Apa Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi? Ini Ciri dan Penjelasannya!
Yuk Share!

Selingkuh biasanya terjadi saat seorang pria atau wanita mencintai atau menjalin hubungan romatisme di luar pasangannya. Meskipun selingkuh dapat dilakukan oleh pria maupun wanita, tetapi pada beberapa kasus, alasan wanita selingkuh bisa berbeda dari pria menurut psikologi.

Ada banyak hal yang bisa menimbulkan rasa curiga para pria terhadap pasangannya, terkadang hal ini bisa membuat para kaum Adam bertanya-tanya dan mulai mencari tahu ciri-ciri wanita selingkuh di internet.

Namun, kamu perlu memahami apa saja alasan wanita selingkuh menurut psikologi sebelum mulai fokus dengan ciri-ciri wanita selingkuh. Cari tahu penyebab wanita selingkuh lebih lanjut melalui artikel di bawah ini!

Apa Saja Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi?

Apa Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi? Ini Ciri dan Penjelasannya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/vLENm-coX5Y

Tindakan selingkuh tentunya merupakan sesuatu yang salah dan bisa dilakukan oleh kedua gender. Akan tetapi, terdapat perbedaan motivasi atau penyebab wanita selingkuh.

Secara garis besar, alasan wanita berselingkuh adalah untuk memenuhi kebutuhan emosional, sedangkan pria kebanyakan berselingkuh untuk mendapatkan perhatian atau karena memuaskan ketertarikan secara seksual.

Perempuan lebih cenderung melakukan aksi selingkuh karena tidak merasakan adanya ikatan emosional antara dia dan pasangannya, serta merasa kurang dihargai dan tidak dipedulikan. Hal-hal tersebut menyebabkan wanita merasa kesepian dan kecewa.

Pada akhirnya para wanita mulai mencari pemenuhan secara emosional dengan orang lain di luar pasangan. Hal ini akan semakin terasa jika perempuan juga tidak hanya mengalami kurangnya ikatan emosional, tapi juga tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Biasanya alasan wanita yang dianggap baik-baik berselingkuh menurut psikologi adalah karena rasa kesepian tersebut. Rasa sepi dan tidak adanya ikatan emosional dengan pasangan membuat para perempuan berselingkuh karena merasa tidak bahagia dalam hubungannya.

Perempuan bisa berselingkuh karena ingin memenuhi hasrat seksualnya, tapi umumnya alasan para wanita berselingkuh menurut psikologi adalah untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka.

Selain itu, adanya masalah dalam pernikahan yang tidak diselesaikan juga dapat berkontribusi dan meningkatkan peluang para perempuan berselingkuh dengan orang lain di luar pasangannya.

Tak hanya itu, wanita juga jarang melakukan tindakan berselingkuh secara impulsif karena perempuan akan mempertimbangkannya dalam jangka waktu yang lebih lama serta lebih memahami risiko dari tindakan tersebut daripada pria.

Bahkan, terkadang pada wanita kesulitan untuk meninggalkan hubungan perselingkuhan daripada para pria karena mereka sudah menjalin ikatan emosional dengan selingkuhannya.

Tak hanya kurangnya ikatan emosional dan masalah dalam pernikahan, masih ada hal lain yang menjadi alasan wanita berselingkuh menurut psikologi, seperti:

  • Kurangnya keberhargaan diri yang menyebabkan perempuan berselingkuh saat diberikan perhatian oleh pria lain
  • Mengalami banyak tekanan, seperti harus mengurus pekerjaan, anak, dan tugas rumah tangga
  • Merasa bosan dengan pasangan
  • Mengatasi dampak dari trauma tertentu di masa lalu
  • Merasa pasangannya tidak sesuai dengan kriteria yang dibayangkan
  • Pelampiasan kemarahan karena pasangan pernah atau sedang berselingkuh
  • Ingin memenuhi hasrat seksual yang tidak didapatkan saat bersama pasangan

Baca juga: Apa Itu Manipulasi? Yuk Kenali Defenisi, Contoh, & Cara Menghadapinya

Apakah Ada Alasan lain Wanita Berselingkuh selain Menurut Psikologi?

Apa Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi? Ini Ciri dan Penjelasannya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/9vNFtkm-Pus

Uniknya, alasan wanita berselingkuh tidak hanya bisa dianalisis menurut psikologi saja, tapi juga dapat ditilik dari segi evolusi. Berdasarkan teori evolusi, wanita cenderung memikirkan cara untuk menjaga anak dan memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari.

Oleh karena itu, para wanita akan mulai mencari pria-pria lain yang bisa dijadikan ‘cadangan’ ketika pasangannya meninggal atau tidak bisa melindungi dia dan anak-anaknya. Tentunya teori ini menuai berbagai kontroversi dan belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Apa Saja Ciri-Ciri Wanita Berselingkuh?

Setelah sudah memahami alasan wanita berselingkuh secara psikologi, kamu tentunya sudah penasaran mengenai apa saja ciri-ciri dari wanita yang berselingkuh.

Sebenarnya tidak ada ciri atau tanda yang pasti dari wanita berselingkuh. Sering kali hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah bertanya secara langsung dan berdiskusi secara terbuka mengenai apa yang kamu rasakan terhadap pasangan.

Namun, ada beberapa hal yang bisa mensinyalir kalau perempuan sedang berselingkuh, seperti:

  • Adanya pengeluaran finansial yang janggal
  • Sulit dihubungi
  • Tiba-tiba menjadi sangat baik pada pasangan, seperti sering memberikan perhatian atau hadiah secara berlebihan
  • Terlihat cemas atau tidak nyaman ketika di rumah atau sedang berbicara dengan pasangan
  • Kesulitan untuk berbicara sambil menatap mata pasangan
  • Tidak terlihat tertarik untuk berinteraksi atau beraktivitas dengan pasangan
  • Berkurangnya beraktivitas di dalam rumah dan lebih sering keluar rumah
  • Jarang atau bahkan tidak pernah meninggalkan handphone di dekat pasangan

Baca juga: Curiga Suami Selingkuh? Ini 11 Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Perlu digarisbawahi kalau ciri-ciri di atas tidak selalu bisa dijadikan patokan apakah seorang wanita berselingkuh atau tidak. Diskusi yang terbuka dan jujur sangat disarankan untuk memastikannya.

Akan lebih baik lagi kalau Anda dapat menjalani konseling keluarga bersama pasangan untuk menyelesaikan permasalahan dalam hubungan dan menghindari terbentuknya alasan-alasan wanita berselingkuh menurut psikologi.

Referensi

Brides. (2021). 12 Reasons Women Cheat, According to an Expert. www.brides(dot)com

Live Bold & Bloom. (2022). Don’t Understand Why She Strayed? 13 Psychological Facts About A Cheating Woman You Should Know. www.liveboldandbloom(dot)com

Psychology Today. (2018). 7 Key Reasons Why Some Women Cheat. www.psychologytoday(dot)com

WebMD. (2011). Why Women Cheat. www.webmd(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp