8 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan yang Romantis dan Indah
Yuk Share!

Rasa jenuh dan lelah dalam menjalani hubungan merupakan sesuatu yang sebenarnya cukup sering terjadi dalam hubungan berpacaran karena pada dasarnya perasaan cinta yang menggebu-gebu bukanlah sesuatu yang akan terus-menerus ada.

Dalam suatu hubungan romantis, kamu perlu usaha untuk tetap mempertahan, membina, dan berkomitmen dalam hubungan. Cinta adalah sesuatu yang membutuhkan aksi nyata dan tidak hanya sekedar emosi saja.

Kamu dan pasangan mungkin saja sedang menghadapi beragam konflik yang menguji ketahanan hubungan kalian. Jika kamu sedang membutuhkan kata-kata penyemangat atau sekedar ingin membaca kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis dan indah, maka kamu bisa menelusuri artikel ini untuk mendapatkan inspirasi dan semangat baru! Berikut adalah beberapa kata-kata bijak dalam hubungan

Baca juga: Yuk Simak 8 Topik Pembicaraan Chat dengan Pacar Agar Tidak Bosan!

8 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan yang Romantis dan Indah
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/2cdzDZ90M90
  1. Hubungan Romantis Ibarat Mendayung Kapal
    Suatu hubungan tidak akan berjalan jika hanya satu orang saja yang berusaha. Ibarat mendayung kapal, akan terasa berat jika hanya satu orang saja yang berusaha untuk mengarungi ganasnya badai.

    Komitmen dalam berpacaran harus dilaksanakan oleh dua orang. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan perasaan cinta saja, akan ada pengorbanan waktu dan usaha dari dua pihak untuk bisa membuat hubungan tidak kandas.
  2. Cinta Itu Tidak Sempurna
    Kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis dan indah terkadang memperlihatkan seakan-akan cinta adalah sesuatu yang sempurna, padahal mencintai seseorang berarti berani membuka diri, memperlihatkan segala kelebihan dan kekurangan, serta menerima pasangan apa adanya.

    Tidak ada cinta yang sempurna karena pasti akan ada konflik dan kekurangan dari masing-masing pasangan. Justru segala ketidaksempurnaan itulah yang membuat cinta terasa indah. Kamu tidak akan bisa menjalani suatu hubungan dengan topeng atau persona yang palsu karena pada akhirnya hubungan tersebut akan dijalani dalam jangka panjang.
  3. “Kamu dan Aku Setara”
    Kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis ini merujuk pada rasa hormat pada pasangan. Mencintai seseorang berarti kamu menghargai keseluruhan keberadaan orang tersebut dan bukan hanya sekedar menginginkan sisi-sisi tertentu dari dirinya.

    Hubungan bukanlah sesuatu yang vertikal, tapi horizontal. Tiap pasangan harus bisa menghargai satu sama lainnya dan berkomunikasi secara terbuka dan jujur tanpa menuntut atau memaksa salah satu pihak untuk mengikuti keinginan atau idealisme pihak lainnya.
  4. Bangun Hubunganmu Layaknya Menyusun Rumah Impian
    Membangun suatu hubungan bukanlah sesuatu yang mudah tetapi kamu harus belajar untuk enjoy the process bersama pasanganmu. Kamu dan pasangan harus bisa saling memahami, berkompromi, dan menjadi satu tim yang solid untuk mencapai visi dan misi kalian.

    Layaknya membangun rumah impian, kamu dan pasangan perlu membuat rencana untuk merealisasikan visi dan misi kalian seperti meletakkan satu per satu bongkahan batu bata untuk pondasi rumah impian.
  5. Jadilah Hembusan Angin Sejuk untuk Pasanganmu
    Kamu tidak perlu memberikan perhatian yang berlebih untuk pasanganmu karena yang terpenting adalah kamu bisa mengakomodasi apa yang pasanganmu butuhkan. Jadilah pendengar dan penyemangat utama bagi partner hidupmu.

    Layaknya angin sepoi-sepoi yang lembut dan menyejukkan, dukunglah pasanganmu dan ringankan bebannya dengan pengertian dan kesabaran. Tidak perlu terlalu heboh karena kehadiranmu bisa saja sudah cukup untuk dirinya.
  6. “Satu tapi Terpisah
    Kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis ini seolah-olah memperlihatkan kalau kamu harus menjauh dari pasanganmu, tapi ini tidak demikian adanya. Meskipun kamu dan pasangan menjalani hubungan yang eksklusif, tidak berarti seluruh dunianya hanya berpusat pada dirimu dan sebaliknya.

    Kamu harus memberikan ruang untuknya karena pasanganmu pasti membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, mengejar impiannya dan hobinya, serta meluangkan waktu bersama teman dan keluarganya.
  7. Jadilah Seperti Kriteria Pasangan Idealmu
    Meskipun tidak terasa seperti kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis dan indah, tapi penting bagi kamu untuk mengembangkan dirimu sebaik mungkin. Alih-alih menunggu pasangan yang tepat, akan lebih baik kalau kamu menjadi orang yang tepat terlebih dahulu.

    Kamu tidak akan bisa memikat orang yang sesuai dengan idealismemu kalau kamu sendiri tidak berusaha untuk menjadi versi terbaik dirimu.
  8. “Kita Mengatasi Masalah Bukan Aku Mengatasi Kamu”
    Saat diperhadapkan dengan suatu konflik, terkadang kamu bisa lupa dan malah menyerang pasanganmu dengan beragam kritikan yang tajam. Padahal yang harus kamu fokuskan adalah menyelesaikan masalah atau perilaku yang menganggu tersebut.

    Jangan menjadikan pasanganmu sebagai musuh tapi pandanglah dia sebagai partner diskusi untuk menuntaskan suatu masalah. Bicarakan masalah tersebut dengan kepala dingin dan sampaikan apa yang kamu rasakan serta apa yang perlu dilakukan.

Baca juga: 5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!

Kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis dan indah ini tentunya tidak hanya direfleksikan saja tapi juga perlu diterapkan karena pemahaman tanpa aksi hanyalah suatu kesia-siaan. Jadi, sudah siap merealisasikan kata-kata bijak dalam hubungan yang romantis dan indah di atas?

Referensi

Moving Mindsets. (n.d.). Foundations of Relationships. www.movingmindsets.com(dot)au

New York State. (n.d.). What Does a Healthy Relationship Look Like?. www.ny(dot)gov

PsychCentral. (2017). 16 Quotes to Inspire Healthy Relationships. www.psychcentral(dot)com

Psychology Today. (2017). 7 Building Blocks of a Great Relationship. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp