Ampuh! Ini 7 Tips & Cara Cepat Move On dari Mantan!
Yuk Share!

Saat menjalin hubungan asmara dengan orang yang dicintai, tak pernah terlintas di benak kalau kamu dan doi akan putus secara tiba-tiba. Mulai dari cekcok sampai beda visi dan misi, ada banyak alasan seseorang bisa putus dengan pasangannya.

Setelah putus sudah pasti kamu akan merasa sangat terpukul dan sedih. Jika tidak ada harapan untuk rujuk, maka kamu harus bisa merelakan mantanmu dan masa lalu kalian alias move on. Namun, bagaimana cara supaya bisa move on dari mantan?

Baca juga: Apa Itu Overthinking? Berikut Pengertian, Penyebab & Contohnya

Terapkan Cara Move On dari Mantan Ini!

Ampuh! Ini 7 Tips & Cara Cepat Move On dari Mantan!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/28oawOZWENA

Tentunya move on dari mantan tidak semudah membalik telapak tangan. Tiap orang memiliki waktu dan prosesnya masing-masing untuk bisa melupakan orang yang dicintainya. Kalau kamu sedang mengalami kesulitan untuk move on, maka kamu bisa mencoba beberapa cara move on dari mantan di bawah ini:

  1. Putuskan Kontak
    Setelah putus dari mantan, kamu perlu memberikan waktu untuk dirimu. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk berteman atau bahkan tetap bertemu dengan mantan. Salah satu cara untuk bisa move on dari mantan adalah dengan menghentikan segala kontak dengannya.

    Buatlah batasan diri yang jelas antara kamu dan mantanmu. Kamu boleh-boleh saja berteman dengannya jika kamu sudah bisa mengelola semua emosi yang kamu rasakan pascaputus dengan doi.

    Tidak berteman atau menjalin kontak dengan mantan tidak berarti kamu tidak dewasa karena itu bukanlah tolak ukur dari sebuah kedewasaan. Justu, menjadi dewasa itu berarti kamu memahami kalau dirimu sedang terluka dan kamu perlu memprioritaskan dirimu terlebih dahulu alih-alih memikirkan perasaan mantanmu atau persepsi orang lain.

    Selalu utamakan kesehatan mental dan ketenangan jiwamu terlebih dahulu. Kalau memang kamu tetap perlu bertemu dengan mantan karena berada di satu lingkaran pertemanan atau kerja yang sama, maka kamu tidak perlu bersikap terlalu friendly atau ketus, cukup hargai mantanmu sebagaimana kamu menghargai orang-orang di sekitarmu.

    Kamu bisa mengurangi aktivitas di media sosial jika kamu masih berteman dengan mantanmu di medsos. Tidak ada masalah jika kamu memutuskan untuk tidak berteman dengan mantanmu di media sosial jika itu mengingatkanmu tentang hubungan kalian dan membuatmu sakit hati atau susah untuk move on. Ingat, kamu perlu menyembuhkan dirimu terlebih dahulu.
  2. Terima dan Relakan Masa Lalu
    Rasa sedih, kecewa, dan marah adalah sesuatu yang sangat wajar untuk dialami setelah putus. Banyak orang yang tidak bisa merelakan hubungan mereka dan tidak dapat menerima kalau hubungan asmara mereka sudah berakhir.

    Padahal salah satu cara untuk bisa move on dari mantan adalah dengan menerima dan merelakan hubungan serta setiap kenangan kalian. Tidak perlu terus-menerus mengingat segala memori bersama mantan dalam ingatan, foto, video, ataupun barang.

    Ingatkan dirimu kalau semua itu hanyalah masa lalu yang tidak bisa kamu lalui kembali karena yang ada sekarang ini hanyalah masa depan.

    Belajar untuk memahami perspektif mantanmu dan terima juga segala pemikiran serta emosimu karena apa yang kamu rasakan dan pikirkan sama valid-nya dengan apa yang mantanmu persepsikan.
  3. Jangan Terjebak dalam Fantasimu
    Setelah putus, kamu bisa teringat dengan semua kenangan manis bersama mantan dan lupa dengan kekurangan atau bahkan hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kandasnya hubungan kalian.

    Kamu dapat terjebak di pemikiran “seandainya saja…” atau “semuanya akan berubah kalau…”. Selain itu, sangat mudah untuk hanya fokus pada kualitas dan memori-memori baik bersama mantan dan membayangkan dia sebagai sosok yang ideal.

    Padahal, tidak ada gunanya memikirkan hal yang sudah berlalu karena kamu tidak bisa mengulang masa lalu. Tak hanya itu, putusnya hubungan romantis sering kali diakibatkan oleh kesalahan dari dua pihak.

    Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyalahkan dirimu ataupun menyalahkan mantanmu karena kamu dan dia pasti memiliki kekurangan serta kesalahan masing-masing yang berujung pada berakhirnya hubungan asmara.

    Kamu juga harus ingat kalau mantanmu hanyalah manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan hanya fokus pada hal-hal baik mengenai dirinya, lihat mantanmu secara objektif dan terima kalau hubungan kalian tidak seindah yang kamu bayangkan.
  4. Tidak Perlu Mengelak atau Memendam Perasaanmu
    Cara lain untuk bisa move on dari mantan adalah dengan menerima segala emosi yang kamu rasakan setelah putus. Kamu tidak perlu memendam atau menyangkal kalau kamu sedang merasa sedih, marah, kecewa, atau bahkan masih mencintai mantanmu.

    Emosi bukanlah sesuatu yang dapat kamu kendalikan, apalagi jika emosi itu adalah emosi kompleks seperti rasa cinta. Wajar jika kamu merasa sakit hati setelah putus karena kamu kehilangan suatu hubungan yang berharga.

    Secara perlahan kamu akan mulai bisa menerima cinta yang baru dan merelakan mantanmu, tapi kamu tidak perlu memaksa dirimu untuk melupakan rasa cintamu begitu saja. Akui saja segala emosi yang kamu rasakan karena dari sana kamu akan bisa memproses emosimu dan sembuh dari sakit hatimu.
  5. Fokus ke Dirimu dan Masa Depan
    Cara untuk move on dari mantan yang paling utama adalah fokus ke dirimu dan masa depanmu. Jangan tercantol di masa lalu dengan mantan. Kamu sedang terluka dan kamu butuh waktu untuk menyembuhkan diri.

    Kamu pantas mendapatkan orang yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu, serta bisa menghargai dan memperlakukanmu dengan baik. Tidak perlu mengkritik atau menghakimi diri. Maafkanlah dirimu dan mulai fokus dengan apa yang ingin kamu lakukan serta masa depan yang akan kamu jalani.

    Lakukanlah hal-hal yang bisa membuatmu bahagia dan tenang, seperti berolahraga, mencoba hal baru, melakukan hobi yang disukai, ataupun aktivitas lain yang bisa membantumu menjadi lebih rileks dan tenang. Buatlah rutinitas baru yang dapat kamu ikuti agar kamu tidak merasa kehilangan arah.

    Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan memantau kondisi fisik serta mentalmu. Jangan sampai kamu tidak memerhatikan dirimu dan hanya fokus pada masa lalu yang sudah berlalu.
  6. Belajar dari Masa Lalu
    Jangan jadikan pengalaman putus dengan mantan sebagai hukuman untuk dirimu. Jadikanlah hal tersebut sebagai pembelajaran untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan dirimu untuk hubungan selanjutnya.

    Tidak perlu menganalisis masa lalumu secara berulang, cukup sadari apa yang salah dari hubunganmu dan kembangkan dirimu agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi saat menjalin hubungan dengan orang yang baru.
  7. Bersosialisasi dengan Orang Terdekat
    Hal yang wajar jika kamu merasa sendirian dan kesepian setelah putus dari mantan. Saat sendirian, kamu akan lebih rentan untuk mengenang masa lalumu dan merasa sulit untuk move on.

    Oleh karena itu, salah satu cara lain untuk bisa move on dari mantan adalah dengan mencari dukungan sosial dengan berbicara atau bercengkrama dengan orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga.

    Tidak ada salahnya juga kamu berkenalan dengan orang baru. Kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu untuk memperluas social circle-mu. Bisa saja kamu malah menemukan jodoh baru saat berkenalan dengan orang-orang baru!

Baca juga: Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat

Putus cinta adalah sesuatu yang sangat menyakitkan dan berdampak pada persepsimu terhadap diri sendiri, orang lain, dunia, dan masa depan. Namun, kamu tidak perlu cepat-cepat memaksa dirimu untuk move on dari mantan karena tiap orang memiliki waktu dan proses yang berbeda-beda.

Kamu juga tidak disarankan untuk segera ngedate lagi dengan orang baru kalau kamu masih terluka atau masih sulit untuk membuka hatimu. Kalau kamu memang sudah merasa siap, barulah kamu bisa mencoba menjalin hubungan yang baru dengan orang lain atau crush barumu.

Jika kamu memiliki kesulitan untuk move on dari mantan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari meskipun sudah mencoba menerapkan cara move on dari mantan di atas, jangan sungkan untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, konselor, psikiater, atau terapis.

Referensi

Betterhelp. (2022). How Can I Move On When I’m Still in Love With my Ex?. www.betterhelp(dot)com

Psychology Today. (2015). 5 Ways to Move On from an Ex You Still Love. www.psychologytoday(dot)com

University of Hampshire. Break Ups: How to Help Yourself Move On. www.unh(dot)edu


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp