Apa Itu Love Bombing? Yuk Simak Penjelasan dan Ciri-Cirinya di Sini!
Yuk Share!

Di era yang kian modern, aktivitas dating atau berkencan menjadi makin praktis dan mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang belum memiliki pasangan mulai berbondong-bondong mencari belahan jiwa mereka melalui aplikasi pencari jodoh.

Sayangnya, kepraktisan dalam dunia dating juga dapat memperbesar peluangmu untuk mendapatkan orang-orang yang manipulatif yang hanya ingin menarik perhatian dan kepercayaanmu saja. Salah satu cara yang paling sering dipakai adalah love bombing.

Love bombing adalah teknik yang seringkali dipakai oleh orang yang manipulatif untuk mendapatkan hati orang lain. Orang yang manipulatif tidak benar-benar ingin menjalin hubungan yang serius dan hanya mau membuat targetnya percaya dengannya.

Nah, agar kamu bisa terhindar dari perilaku toxic ini, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu love bombing beserta ciri-ciri dan contoh dari love bombing.

Apa Itu Love Bombing?

Apa Itu Love Bombing? Yuk Simak Penjelasan dan Cirinya di Sini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/DsvY9NRykRg

Bagi beberapa orang istilah ‘love bombing‘ adalah sesuatu yang tidak familiar. Kalau kamu adalah salah satu orang yang belum memahami apa itu love bombing, maka kamu perlu simak artikel ini supaya tidak terjebak dalam permainan orang-orang yang manipulatif.

Love bombing adalah suatu perilaku saat seseorang terlalu ‘memborbardir’ atau memberikan perhatian secara berlebih meskipun baru berkenalan dalam waktu yang singkat.

Kesannya, orang yang melakukan love bombing seperti sudah sangat mencintaimu meski baru saja kenal atau menjalin hubungan.

Salah satu contoh love bombing adalah sangat sering memberikan pujian atau hadiah secara berlebih. Pelaku love bombing bahkan akan terlihat seakan-akan sudah terikat secara emosional dengan targetnya.

Sekilas love bombing terlihat dan terdengar romantis tapi lama kelamaan targetnya akan mulai merasakan adanya perubahan perilaku dari orang yang melakukan love bombing. Tak jarang love bombing akan mengarah pada kekerasan dan gaslighting.

Apabila kamu sudah meluangkan waktu yang lama atau bahkan telah menjalani hubungan romantis bersama dengan orang yang melakukan love bombing, kamu akan menyadari kalau dia dapat bertindak baik dan kadang kala dapat melakukan hal-hal yang menyakiti hatimu atau merendahkanmu.

Contohnya, seusai memukulmu atau berselingkuh dengan orang lain, pasanganmu akan melakukan love bombing berupa membelikan satu ikat bunga mawar atau memeluk serta memuji penampilanmu berkali-kali.

Orang yang sudah terjebak dalam siklus love bombing akan sulit untuk keluar meskipun sudah menyadarinya karena kamu akan terus mentoleransi perilaku pelaku love bombing dan merasa kalau dia tidak akan melakukannya lagi.

Baca juga: Kenapa Wanita Selingkuh Menurut Psikologi? Ini Penjelasannya!

Kenapa Seseorang Melakukan Love Bombing?

Apa Itu Love Bombing? Yuk Simak Penjelasan dan Cirinya di Sini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/EvcUtLF12XQ

Menjawab pertanyaan ‘apa itu love bombing‘ tidak sesederhana memberikan pengertian saja karena kamu perlu tahu apa yang memotivasi orang tersebut untuk melakukan love bombing. Pelaku love bombing cenderung menargetkan orang-orang yang insecure dengan self-esteem yang rendah.

Faktanya, orang yang melakukan love bombing juga merupakan orang-orang yang insecure. Oleh karena itu, mereka juga akan mencari orang-orang yang sekilas terlihat sukses dan ‘sulit untuk dimenangkan hatinya’.

Lantas, apa saja yang membuat seseorang melakukan love bombing? Berikut adalah beberapa hal yang biasanya mendorong seseorang menerapkan love bombing:

  • Ingin mengambil keuntungan tertentu dari targetnya, seperti keuntungan finansial atau meningkatkan pamor
  • Tidak ingin merasa kesepian dan ingin segera memiliki kedekatan yang intim dengan orang lain
  • Dibesarkan di keluarga yang secara gamblang memperlihatkan rasa sayang atau cinta secara berlebih
  • Ingin hubungan romantis yang stabil dan serius tapi tidak ingin terbuka secara emosional

Baca juga: Apa Itu Inferiority Complex? Berikut Definisi, Penyebabnya, & Cara Mengatasinya

Apa Saja Ciri-Ciri Love Bombing?

Apa Itu Love Bombing? Yuk Simak Penjelasan dan Cirinya di Sini!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/5lvgkp_xix8

Setelah tahu apa itu love bombing, maka tahap selanjutnya adalah memahami ciri-ciri dari love bombing agar kamu tidak terjebak dalam hubungan yang toxic bersama dengan pasangan yang manipulatif.

Berikut adalah ciri-ciri dari love bombing yang perlu kamu waspadai:

  • Terlalu Sering Memuji atau Memberi Hadiah
    Salah satu ciri utama dari love bombing adalah pemberian pujian atau hadiah yang mahal secara berlebih. Pujian yang diberikan juga terlalu berlebih sampai terkesan terlalu mengidolakanmu.

    Sekilas, ini terlihat sebagai sesuatu yang menyenangkan tapi lama-kelamaan kamu akan menyadari kalau pelaku love bombing akan marah ketika kamu menyuruhnya untuk mengurangi frekuensi mereka memuji atau memberi hadiah.
  • Terlalu Menekankan Komitmen
    Jika kamu ingin menekuni hubungan romantis secara serius tentunya komitmen adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Akan tetapi, untuk mencapai tahapan tersebut tentunya dibutuhkan pertimbangan yang matang dan pengenalan diri bersama pasangan.

    Orang yang melakukan love bombing akan terkesan terlalu memburu-burui dan memaksamu untuk segera menjalin hubungan yang penuh komitmen dengannya atau membuat keputusan besar mengenai masa depan bersama-sama meskipun kalian belum saling mengenal terlalu lama.

    Contohnya, pelaku love bombing akan mengusulkan atau bahkan sudah merencanakan untuk tinggal bersama denganmu meskipun kamu baru saja mengenalnya selama beberapa minggu.
  • ‘Meneror’ Ponselmu
    Komunikasi adalah unsur yang penting dalam suatu hubungan, terutama di awal-awal PDKT atau kencan. Namun, beda ceritanya kalau orang tersebut terkesan meneror melalui telepon ataupun chat dan merasa marah atau cemas ketika kamu tidak segera menjawabnya.

    Pelaku love bombing juga bisa tidak menghargai jadwal dan waktumu serta terkesan terlalu mengumbar rasa cintanya padamu secara publik ataupun melalui media sosial.
  • Ingin Seluruh Perhatianmu
    Orang yang melakukan love bonding akan marah atau kesal ketika kamu tidak memberikan seluruh waktu, energi, dan perhatianmu untuknya meskipun kamu sudah memberikan alasan logis atau memang kamu sedang sibuk.
  • Menekankan Kalau Kalian Ditakdirkan Bersama
    Pelaku love bombing akan terus-menerus menekankan kalau kalian berjodoh dan ditakdirkan untuk bersama, padahal kalian mungkin baru saja bertemu atau baru mengenal satu sama lain selama beberapa minggu.
  • Hubungan Terasa Intens
    Komunikasi bersama dengan orang yang melakukan love bombing akan terasa sangat intens. Dia akan terus-menerus mencarimu dan tidak ingin ditinggal sendirian. Hubungan bersama orang ini akan terasa penuh naik turun layaknya roller coaster.

    Saking intensnya, mungkin di satu titik, kamu akan mulai mencoba membuat batasan dengannya. Saat kamu melakukannya, pelaku love bombing akan marah dan mencoba untuk melanggar batasan tersebut alih-alih menghargai batasan yang sudah kamu buat.

Terkadang mengetahui apa itu love bombing dan apa saja ciri-ciri serta contoh dari love bombing tidak selalu dapat menjamin kalau kamu tidak terjebak di dalamnya.

Saat sedang PDKT atau berkencan, tidak ada salahnya kamu mendengarkan intuisi dan perasaanmu. Apabila kamu merasa tidak nyaman dan cemas ketika berhubungan dengan seseorang, maka kamu perlu mengevaluasi ulang apakah orang ini memang cocok untukmu atau tidak.

Jika kamu merasa sedang berada di hubungan yang toxic atau baru saja keluar dari hubungan yang tidak sehat dengan pasangan yang manipulatif, kamu dapat mengunjungi tenaga profesional untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Referensi

Healthline. (2019). Love Bombing: 10 Signs of Over-the-Top Love. www.healthline(dot)com

Psychology Today. (2020). 4 Motives Behind Love Bombing. www.psychologytoday(dot)com

Psychology Today. (2017). The Danger of Manipulative Love-Bombing in a Relationship. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Is Love Bombing?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp