Apa Itu LDR (Long-Distance Relationship) Ini Penjelasan & Tips Langgeng LDR-an

Apa Itu LDR (Long-Distance Relationship) Ini Penjelasan & Tips Langgeng LDR-an

Yuk Share!

Berduaan dengan orang yang dicintai secara langsung atau tatap muka tentunya adalah sesuatu yang membahagiakan. Namun, bagaimana jika kamu tidak bisa meluangkan waktu bersama dengan pasanganmu karena terpisah jarak?

Bagi orang-orang yang sudah berpacaran lama dan tidak sedaerah dengan pasangannya pasti sudah atau sedang menjalani long distance relationship atau LDR. Mereka tentunya harus lebih kreatif dan pandai mengatur waktu untuk tetap mempertahankan hubungan.

Kondisi inilah yang dikenal sebagai long distance relationship. Namun, masih ada beberapa orang yang masih belum memahami apa itu LDR dan apa saja tips yang bisa dilakukan supaya hubungan tetap langgeng pas LDR. Cari tahu lebih lanjut mengenai LDR melalui artikel ini!

Apa Itu LDR (Long-Distance Relationship)?

Apa Itu LDR? Ini Penjelasan & Tips Langgeng LDR-an
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/J_gaQLBL4C4

Defenisi dari LDR bisa ditelusuri dari kepanjangan LDR, yaitu long distance relationship alias hubungan jarak jauh. Saat sedang menjalani long distance relationship, kamu akan memiliki keterbatasan dalam menjalin komunikasi dengan pasanganmu karena berada di lokasi yang berbeda. Misalnya, kamu tinggal di Bali sementara pasanganmu bekerja di Surabaya.

Sering kali orang-orang merasa hubungan LDR atau long distance relationship adalah sesuatu yang tidak bisa dipertahankan. Faktanya, mempertahankan hubungan jarak jauh memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. Untuk bertahan dalam hubungan LDR, dibutuhkan usaha dari kedua belah pihak.

Sebelum menjalin long distance relationship, kamu perlu berdiskusi secara terbuka dan jujur untuk menetapkan beberapa kesepakatan dengan pasanganmu. Pastikan kalau pacarmu mau dan bersedia untuk berusaha berkomunikasi dalam kondisi LDR.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat kamu sedang atau akan melangsungkan long distance relationship dengan pasanganmu, yaitu:

  1. Komitmen
    Komitmen adalah salah satu dasar dari long distance relationship, tanpa komitmen, kamu ataupun pasangan tidak akan termotivasi untuk berusaha mempertahankan hubungan LDR kalian. Selain itu, godaan untuk berselingkuh juga akan makin besar tanpa adanya komitmen.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kalau kamu ataupun pasangan memang ingin berkomitmen dalam hubungan LDR kalian.
  2. Kepercayaan
    Faktor mendasar lain dari long distance relationship adalah kepercayaan. Tentunya kecurigaan akan timbul ketika kamu tidak sering atau tidak dapat bertatap muka dengan pasanganmu. Namun, kamu dan pacarmu harus memiliki kepercayaan bahwa kalian akan setia dengan satu sama lain.

    Jangan sampai kamu atau pasanganmu malah menjadi terlalu cemburuan dan tidak mempercayai satu sama lainnya. Selalu berkomunikasi secara terbuka dengan pacarmu untuk mempertahankan kepercayaan dalam hubungan.
  3. Kemandirian
    Hindari bersedih sendirian karena tidak bisa bersama dengan pasangan. Hidupmu tidak hanya berpusat pada pacarmu, kamu tetap perlu meluangkan waktu untuk dirimu, seperti melakukan hobi atau bercengkrama dengan teman.
  4. Pengaturan Waktu
    Hal paling penting dalam long distance relationship adalah mengatur waktu serta jadwal untuk berkomunikasi dengan pasangan melalui telepon, chat, ataupun video call. Akan lebih baik kalau kamu memiliki waktu tetap untuk berbicara dengan pacarmu.

Baca juga: Wajib Dicoba! 5 Cara Agar Tidak Cemburuan Berlebihan

Tips Supaya Tetap Langgeng LDR-an (Long-Distance Relationship)

Apa Itu LDR? Ini Penjelasan & Tips Langgeng LDR-an
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/IJq5FWBpShY

Setelah mengetahui apa itu LDR atau long distance relationship, hal selanjutnya adalah mengetahui langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan LDR-mu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba supaya hubunganmu tetap langgeng dengan pasangan selama LDR:

  1. Pastikan Visi dan Misi Sama
    Diskusikan dan pastikan kalau visi dan misi kalian dalam menjalani hubungan masih sama dan kalian dapat bertahan dalam hubungan LDR sesuai dengan jangka waktu yang sudah dibicarakan.
  2. Atur Jadwal dengan Pasangan
    Cari dan atur waktu yang cocok untuk berkomunikasi dengan pasangan. Pilihlah waktu di mana kamu dan pacarmu sedang tidak sibuk serta tidak mengganggu waktu beristirahat.

    Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan apakah kalian ingin berbicara di waktu yang sama setiap harinya atau baru menentukan waktu yang tepat di hari-Hnya. Semuanya sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.
  3. Bangun Percakapan yang Bermakna
    Saat berbicara dengan pasangan, kamu bisa membuka topik-topik yang dapat memperdalam pemahamanmu dengan satu sama lainnya. Tidak ada salahnya menanyakan kabar satu sama lainnya, atau menanyakan keseharian pacarmu.
  4. Bina Kepercayaan dan Komitmen
    Kepercayaan dan komitmen adalah dua hal yang harus dipegang teguh oleh kamu dan pasanganmu. Jangan sampai kamu jadi terlalu posesif atau cemburuan. Bagaimanapun juga kamu harus bisa mempercayai kalau pacarmu menghormati kesepakatan dan komitmen di antara kalian.

    Kepercayaan dan komitmen adalah sesuatu yang harus dihargai dan dibuktikan dengan aksi. Kamu bisa menunjukkan komitmenmu melalui usaha yang nyata berupa memenuhi janji untuk berkomunikasi secara rutin.
  5. Asah Kreativitas
    Saat kamu berada dalam hubungan long distance relationship, jangan hanya mengandalkan teknologi saja. Kamu bisa memakai media lain yang lebih kreatif, seperti kartu pos, surat, atau mengirimkan hadiah-hadiah kecil ke pasangan.
  6. Pajang Kenang-Kenangan
    Agar kamu bisa bertahan dalam hubungan long distance relationship, tidak ada salahnya kamu memajang kenang-kenangan bersama pacarmu. Misalnya, pernak-pernik yang dibuat sendiri oleh pasanganmu atau foto kalian berdua.
  7. Lakukan Aktivitas Bersama
    Kamu tidak harus hanya memakai teknologi untuk berbicara. Kalian dapat melakukan aktivitas bersama melalui video call, seperti berolahraga, menonton film, atau memasak bersama. Meskipun tidak berada di tempat yang sama secara fisik, tapi kalian dapat melakukan aktivitas yang serupa di waktu yang sama.
  8. Jangan Lupa untuk Fokus ke Dirimu
    Saat sedang menjalani long distance relationship, sangat mudah untuk hanya fokus pada komunikasi dengan pasangan sampai-sampai melupakan hal-hal lainnya, seperti bersosialisasi dengan teman atau mengerjakan tugas. Hindari hanya terpatok pada pacar dan mulailah mengembangkan aspek-aspek dirimu yang lainnya.
  9. Tetap Optimis
    Sangat gampang untuk menjadi pesimis dan merasa kalau long distance relationship adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengingat hal-hal yang kamu sukai dan syukuri dari pasanganmu.

Membina long distance relationship memang bukanlah hal yang mudah, tapi dengan adanya kepercayaan, komitmen, dan usaha dari kedua belah pihak, hubungan LDR bisa dipertahankan. Apabila kamu memiliki masalah menyangkut long distance relationship, tidak ada salahnya mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, konselor, atau terapis.

Baca juga: Apa Itu Trust Issue dalam Hubungan? Ini Defenisi, Penyebab, & Contohnya

Referensi

Healthline. (2021). How to Make a Long-distance Relationship Work. www.healthline(dot)com

PennState Behrend. (n.d.). Long Distance Relationship. www.behrend.psu(dot)edu

Psychology Today. (2018). 10 Tips to Make a Long Distance Relationship Work. www.psychologytoday(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp