Apa Itu Circle Pertemanan? Berikut Penjelasan dan Tips Menjaga Circle Pertemanan yang Baik
Yuk Share!

Teman tidak hanya untuk senang-senang saja karena faktanya, teman-temanmu bisa memengaruhi bagaimana kamu memandang dan menjalani hidup. Oleh karena itu, memiliki circle pertemanan yang tepat akan sangat membantu pengembangan diri dan kesehatan mentalmu.

Namun, memiliki dan menjaga circle pertemanan bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan usaha dan konsistensi untuk bisa memelihara hubunganmu dengan teman-teman yang memang dapat memberikan dampak yang positif untukmu.

Lantas, seperti apa circle pertemanan yang baik dan bagaimana cara menjaga circle pertemanan agar tetap awet dan erat? Cari tahu selengkapnya di bawah!

Baca juga: 5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!

Apa Itu Circle Pertemanan?

Apa Itu Circle Pertemanan? Berikut Penjelasan dan Tips Menjaganya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/AZMmUy2qL6A

Circle pertemanan adalah sekelompok orang yang saling terhubung secara sosial. Kamu bisa saja memiliki lebih dari satu circle pertemanan, misalnya circle pertemanan di perkuliahan atau kantor.

Circle pertemanan bisa saja terdiri dari berbagai orang dengan latar belakang, kepribadian, dan ketertarikan yang berbeda-beda. Sebuah circle pertemanan juga tidak harus berisikan banyak orang, hanya dibutuhkan satu sampai tiga orang saja untuk bisa membentuk sebuah cirle pertemanan.

Tentunya tujuan utama dari adanya circle pertemanan adalah untuk membuatmu merasa nyaman. Oleh karena itu, tidak ada batasan seberapa sedikit atau banyaknya orang yang harus ada dalam suatu circle pertemanan.

Jika kamu lebih nyaman bersosialisasi dengan banyak orang, maka kamu bisa memperluas circle pertemananmu. Namun, apabila kamu lebih senang bersosialisasi dengan satu atau dua orang saja, maka kamu bisa memilah mana saja orang yang ingin kamu ajak untuk berdiskusi secara mendalam.

Tentunya, seiring bertambahnya usia dan kedewasaan, circle pertemananmu juga bisa semakin mengecil karena kamu menjadi semakin selektif dalam memilih orang yang tepat untuk kamu jadikan teman dekat, ditambah lagi, teman-temanmu juga bisa jadi memiliki kesibukannya masing-masing, seperti sedang sibuk mengejar karier atau membangun keluarga.

Memilih orang-orang yang bisa masuk ke circle pertemananmu adalah suatu tindakan yang bijak karena tidak semua orang dapat memberikan efek yang positif dan dapat mendukungmu dengan tulus. Jangan ragu untuk menjaga jarak dengan orang-orang yang memang tidak cocok untuk kamu masukkan ke circle pertemananmu.

Cara Menjaga Circle Pertemanan Agar Tetap Awet

Apa Itu Circle Pertemanan? Berikut Penjelasan dan Tips Menjaganya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/98Elr-LIvD8

Kalau kamu sudah memiliki teman-teman dekat yang dapat memberikan dampak yang positif untukmu, maka kamu pastinya ingin tetap bisa mempertahankan hubunganmu dengan mereka. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga circle pertemanan agar tetap awet sampai tua:

Baca juga: Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya

  1. Tetap Jaga Kontak
    Menjaga circle pertemanan bukanlah sesuatu yang otomatis, kamu tetap perlu berusaha untuk menjaga keeratan dengan satu sama lainnya, seperti dengan mengadakan pertemuan atau video call rutin tiap seminggu sekali.

    Tidak perlu terlalu kaku, kamu bisa berbincang-bincang via telepon atau setidaknya menanyakan kabar dan bercerita tentang apa saja hal-hal besar yang terjadi di hidupmu melalui chat.
  2. Berempati
    Tunjukkan rasa empatimu dan pahami sudut pandang temanmu. Apa yang kamu pikirkan belum tentu sama dengan persepsi temanmu. Cobalah untuk menempatkan dirimu di posisi mereka jika mereka sedang butuh didengarkan dan dimengerti. Tiap orang memiliki masalah dan fase hidup yang berbeda-beda, bisa jadi kamu ataupun temanmu tidak sama lagi seperti dulu.
  3. Selalu Jujur dan Terbuka
    Untuk bisa mempertahankan circle pertemananmu, tentunya kamu harus bisa jujur dan terbuka mengenai dirimu dan tidak takut untuk mengemukakan opini pribadimu serta menegur temanmu jika ia memang melakukan sesuatu yang salah.

    Di sisi lain, kamu juga tidak boleh langsung marah atau merasa temanmu sedang menyerangmu ketika ia hanya ingin memberitahukan pendapatnya atau menegurmu saat kamu melakukan sesuatu yang salah.
  4. Coba untuk Selalu Ada
    Di pasang surut kehidupan, kamu dan orang-orang dalam circle pertemananmu tetap perlu memberikan dukungan dengan satu sama lainnya secara fisik ataupun emosional. Cobalah untuk selalu ada untuk mereka di masa-masa sulit dan menunjukkan kalau kamu peduli dengan temanmu.
  5. Ekspresikan Rasa Syukurmu
    Tidak ada salahnya mengekspresikan rasa syukurmu terhadap keberadaan orang-orang di circle pertemananmu. Kamu bisa memberitahukannya secara langsung tentang betapa kamu sangat menghargai tiap pembicaraan kalian, membelikan makanan kesukaan mereka, atau bahkan sesekali memberikan hadiah kecil sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi.
  6. Hadapi Konflik
    Suatu hal yang normal jika terkadang kamu bentrok dengan temanmu karena orang-orang dalam satu circle pertemanan belum tentu memiliki pola pikir dan latar belakang yang sama.

    Namun, kalian tidak boleh menghindari masalah tersebut. Sebaiknya selesaikan konflik tersebut dengan berdiskusi secara terbuka dan jujur. Cari jalan tengahnya dan hindari mengkritik atau menuduh temanmu.
  7. Asah Kemampuan Berkomunikasi
    Tentunya kemampuan dalam berkomunikasi sangat membantu mempertahankan hubungan dalam circle pertemanan. Selalu terapkan komunikasi yang efektif dan asertif dengan berbicara secara jelas dan terbuka.

    Selain itu, cobalah untuk mengeksplorasi topik-topik pembicaraan baru yang cocok dengan teman-temanmu agar kalian tidak kehabisan bahan pembicaraan. Kamu tidak perlu selalu membicarakan hal-hal yang berat, lelucon ataupun obrolan ringan juga bisa membantu mendekatkan kalian.

Ingin tahu lebih banyak soal tips mengenai pertemanan ataupun percintaan dari sisi psikologi? Bergabunglah ke dalam grup Telegram Dear Senja di sini!

Referensi

PsychCentral. (2021). 6 Tips to Maintain Lasting and Meaningful Friendship. www.psychcentral(dot)com

Psychology Today. (2021). 8 Ways to Make and Maintain a Friendship. www.psychologytoday(dot)com

SocialSelf. (2022). What Is a Social Circle?. www.socialself(dot)com

VerywellMind. (2022). How and Why You Should Maintain Friendships. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp