5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!
Yuk Share!

Love language atau bahasa cinta sangat sering diungkit dalam hubungan berpacaran ataupun pernikahan. Bagaimana tidak, love language adalah salah satu hal yang cukup penting untuk diketahui karena dapat membantumu lebih mengenal pasangan ataupun orang terdekat lainnya.

Love language tidak hanya sebatas bagaimana kamu memperlihatkan cintamu pada orang terdekat, tapi juga berfokus pada apa yang membuatmu merasa diperhatikan atau dicintai.

Dengan mengetahui love language orang terdekat dan dirimu itu apa saja, kamu bisa lebih memahami dan memperdalam hubunganmu dengan mereka. Nah, sebelum mencari tahu apa saja love language kalian, kamu perlu tahu dulu apa itu dan apa saja macam-macam love language!

5 Love Language Itu Apa Saja?

5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/EdULZpOKsUE

Love language adalah suatu konsep yang dicetuskan oleh Dr. Gary Chapman mengenai cara-cara yang dilakukan oleh manusia untuk mengkomunikasikan perhatian dan rasa cinta mereka. Meskipun terkesan hanya untuk hubungan romantis, tapi love language adalah sesuatu yang bisa dipakai untuk mempererat pertemanan dan kekeluargaan.

Rasa cinta kepada pasangan bukanlah sesuatu yang konstan dan akan terus ada karena pada akhirnya cinta sejati atau cinta yang sebenarnya merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan atau dikelola.

Harus ada aksi yang nyata untuk mempertahankan dan berkomitmen pada suatu hubungan. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui love language kamu dan pasangan apa saja.

Sebenarnya tiap orang memiliki 5 macam love language, tapi tentunya ada yang lebih dominan atau lebih berdampak. Berikut adalah 5 macam love language:

Baca juga: 12 Ciri-ciri Jodoh Saya: Yuk Cek Apakah Ciri-cirinya Ada di Pasanganmu?

  • Quality Time
    Kalau pasanganmu memiliki love language berupa quality time, maka ia akan merasa diperhatikan jika kamu meluangkan waktumu bersama mereka tanpa diganggu dengan hal-hal lainnya, seperti handphone atau pekerjaan.

    Quality time tidak harus melulu hanya berbicara dan mendengarkan pasanganmu, kamu juga bisa meluangkan waktu dengan melakukan aktivitas bersama, seperti menonton film, memasak, atau bahkan berolahraga bersama.

    Aspek paling penting dari quality time adalah memberikan perhatianmu secara menyeluruh pada pasanganmu dan fokus menghabiskan waktu dengannya.
  • Physical Touch
    Physical touch atau sentuhan fisik merupakan salah satu dari macam-macam love language yang cukup sering dibahas. Physical touch tidak harus berupa sentuhan yang intim. Menggandeng tangan, duduk dekat pasangan, memeluk, dan mengusap punggung pasangan sudah termasuk dalam love language physical touch.

    Sentuhan fisik adalah salah satu hal mendasar dari sebuah komunikasi. Memberikan sentuhan fisik yang penuh perhatian kepada pasangan akan membuatnya yakin kalau kamu memang peduli dan memikirkannya.
  • Gift Giving
    Memberikan hadiah dapat menjadi cara konkrit untuk menyatakan kasih sayang kepada pasangan. Tak heran kalau gift giving masuk ke dalam 5 macam love language. Namun, gift giving tidak berarti kamu hanya sekedar memberikan barang saja.

    Barang atau kado yang kamu berikan haruslah sesuatu yang memang memperlihatkan kalau kamu memikirkan pasanganmu dan barang tersebut memang sesuatu yang cocok untuk dia.

    Barang yang kamu beli juga tidak harus sesuatu yang mahal. Kamu bisa memberikan hal-hal kecil, seperti memberikan pasanganmu makanan favoritnya atau membelikan bunga kesukaannya.
  • Act of Service
    Jika love language pasanganmu adalah act of service, maka pasanganmu akan merasa dicintai atau diperhatikan jika kamu membantunya atau melakukan sesuatu untuk meringankan bebannya. Contohnya, mencuci piring dan membersihkan rumah.
  • Words of Affirmation
    Words of affirmation adalah salah satu dari 5 macam love language yang sering disalahartikan. Meskipun words of affirmation merujuk pada menunjukkan perhatian melalui kata-kata, tapi tidak berarti kamu harus selalu memuji penampilan fisik pasanganmu.

    Word of affirmation meliputi memberikan perkataan-perkataan positif yang mendukung, mengafirmasi, dan mengapresiasi pasanganmu. Misalnya, kamu memberikan kata-kata penyemangat saat pasanganmu sedang sedih atau lelah, atau mengapresiasi pencapaian pasanganmu.

    Kamu tidak harus berbicara secara verbal, kata-kata positif tersebut dapat dilontarkan secara lisan melalui surat ataupun chat.

Bagaimana Cara Mengetahui Love Language Pasangan Itu Apa Saja?

5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/Pw5uvsFcGF4

Kamu tidak perlu tebak-tebak berhadiah untuk mencari tahu love language pasanganmu. Kamu bisa dengan mudah mengikuti tes love language yang beredar di internet untuk memahami love language pasangan dan dirimu itu apa saja.

Ada baiknya kalau kamu dan pasangan saling memberitahukan love language masing-masing agar kalian bisa memperdalam hubungan satu sama lain dengan bahasa cinta yang dimiliki karena untuk mempertahankan suatu hubungan diperlukan effort dari kedua pihak.

Jadi, sudah siap mencari tahu love language kalian itu apa saja?

Baca juga: Yuk Simak 8 Topik Pembicaraan Chat dengan Pacar Agar Tidak Bosan!

Referensi

Psychology Today. (2020). What Are the 5 Love Languages? Definition and Examples. www.psychologytoday(dot)com

Simply Psychology. (2022). What Are the Five Love Languages?. www.simplypsychology(dot)org

The University of Arizona. (2021). The Psychology Behind the 5 Love Languages. www.uagc(dot)edu


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp