu dan sebaliknya. Berikanlah kebebasan baginya untuk meluangkan waktu dengan orang terdekatnya dan mencapai impiannya.

    Cara bersikap dewasa dengan pasanganmu adalah dengan menghargai privasi serta batasan yang sudah ia buat alih-alih memaksanya untuk berubah mengikutimu.
  3. Bertanggung Jawab atas Emosi dan Pilihanmu
    Segala emosi dan pilihan hidupmu adalah sesuatu yang menjadi tanggung jawabmu dan bukan pasanganmu ataupun orang lain. Cara bersikap dewasa di depan pacarmu adalah dengan memahami kalau semua emosi dan pilihanmu adalah sesuatu yang harus kamu terima dan kelola.

    Hindari menyalahkan pasangan ataupun orang lain atas tiap emosi yang kamu rasakan dan pilihan yang kamu buat.
  4. Percaya dan Terbuka dengan Pasangan
    Menjadi pribadi yang dewasa dalam sebuah hubungan berarti dapat bersabar dengan pasangan dan bersedia untuk percaya dengannya. Jangan selalu mengasumsi yang terburuk dan hanya memandang pasanganmu berdasarkan emosi sesaat.

    Daripada berasumsi secara salah, lebih baik kamu secara terbuka dan tenang mengemukakan hal-hal yang membuatmu cemas dan khawatir kepada pasanganmu.
  5. Berpikir Sebelum Berbicara dan Bertindak
    Kata-kata dapat menjadi senjata yang berbahaya jika tidak dirangkai dan diucapkan dengan tepat. Jika kamu tidak berpikir sebelum berbicara atau bertindak, ada kemungkinan kamu akan mengucapkan atau melakukan sesuatu yang kamu sesali dan tidak bisa ditarik kembali.

    Tenangkan dirimu sejenak sebelum berbicara atau bertindak jika kamu sedang marah atau sedih. Jangan sampai pasanganmu terluka dengan perkataan atau perilakumu.
  6. Akui Kesalahan dan Jangan Malu untuk Minta Maaf
    Menyadari dan berani mengakui kesalahan bukanlah sesuatu yang mudah, tapi salah satu cara bersikap dewasa dengan pasangan adalah berani mengakui dan meminta maaf ketika kamu memang salah serta belajar dari kesalahan itu. Hindari menyalahkan pasangan atau mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan tersebut.
  7. Ingatkan Diri kalau Tidak Ada Manusia yang Sempurna
    Tentunya tidak ada manusia yang sempurna, termasuk dirimu dan pasangan. Salah satu cara bersikap dewasa dengan pasangan adalah menyadari kalau tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

    Alih-alih fokus pada hal negatif di diri pacarmu, lebih baik kamu melihatnya dan menerimanya secara utuh dan tidak mengkritik kekurangannya. Justru, jadikan ini ajang untuk menunjukkan dukungan, penerimaan, dan kesabaranmu terhadap pasangan.
  8. Saling Mendukung
    Menjalani hubungan berpacaran ataupun hubungan romantis lainnya sama seperti bekerja sama dalam satu tim. Oleh karena itu, kamu harus bisa saling mendukung dengan pasangan untuk mencapai tujuan hidup masing-masing ataupun tujuan dalam hubungan.
  9. Seimbangkan Kebutuhanmu dan Pasangan
    Cara untuk bersikap dewasa dengan pasangan adalah dengan berkompromi dan tidak hanya fokus pada kebutuhanmu saja tetapi juga memperhatikan apa yang pacarmu butuhkan. Akomodasi apa yang pasanganmu butuhkan.

    Begitupun juga sebaliknya, jangan terlalu terpatok pada kebutuhan pasanganmu sampai melupakan kebutuhanmu sendiri. Kamu juga perlu waktu untuk mengembangkan dirimu sendiri.
  10. Belajar Berempati dengan Pasangan
    Dalam tiap hubungan, kamu tentunya harus siap untuk memahami apa yang sedang dialami oleh pasanganmu dan mencoba untuk mengerti sudut pandangnya. Kamu tidak bisa hanya berfokus pada persepsimu saja karena tiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing.

Baca juga: 5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!

Kamu tidak perlu buru-buru harus menjadi pribadi yang dewasa. Cobalah pelan-pelan terapkan cara bersikap dewasa dengan pasangan atau pacar di atas.

Jika kamu memiliki masalah dengan pasanganmu yang sulit untuk diatasi dan bahkan sampai menganggu kehidupan sehari-harimu, tidak ada salahnya kamu mengunjungi tenaga profesional, seperti psikolog, konselor, terapis, ataupun psikiater.

Referensi

Marriage.com. (2021). 15 Ways on How to Be Mature in a Relationship. www.marriage(dot)com

Psychreg. (n.d.). How to Be Mature in a Relationship: A Psychological Perspective. www.psychreg(dot)org

Psychology Today. (2021). Emotional Maturity in Relationships. www.psychologytoday(dot)com

Psychology Today. (2018). The Key to Having an Adult Relationship. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp