12 Ciri-ciri Jodoh Saya: Yuk Cek Apakah Ciri-cirinya Ada di Pasanganmu?
Yuk Share!

Katanya memilih pasangan yang baik sesusah mencari jarum dalam tumpukan jerami. Mulai dari shio, tanggal lahir, sampai astrologi, ada banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk mencari tahu ‘siapakah jodoh saya’ dan apakah crush atau pasangannya adalah orang yang tepat sebagai partner hidupnya.

Sebenarnya kamu tidak perlu capek-capek ke peramal atau mbah dukun untuk menjawab pertanyaan ‘siapakah jodoh saya’ karena kamu bisa mencari tahu sendiri apakah pasangan atau gebetanmu adalah orang yang tepat untukmu atau tidak!

Penasaran apa saja tanda-tanda yang memperlihatkan kalau dia adalah orang yang sesuai untukmu dan kira-kira apa saja ‘ciri-ciri jodoh saya’? Cari tahu tanda-tandanya di bawah!

Baca juga: Apa Artinya dari ‘Date’ & ‘Ngedate’? Ini 5 Tips Mencari Pasangan

Apa Saja Ciri-ciri Jodoh Saya?

12 Ciri-ciri Jodoh Saya: Apakah Ciri-cirinya Ada di Pasanganmu?
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/b9kh72kOcdM

Mencari tahu ‘ciri-ciri jodoh saya’ atau ‘siapakah jodoh saya’ sebenarnya bukanlah suatu misteri dunia yang baru bisa dipecahkan dengan rumus matematika yang rumit ataupun kekuatan supernatural. Kalau kamu jeli, kamu pasti bisa menelaah apakah gebetan atau pasanganmu memang cocok untuk jadi pasangan hidupmu atau tidak.

Berikut adalah beberapa ‘ciri-ciri jodoh saya’ yang bisa kamu jadikan patokan untuk menjawab pertanyaan klasik ‘siapakah jodoh saya?’:

  1. Percaya Diri
    Ciri-ciri pertama dari ‘jodoh saya’ adalah percaya dengan dirinya sendiri. Mereka tidak menyombongkan diri tetapi menghargai diri sendiri dan sadar akan kelebihan serta kekurangannya. Mereka tidak akan membiarkan orang lain merendahkan ataupun menginjak-nginjak dirinya.

    Orang yang percaya diri adalah sosok yang pantang menyerah, suka merayakan dan tidak merasa terancam dengan kesuksesan orang lain, serta dapat membuat keputusan dengan cepat dan mudah.
  2. Menghargai Personal Boundaries
    Setiap orang tentunya mempunyai personal boundaries atau batasan-batasan pribadi yang tidak boleh dilanggar. Ciri-ciri dari ‘jodoh saya’ yang kedua adalah mampu menghargai personal boundaries dan memahami kalau ada beberapa hal yang memang tidak kamu sukai dan tidak boleh dilakukan.
  3. Pengertian dan Terbuka
    Ciri-ciri lain untuk menjawab pertanyaan ‘siapakah jodoh saya?’ adalah pengertian dan terbuka. Pasangan yang tepat adalah yang bisa memahami sudut pandangmu dan tidak hanya fokus ke dirinya saja, mereka terbuka dengan berbagai pandangan lainnya dan sadar kalau tiap orang mungkin memiliki pola pikir yang berbeda-beda.

    Mereka dapat mengapresiasi orang sekitarnya secara jujur, berempati, menghargai dan tidak menghakimi pemikiran serta perasaan orang lain, serta penyabar.
  4. Saling Percaya dan Menghargai
    Selain komunikasi yang baik, rasa saling percaya atau trust adalah komponen penting dalam suatu hubungan. Oleh karena itu, salah satu ciri-ciri penting dari ‘siapakah jodoh saya?’ adalah kamu dan dia bisa saling mempercayai satu sama lainnya.

    Kamu bisa percaya dengan perkataan serta perilakunya, demikian juga sebaliknya. Kalian tidak perlu saling mengecek keberadaan ataupun handphone satu sama lainnya. Dengan kata lain, tidak ada rasa curiga yang berlebihan dan irasional dalam hubungan kalian.
  5. Mendukung Tujuanmu
    Pasangan yang baik adalah yang dapat mendukungmu untuk mencapai tujuanmu, mulai dari target pribadi, tujuan dalam hubungan percintaan, sampai karier. Tentunya tujuan-tujuan yang didukung haruslah sesuatu yang memang baik dan benar untuk satu sama lainnya.

    Mereka tidak akan merasa tertekan atau terancam dengan tujuan-tujuan yang ingin kamu raih karena mereka juga memiliki tujuannya sendiri. Kalian akan bisa mendukung satu sama lain untuk meraih cita-cita masing-masing.

    Dukungan yang diberikan dapat berupa menghibur di kala kamu sedang lelah atau sedih, atau memuji serta mengapresiasi pencapaian-pencapaian kecil yang sudah kamu capai.
  6. Mandiri
    Gebetan atau pacar yang mandiri adalah salah satu ciri-ciri dari ‘jodoh saya’ karena mereka tidak akan bergantung sepenuhnya kepadamu. Orang yang mandiri tidak takut untuk sendiri, lebih tegar, dan percaya diri.

    Mereka tidak akan menyita waktumu dan menuntut atensimu secara berlebih. Mereka dapat mengurus diri sendiri, lebih menghargai diri, cenderung stabil secara finansial, bisa merencanakan masa depan, serta dapat mendukung pasangannya.
  7. Tenang Saat Ada Masalah
    Mampu menghadapi masalah dengan kepala dingin adalah kriteria pasangan yang cocok untukmu. Mereka tentunya juga bisa terpancing emosi, tapi alih-alih melihat dan menyelesaikan masalah tersebut secara emosional, mereka dapat mengendalikan emosi yang dirasakan.

    Orang yang tenang saat diperhadapkan dengan suatu masalah dapat membuat keputusan secara rasional, tetap optimis dan realistis, mampu belajar dari pengalaman, berpikir sebelum bertindak, meregulasi dan mengekspresikan emosi dengan tepat, memiliki cara berkomunikasi serta resolusi konflik yang baik, dan bisa mempertimbangkan sudut pandang orang lain.
  8. Bisa Jadi Diri Sendiri
    Tentunya ciri-ciri ‘jodoh saya’ yang satu ini tidak hanya berlaku untuk Si Doi, tapi juga kamu. Saat bersamanya kamu merasa nyaman, bahagia, dan bisa menjadi dirimu sendiri. Kamu bisa terbuka dan bebas mengutarakan pemikiran serta perasaanmu padanya.

    Orang yang cocok sebagai pasangan hidupmu harus bisa menerima dirimu apa adanya sehingga kamu bisa mengungkapkan vulnerabilities-mu serta dapat memberitahukan secara jujur apa yang kamu sukai dan tidak sukai.
  9. Memberikan Space
    Tiap orang tentunya membutuhkan space atau ruang bagi dirinya sendiri untuk bisa berkembang dan merefleksikan diri. Orang yang tepat sebagai jodohmu haruslah seseorang yang bisa menghargai waktu, ketertarikan, dan hobimu.

    Mereka sadar kalau meskipun kalian terikat dalam hubungan percintaan, tetapi kalian tetaplah dua pribadi yang berbeda dengan kebutuhan, hobi, dan ketertarikan yang berbeda pula. Mereka akan siap mendukung segala hal-hal positif yang kamu lakukan.
  10. Berdiskusi Secara Terbuka
    Saat ada masalah, kamu dan dia bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, terbuka, dan bisa saling menghargai pandangan satu sama lainnya. Terkadang akan ada saat di mana pandangan kalian akan sangat jauh berbeda, tetapi kalian bisa memahami kalau ada kalanya perlu ada kondisi agree to disagree.
  11. Serius tapi Santai
    Hubungan percintaan adalah sesuatu yang serius, tetapi tentunya pasanganmu juga perlu bisa memberikan aspek fun dalam hubungan supaya hubungan kalian tidak monoton. Ciri-ciri ‘jodoh saya’ yang lain adalah dapat bersikap serius tapi santai, tahu kapan perlu memulai deep conversation dan kapan perlu bercanda ria serta melakukan obrolan ringan.
  12. Saling Tertarik Secara Fisik
    Ketertarikan emosional memang penting, tapi jangan lupakan ketertarikan fisik. Pastikan kalau kamu dan dia memang tertarik secara fisik dan ingin mengeksplorasi fisik satu sama lainnya di jenjang yang lebih serius.

Baca juga: Ampuh! Ini 5 Cara Membujuk Pacar LDR yang Marah & Ngambek!

Kalau kamu masih belum bisa memastikan apakah gebetan atau pacarmu memiliki ciri-ciri ‘jodoh saya’, kamu bisa mencoba meminta opini dari orang-orang terdekat yang sudah pernah bertemu dengan mereka.

Kamu juga bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai hubungan percintaan dan kesehatan mental di grup Telegram Dear Senja! Klik tautan ini untuk mulai join!

Referensi

Everyday Health. (2020). 9 Signs You’re in a Healthy Relationship. www.everydayhealth(dot)com

Healthline. (2019). What Makes a Relationship Healthy?. www.healthline(dot)com

Verywell Mind. (2022). 5 Signs Your Partner Is Marriage Material. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp