Apa Itu Crush dalam Bahasa Gaul? Berikut Penjelasan dan Ciri-Ciri saat Naksir Seseorang
Yuk Share!

Saat sedang asyik berkelakar bersama teman-temanmu, seseorang yang sudah lama kamu sukai lewat di hadapan kalian. Lantas, salah satu kawanmu langsung menggodamu dengan berkata ” Cieee, yang crush-nya baru lewat!”. Kata ‘crush‘ sering kali terucap saat di tongkrongan dan dikategorikan sebagai bahasa gaul.

Beberapa dari kalian mungkin masih bingung mengenai apa itu crush dalam bahasa gaul. Umumnya, kamu akan sering mendengar kata ‘crush‘ dalam hubungan percintaan saat kamu sedang naksir-naksirnya dengan seseorang.

Apa Itu Crush dalam Bahasa Gaul?

Apa Itu Crush dalam Bahasa Gaul? Berikut Penjelasan dan Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/yiW2yzZNnFo

Crush adalah istilah dalam bahasa gaul yang merujuk pada perasaan naksir yang kuat dan bersifat sementara kepada seseorang atau bisa juga mengindikasikan orang yang kamu taksir atau gebetan.

Sebagian besar orang dapat dengan mudah mengidentifikasi perasaan suka mereka kepada seseorang dan langsung melihat orang tersebut sebagai crush-nya. Nah, yang sulit adalah mencari tahu apakah crush-mu juga naksir padamu dan melihatmu sebagai crush-nya atau tidak.

Namun, sebelum mencari tahu apa saja tanda-tanda crush-mu naksir denganmu, kamu perlu memahami perasaanmu dulu. Pastikan kalau memang orang yang kamu sukai, alias gebetanmu, memang cocok denganmu dan dapat diajak bertumbuh bersama.

Baca juga: 5 Love Language Itu Apa Saja? Berikut Penjelasan & Contohnya!

Cara Mengetahui Apakah Crush-mu Naksir denganmu Atau Tidak

Apa Itu Crush dalam Bahasa Gaul? Berikut Penjelasan dan Cirinya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/OORxv47rYqQ

Apa itu crush hanyalah langkah awal untuk menyadari perasaanmu sendiri. Langkah selanjutnya adalah untuk mengetahui apakah crush-mu juga naksir denganmu atau tidak. Tentunya kamu perlu kepastian terlebih dahulu sebelum mencoba mendekati gebetanmu lebih jauh lagi.

Jika kamu malu untuk langsung bertanya, kamu bisa mencoba melihat tanda-tanda non-verbal yang mengindikasikan kalau crush-mu juga naksir denganmu, seperti berikut:

  • Mirroring
    Mirroring adalah suatu peristiwa saat orang yang tertarik denganmu mengikuti pergerakanmu. Fenomena ini tak hanya berlaku pada crush yang menyukaimu tapi juga saat berbicara dengan orang pada umumnya.

    Kamu bisa mengecek apakah gebetanmu tertarik padamu dengan membuat suatu gerakan atau mengganti posisimu saat sedang berbicara dengan crush-mu. Jika dia naksir denganmu, gebetanmu akan secara tidak sadar mengikuti gerakan atau ikut menyesuaikan badannya dengan posisimu.
  • Ada Sentuhan Fisik
    Sentuhan fisik ringan dapat menjadi indikasi yang menunjukkan kalau crush-mu juga naksir denganmu. Dia bisa saja mencoba untuk menyentuh lengan, bahu, atau bajumu.

    Kamu juga bisa mengetes apakah gebetanmu menyukaimu dengan menyentuhnya, jika ia tertarik denganmu, dia pasti tidak masalah jika kamu menyentuhnya secara ringan dan di tempat yang wajar.
  • Badan Condong ke Depan
    Saat crush-mu naksir denganmu dia akan mencoba mengurangi jarak di antara kalian dan mencondongkan badan ke depan untuk bisa dekat denganmu. Apabila kamu duduk bersebelahan dengan gebetanmu maka secara naluriah, badannya akan berbalik ke arahmu.

    Selain mencondongkan badan, kamu juga dapat memperhatikan kaki gebetanmu. Apabila dia tertarik denganmu, kakinya akan mengarah ke kamu.
  • Memberikanmu Perhatian Penuh
    Crush yang naksir denganmu akan memberikan seluruh perhatiannya kepadamu. Dia tidak akan memainkan handphone atau mengalihkan fokusnya ke hal lainnya. Gebetanmu akan mendengarkanmu dengan seksama dan akan enjoy berinteraksi denganmu.

    Crush-mu juga akan mencoba untuk memahami dirimu, membalas pesanmu dengan cepat, tertawa saat kamu melontarkan candaan, dan mengingat tanggal-tanggal penting, seperti ulang tahunmu. Dia juga akan fokus mencari tahu apa yang menjadi hobi atau ketertarikanmu.
  • Ada Kontak Mata
    Secara umum, orang akan menghindari menatap mata orang tidak ia sukai dan cenderung mencoba untuk mempertahankan kontak mata dengan orang yang menarik perhatiannya. Malahan, tubuh akan menghasilkan hormon oksitoksin yang dapat memberikan rasa senang saat tatapan mata tersebut dibalas.

    Biasanya jika seseorang tertarik denganmu dan berusaha membuat serta mempertahankan kontak mata, maka bagian pupilnya akan membesar. Nah, lain kali coba cek apakah crush-mu diam-diam memandangmu atau mencoba untuk melakukan kontak mata denganmu.
  • Berpenampilan Bagus atau Rapi
    Jika crush-mu naksir denganmu, maka ia akan berusaha untuk tampil rapi dan kece saat bertemu denganmu. Contohnya, memakai pakaian yang rapi atau postur badannya tiba-tiba berubah menjadi lebih tegap.
  • Perubahan Perilaku
    Kalau kamu jeli, kamu dapat menyadari kalau crush-mu naksir denganmu melalui perilakunya. Orang yang tertarik dengan orang tertentu terkadang dapat berperilaku berbeda dari biasanya jika berinteraksi atau berada di dekat orang yang disukainya.

    Misalnya, gebetanmu yang suka berbicara keras dengan temannya malah berbincang dengan lembut kalau bersamamu.
  • Menggeser Penghalang di Antara Kalian
    Jika crush-mu naksir denganmu, dia akan mencoba untuk menggeser barang-barang yang ada di antara kalian saat sedang berbicara, seperti gelas atau piring. Situasi paling ideal untuk melihat fenomena ini adalah saat kalian sedang berkencan di tempat makan atau kafe.

    Jika posisi duduk kalian saling berhadapan, maka saat crush-mu meletakkan gelasnya di sampingnya alih-alih di depannya atau di antara kalian, maka ada kemungkinan dia naksir denganmu.

    Namun, apabila gebetanmu membiarkan benda-benda ada di antara kalian atau meletakkan gelas di antara kalian, itu tidak berarti dia tidak menyukaimu, tapi koneksi di antara kalian mungkin belum terlalu dalam.

Baca juga: Apa Itu Confess? Simak Penjelasan dan Cara Confess ke Pasangan!

Tentunya mengetahui apa itu crush dan bagaimana cara melihat apakah gebetanmu naksir denganmu atau tidak bukanlah suatu jaminan kalau kamu dapat menebak perasaan gebetanmu secara akurat. Bagaimanapun juga, kamu perlu mengkonfirmasi perasaannya denganmu secara langsung.

Jika kamu memiliki kecemasan atau ketakutan untuk berbicara dengan crush-mu sampai menganggu aktivitas sehari-harimu, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, konselor, atau terapis.

Referensi

Cambridge Dictionary. (n.d.). Crush. www.dictionary.cambridge(dot)org

Mom Junction. (2022). How to Tell If Someone Likes You: 33 Clear Signs to Watch. www.momjunction(dot)com

Psychology Today. (2016). 5 Nonverbal Clues That Someone Is Interested in You. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp