September 25, 2023
Apa Itu Confess? Yuk Simak Penjelasan dan Cara Confess ke Pasangan!
Yuk Share!

Cinta bisa datang begitu saja dan tanpa rencana, malahan banyak orang yang awalnya hanya sekedar teman tapi ujung-ujungnya malah menaruh rasa. Namun, untuk bisa mengganti status dari ‘teman’ menjadi ‘pacar’, kamu tentunya harus menyatakan perasaanmu terlebih dahulu ke orang yang kamu sukai.

Nah, di sinilah proses confess menjadi penting karena inilah yang akan menentukan titik balik dari teman menjadi pasangan. Lantas, apa itu confess dalam hubungan percintaan dan bagaimana cara confess ke crush atau orang yang kamu sukai? Cek jawabannya di bawah!

Apa Itu Confess?

Apa Itu Confess? Yuk Simak Penjelasan dan Cara Confess ke Pasangan!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/7ZphwmJYNSg

Confess adalah suatu proses di mana kamu menyatakan perasaan cintamu kepada orang yang kamu sayangi dengan tujuan untuk memiliki hubungan yang lebih serius dan lebih dari sekedar teman. Biasanya orang melakukan confess untuk bisa memiliki hubungan berpacaran dengan orang yang disukainya.

Untuk melakukan confess tentunya dibutuhkan keberanian yang besar karena terkadang apa yang diharapkan tidak selalu sesuai dengan ekspektasimu karena kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk menerima perasaanmu dan menjadi pasanganmu.

Akan tetapi, confess kepada orang yang kamu sukai juga dapat memberikan perkembangan ke hubungan percintaan. Oleh karena itu, confess adalah sesuatu yang tetap perlu kamu lakukan jika kamu sudah siap dan berani untuk mengekspresikan perasaanmu serta ingin berkomitmen dengan crush-mu.

Baca juga: Apa Artinya dari ‘Date’ & ‘Ngedate’? Yuk Simak Penjelasannya & 5 Tips Mencari Pasangan

Bagaimana Cara Confess ke Crush?

Apa Itu Confess? Yuk Simak Penjelasan dan Cara Confess ke Pasangan!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/hqUkno6qO9Q

Melakukan confess ke calon pasangan adalah sesuatu yang terasa menakutkan dan membuat beberapa orang menjadi tidak percaya diri, wajar saja karena orang-orang yang ingin confess tentunya memiliki kecemasan bahwa dirinya akan ditolak oleh orang yang dia sukai.

Setelah tahu apa pentingnya confess tentunya kamu menjadi lebih paham kenapa perlu melakukan hal tersebut. Jika kamu adalah salah satu orang yang membutuhkan beberapa cara jitu untuk bisa confess ke crush, maka kamu dapat mencoba tips ini!

  • Persiapkan Dirimu
    Jangan asal langsung confess kalau kamu belum siap untuk berkomitmen atau belum yakin dengan perasaanmu sendiri terhadap gebetanmu. Pastikan terlebih dahulu kalau kamu memang memiliki rasa cinta yang semakin hari semakin besar terhadapnya.
  • Pastikan Orang yang Kamu Sukai Masih Single
    Sebelum kamu melakukan confess, pastikan dulu kalau orang yang kamu sukai tidak sedang memiliki hubungan romantis dengan orang lain alias masih single. Kamu dapat secara langsung menanyakannya ke gebetanmu ataupun menanyakannya ke teman-teman sekitarnya.

    Tidak ada salahnya memastikan apakah orang yang kamu sukai juga memiliki perasaan yang sama denganmu jika kamu khawatir kalau ia tidak akan membalas perasaanmu.
  • Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat
    Saat akan melakukan confess kamu perlu melihat kondisi atau waktu yang tepat agar orang yang kamu sukai juga dapat merasa nyaman dan bisa memberikan respon yang tepat kepadamu.

    Jika kamu terburu-buru dan langsung begitu saja menyatakan perasaanmu, crush-mu bisa saja tidak akan menanggapi atau tidak dapat memberikan jawaban yang pasti. Misalnya, bisa saja di hari itu gebetanmu sedang sibuk atau mengalami hari yang buruk.

    Akan lebih baik kalau kamu bisa mengatur waktu untuk berdua saja dengannya agar dia bisa dengan maksimal mendengarkan confession-mu. Cek suasana hati gebetanmu terlebih dahulu sebelum kamu menyatakan perasaanmu kepadanya, sebaiknya lakukan confess saat mood-nya sedang baik.

    Selain waktu, kamu juga perlu memilih tempat yang tepat yang dapat memberikan rasa nyaman pada kalian berdua. Pastikan lokasi tempat kamu akan confess tidak ribut dan dapat membuatmu percaya diri dalam menyatakan perasaanmu. Jangan sampai kamu memilih tempat yang bising dan penuh dengan gangguan yang bisa membuat kalian berdua terdistraksi.

    Kamu dapat memilih tempat yang familiar, privat, dan nyaman untuk kalian berdua, misalnya kafe atau rumah makan favorit kalian. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa memilih tempat yang bernuansa romantis dan nyaman, seperti taman yang asri atau pantai yang menyejukkan.
  • Beritahukan Perasaanmu secara Jujur dan Terbuka
    Kamu tidak perlu gombalan maut atau kata-kata yang berbunga-bunga saat melakukan confess karena confess adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan secara langsung dan jelas. Utarakan apa yang kamu pikirkan dan rasakan saat bersama dengan orang yang kamu sukai.

    Hindari berbicara terlalu berbelit-belit agar gebetanmu bisa memahami maksudmu. Setelah kamu sudah mengungkapkan perasaanmu, tidak perlu tergesa-gesa meminta respon atau jawaban dari orang yang kamu sukai, berikan ia waktu untuk berpikir dan menjawab.
  • Sampaikan Secara Lisan
    Bagi beberapa orang, mengungkapkan perasaan secara verbal dapat menjadi sesuatu yang sulit dan menimbulkan kecemasan. Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki kesulitan dalam menyampaikan perasaanmu secara verbal sampai terbata-bata, kamu dapat melakukan confess melalui surat.

    Tuliskanlah apa yang kamu rasakan dan pikirkan mengenai gebetanmu secara rinci, terbuka, dan jujur. Pilihlah kata-kata yang tepat dan pastikan kalimat yang kamu tuliskan mudah dimengerti olehnya dan tidak berlebihan.

    Jangan lupa untuk tetap mengatur jadwal bertemu dengan gebetanmu setelah ia sudah selesai membaca surat yang kamu berikan. Sebenarnya kamu juga bisa memberitahukan perasaanmu melalui chat, tapi tentunya akan lebih baik jika kamu bisa menuliskannya dalam bentuk surat agar terkesan lebih romantis.
  • Berikan Crush-mu Waktu
    Jangan langsung memaksa gebetanmu untuk memberikan jawaban. Berikanlah waktu untuknya berpikir dan mempertimbangkan apa yang ia pikirkan serta rasakan mengenai dirimu dan apakah ia memang sudah siap atau tidak untuk melanjutkan hubungan kalian ke ranah berpacaran.

    Kamu tidak perlu merasa cemas atau khawatir ketika orang yang kamu sukai tidak langsung memberikan jawaban di saat itu juga. Kamu harus bisa bersabar dan mengingatkan dirimu kalau tidak semua orang bisa dengan berani melakukan confess ke orang yang dia sukai.

    Apresiasi dirimu karena sudah berani dan siap untuk menyatakan apa yang kamu rasakan serta pikirkan mengenai gebetanmu dan bagaimana kamu ingin membawa hubungan kalian ke jenjang berpacaran.

Baca juga: 5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!

Rasa cemas adalah sesuatu yang wajar ketika akan mengemukakan perasaanmu ke orang yang kamu sukai. Hanya saja, jika rasa khawatir tersebut berlebih atau malah membuatmu ketakutan dan menghindari orang yang kamu sukai, maka kamu dapat mencari bantuan profesional, seperti psikolog, terapis, psikiater, ataupun konselor.

Referensi

BetterHelp. (2022). Confessing Your Feelings – How to Tell a Girl You Love Her. www.betterhelp(dot)com

Mom Junction. (2022). Confess to Your Crush: 15 Honest Ways to Try. www.momjunction(dot)com

Tosaylib. (2020). 7 Things You Should Know Before You Confess to Your Crush. www.tosaylib(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp